Berita

Gemuruh Semangat Kader NU Depok Dalam Kegiatan MKNU

Belum lama ini, PCNU Kota Depok baru saja menyelenggarakan Madrasah Kader Nahdlatul Ulama (MKNU). Kegiatan ini diselenggarakan selama tiga hari mulai Senin –  Rabu (7 –9 Mei 2018) bertempat di Korea – Indonesia Technical & Cultural Cooperation Center (KITCC), Ciracas, Jakarta Timur. Acara ini diikuti oleh kurang lebih 65 peserta yang mewakili pengurus PCNU, MWC, Ranting, Lembaga dan Banom NU seperti PERGUNU, JQH NU, LBMNU, LDNU, JATMAN, LTM NU, LPNU, IPNU, LPBHNU, ISNU, ANSOR, Fatayat dan Muslimat NU.

Acara berlangsung dalam suasana yang sederhana, santai namun tetap serius dan sangat kental dengan budaya NU. Selama tiga hari, peserta mendapatkan materi tentang ke-NU-an yang disampaikan oleh narasumber yang mumpuni dalam bidangnya. Hari pertama dimulai dengan pembukaan yang disampaikan oleh Kyai Sultonul Huda, M.Si selaku Koordinator Tim Pelaksana MKNU tingkat nasional.

Pada hari kedua, jadwal yang harus diikuti peserta cukup banyak. Sejak pagi hingga tengah malam, peserta mendapatkan berbagai macam materi yang lebih banyak lagi. KH. Dr. H.M. Mujib Qulyubi selaku Katib Syuriah PBNU membawakan materi tentang NU dan Ke-Indonesia-an. Materi yang begitu banyak bisa disajikan dengan menarik oleh narasumber. Paparan yang selanjutnya adalah tentang pemberdayaan Ekonomi yang dibawakan oleh Drs. H. Asep Syaripudin, M. Si (Wakil Ketua PWNU Jawa Barat).

Pada hari kedua itu, peserta juga mendapatkan materi sangat menarik oleh Doktor lulusan Jerman, yaitu Dr. Phil. H. Gustian Isya Marjani (Wakil Ketua PWNU Jawa Barat). Beliau memaparkan data terbaru tentang jumlah nahdliyin di seluruh Indonesia. Menurut hasil survey SMRC tahun 2016, jumlah nahdliyin di seluruh Indonesia kurang lebih 107.858.798 atau 49% dari total penduduk Indonesia. Cara pembawaan materi yang sangat menarik mampu membangkitkan antusiasme peserta, hingga peserta meminta jam tambahan untuk paparan beliau.

Paparan yang tidak kalah menariknya adalah tentang media sosial yang dibawakan oleh Kang Zaenuddin dari LTN PWNU Jawa Barat. Materi yang disampaikan lebih banyak dalam bentuk paparan data, baik tentang pengguna medsos juga jenis medsos yang populer digunakan. Menjelang tengah malam, peserta dibangkitkan lagi semangatnya oleh pemateri selanjutnya yaitu KH. Abdul Manan A. Ghani (Ketua PBNU).

Materi terakhir yang disampaikan oleh Dr. Endin Soefihara selaku Koordinator Tim Materi MKNU disampaikan sudah masuk pada hari ketiga yaitu, Rabu. Beliau mencoba mereview semua materi yang sudah disampaikan.

Kegiatan MKNU ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan semangat para kader NU Depok untuk tetap berkhidmat kepada NU melalui berbagai kegiatan dan secara umum, kegiatan MKNU kali ini berjalan dengan lancar dan sukses. (Muhammad Fakhrurrozi).

 

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close