Berita

Budaya Santri Meriahkan Peringatan Isra Mi’raj

Maja – Dalam rangka memperingati Isra dan Mi’raj Nabi Muhammad SAW, ratusan santri Pondok Pesantren Darul Ma’arif Cikedung Maja antusias menampilkan budaya dan seni santri seperti seni barjanzi atau rebana shalawatan yang digelar di halaman Ponpes (Rabu, 18/4).

Ketua Panitia, Maman Sudarman mengatakan acara peringatan Isra Mi’raj ini rutin diadakan setiap tahun dalam rangka memperkuat nilai-nilai spiritual dan syiar islam. “Ponpes ini rutin mengadakan kegiatan rajaban (Isra Mi’raj) setiap tahunnya sebagai bagian dari dakwah keislaman”, katanya.

Ia juga menambahkan dalam kegiatan tahun ini diisi dengan berbagai aktifitas santri berupa kreasi seni dan budaya. “Tema yang kita angkat tahun ini yaitu reinkulturasi mental generasi muslim nusantara, dengan membumikan budaya atau seni santri kita tampilkan seni rebana oleh para santri”, tambahnya didampingi sekretarisnya Azhar Fahmi.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren, KH. Aa Trisnogomo, MM dalam sambutannya mengungkapkan rasa optimismenya terhadap keberadaan pondok pesantren dan para santri yang bisa menjadi insan-insan yang bermanfaat. “Ponpes dan santri sudah teruji bisa tampil dan bermanfaat ditengah-tengah masyarakat”, ungkapnya.
Bahkan ia memaparkan keberadaan Ponpes Darul Ma’arif ini menaungi berbagai lembaga pendidikan formal dari mulai Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan ada seribu siswa atau santri yang menuntut ilmu dan siap digembleng berbagai keterampilan hidup. “Ponpes ini mencetak kader-kader handal yang siap terlibat dalam pembangunan ditengah-tengah masyarakat”, paparnya.
Ditempat yang sama, Habib Al Habsy dalam tausiyahnya mengajak kepada para hadirin untuk terus meningkatkan kreatifitas hidup yang berlandaskan keimanan dan ketaqwaan agar hidup sukses baik di dunia maupun akhirat. “Dalam momentum Isra Mi’raj ini mari kita umat islam harus lebih kreatif dan inovatif biar sukses baik di dunia maupun akhirat”, ajaknya.

Habib muda asal Jakarta ini juga mengharapkan Umat Islam saat ini harus lebih kuat dan percaya diri dalam menghadapi tantangan zaman. “Bekali anak-anak kita dengan ilmu dan yang terpenting bangun karakter yang baik agar umat islam ini lebih kuat disegala bidang. Tentunya masukkan anak-anak kita ke pondok pesantren agar terbentuk karakter yang baik”, harapnya.

Tampak dalam acara Camat Maja, Kapolsek Maja, Danramil Maja, Para Pengasuh Ponpes, Dewan Guru dan Asatidz serta Ribuan Masyarakat.

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close