Siaran Pers

Ansor Jabar : Seluruh Elemen Bangsa Harus Bahu Membahu Melawan Terorisme

Peledakan bom di tiga Gereja di Surabaya, Ahad (13/05)  menunjukkan bahwa radikalisme, apalagi yang mengatasnamakan agama, sungguh sangat memprihatinkan dan melukai rasa kemanusiaan kita semua.

Oleh sebab itu,  mencermati peristiwa bom di tiga Gereja di Surabaya, Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat menegaskan:

1. Mengecam dan mengutuk keras segala bentuk tindakan terorisme apapun motif dan latar belakangnya.
Segala bentuk tindakan kekerasan, menebar kebencian, Yang mencelakakan, yang membuat korban nyawa, yang membuat rasa tidak aman, bukan ajaran (perintah) agama islam. Setiap agama manapun mengajarkan pemeluknya menebar kasih sayang dan menciptakan rasa aman sesamanya. Yang telah berbuat demikian sejatinya adalah musuh semuat ummat bergama yang berpegang teguh pada agamanya.

2. Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat menyampaikan rasa bela sungkawa mendalam kepada keluarga korban peristiwa peledakan bom di tiga gereja Surabaya. Semoga diberikan kesabaran dan ketabahan.

3. Mendukung penuh upaya dan langkah-langkah aparat keamanan untuk mengusut secara cepat dan tuntas motif, pola, serta gerakan yang memicu terjadinya peristiwa tersebut. Gerakan terorisme sudah semakin merajalela dan mengancam keamanan hidup berbangsa dan bernegara sehingga diperlukan penanganan yang lebih intensif lagi melalui peraturan dan perundangan negara.

4. Mengajak seluruh warga Indonesia untuk bersatu, bahu membahu melawan segala bentuk gerakan terorisme, menggalang solidaritas kemanusiaan sekaligus menolak segala bentuk kekerasan.

5. Meminta kepada elit-elit bangsa untuk menahan diri, tidak memprovokasi masyarakat dengan bentuk spekulasi yang bisa memperkeruh suasana dari peristiwa yang terjadi. Kita percayakan penanganan sepenuhnya di tangan aparat keamanan. Kita mendukung aparat keamanan, salah satunya dengan cara tidak ikut-ikutan menyebarkan isu, gambar korban, dan juga berita yang belum jelas kebenarannya terkait peristiwa ini.

6. Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat menyerukan kepada seluruh kader di Jawa Barat untuk berpartisipasi menciptakan suasana lingkungan masing-masing yang aman. Jika ada hal-hal yang mencurigakan dilingkungannya masing-masing, untuk senantiasa berkoordinasi dalam penangannya dengan aparat setempat.

7. Mendesak pemerintah untuk mengambil langkah tegas serta cepat terkait penanganan dan isu terorisme dan radikalisme secara menyeluruh dari hulu hingga hilir. Langkah tersebut sebagai bagian daripada kewajiban negara untuk menjamin kelangsungan hidup warganya secara aman.

Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Jawa Barat :

Deni Ahmad Haidar

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close