Khutbah

Batas dari Allah

Khutbah yang disampaikan oleh khotib Jumat di masjid dekat rumah tadi membahas tema soal batas dari Allah. Ia menjelaskan bahwa Allah memberikan batas-batas tertentu terhadap setiap makhluknya. Allah tidak menyamakan batas-batas tersebut untuk alasan yang hanya Allah saja yang tahu.

Sebagian dari kita tentu menyangka bahwa batas yang dimaksud berkaitan dengan usia. Memang benar, Allah membatasi jatah hidup kita di dunia, namun bukan itu saja batas yang diberikan oleh Allah. Selain usia, Allah juga memberikan batas terhadap rejeki dan kemewahan terhadap setiap makhluk-Nya.

Ada orang yang diberi batas longgar untuk urusan keuangan, sehingga ia tampak begitu kaya raya, namun ada pula yang diberi batas sempit untuk urusan yang sama, sehingga ia tampak serba kekurangan. Meski begitu, Allah tak pernah berlaku tak adil terhadap umat-Nya. Ia muliakan setiap umat-Nya sesuai dengan kadarnya masing-masing.

Khotib kemudian menjelaskan bahwa ada satu batas lagi yang diberikan oleh Allah, batas yang menjadi ukuran kemuliaan manusia dibanding makhluk Allah lainnya. Batas ini menjadi pembeda antara manusia dengan makhluk lainnya. Batas tersebut adalah belajar.

Allah memberikan batasan yang sangat longgar terhadap manusia untuk belajar. Manusia diberi kemewahan dengan kesempatan –dan tak jarang bantuan—untuk dapat mempelajari banyak hal. Di waktu yang bersamaan, Allah membatasi makhluk-Nya yang lain untuk melakukan hal serupa.

Menuntut ilmu adalah pembeda antara manusia dengan binatang. Maka dalam konteks ini, ukuran kemuliaan makhluk Allah adalah semangat dan ketekunan dalam menuntut ilmu. Jika dua hal ini tak ada dalam diri kita, maka kita patut bertanya pada diri sendiri, “Lantas, apa beda saya dibanding binatang, tumbuh-tumbuhan dan makhluk Allah yang lain?”

Demikian yang bisa disampaikan oleh orang yang duduk agak jauh dari khotib. Jika ada manfaatnya, maka itu dari Allah, jika tidak ada manfaatnya, mungkin karena anda kehabisan kopi.

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close