Berita

Ansor Siapkan Kader Paripurna

Majalengka – Dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat dan bangsa dalam upaya pemberdayaan pembangunan, Ansor siapkan kader-kader melalui berbagai pelatihan. Seperti yang dilakukan oleh Pengurus Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC. GP Ansor) Kabupaten Majalengka yang mengadakan Pelatihan Kader Dasar (PKD) di Pondok Pesantren Mambaul Huda Desa Cisambeng Kecamatan Palasah Kabupaten Majalengka (Jum’at, 11/5).

Ketua Panitia PKD, Aan Subarhan mengatakan Acara PKD ini diikuti oleh 100 kader muda NU perwakilan dari setiap Kecamatan se Kabupaten Majalengka. “Untuk PKD Angkatan II ini kami menyiapkan kuota peserta sebanyak seratus orang kader-kader muda NU terbaik perwakilan dari setiap kecamatan di Majalengka”, katanya dalam sambutan Acara Pembukaan PKD.

Ia juga menambahkan nantinya peserta akan mendapatkan gemblengan materi selama tiga hari dari para kiai dan nara sumber yang berkompeten dibidangnya. “Selama tiga hari peserta akan dididik dan dilatih betbagai keilmuan oleh para kiai dan nara sumber yang berkompeten dibidangnya”, tambah Ketua Bidang Kaderisasi PC. GP Ansor Majalengka ini.

Ditempat yang sama, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Majalengka, Ahmad Cece Ashfiyadi mengharapkan adanya kaderisasi yang salah satunya PKD ini selain menambah kuantitas kader Ansor didalamnya juga terselip menyiapkan kader-kader muda NU yang akan ikut terlibat aktif dalam pembangunan di tengah-tengah masyarakat. “Kaderisasi ini merupakan kekuatan utama organisasi dalam menambah kuantitas. Akan tetapi disamping itu pula melalui kaderisasi ini juga kita para pemuda NU ini harus siap untuk tampil terlibat aktif dalam pembangunan ditengah-tengah masyarakat”, ucapnya.

Kiai Muda ini juga menambahkan dalam menghadapi tantangan kehidupan nasional yang sudah semakin menjamurnya gerakan-gerakan radikalisme dan terorisme seperti halnya kejadian di Markas Komando Brimob Kelapa Dua kemarin, maka Ansor perlu tampil dan bersinergis dengan semua lapisan masyarakat khususnya pihak aparat keamanan untuk melawan dan memberantasnya. “Kejadian di Mako Brimob kemarin merupakan bentuk nyata tumbuh suburnya radikalisme dan terorisme, oleh karenanya kader-kader Ansor harus siap bersama semua lapisan masyarakar khususnya pihak aparat keamanan melawan gerakan-gerakan tersebut”, ucapnya dengan nada geram.

Diakhir paparannya, Alumni PMII Situbondo ini berharap semua pihak bisa bekerjasama dengan Ansor dan menerima Ansor sebagai patner dalam mengembangkan pembangunan dan memajukan kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Majalengka ini. “Ansor sangat terbuka untuk bekerjasama dan bersinergis dengan pihak manapun terlebih dengan pemerintah untuk bersama-sama membangun dan memajukan kehidupan masyarakat ini”, pungkasnya.

Sama halnya dengan Cece, Wakil Ketua PC NU Kabupaten Majalengka, KH. Muhammad Umar Shobur yang didaulat membuka acara mengajak semua keluarga besar NU untuk merapatkan barisan dan menyamakan langkah guna memperkuat organisasi dan menciptakan kemaslahatan bagi umat. “Semua kader NU baik itu Ansor ataupun badan otonom (banom) lainnya harus sudah mulai bangga menunjukkan identitas ke NU annya dan berjalan bersama demi kemajuan organisasi dan kemaslahatan umat”, ajaknya.

Bahkan Pria yang juga sebagai tuan rumah acara PKD ini merasa langkah Ansor saat ini sudah progresif dan perlu didukung oleh semua keluarga besar NU khususnya para orang tua untuk memasukkan anak-anaknya terlibat aktif di Ansor. “Bagi para orang tua yang ingin anaknya menjadi baik dan sholeh, saya kira Ansor lah yang pas sebagai wadah berorganisasi. Terlebih saat ini kelihatan Ansor Majalengka sudah progresif melakukan kaderisasi dan pemberdayaan bagi kadernya”, ajaknya.

Acara Pembukaan yang juga diakhiri dengan Orasi Kebangsaan oleh Ketua Pimpinan Pusat Lambaga Dakwah NU (PP LDNU), KH. Maman Imanulhaq ini dihadiri oleh Wakil Ketua PC NU, KH. Muhammad Umar Shobur beserta jajarannya, Kasie Pekapontren Kemenag Majalengka, KH. Abu Mansyur, Perwakilan Danlanud S. Sukani, Jajaran PC GP Ansor Majalengka, Dansatkorcab Banser Majalengka, Wahyudin beserta jajarannya dan ratusan peserta PKD.

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close