Hikmah

Gus Mus Sampaikan Pesan Hikmah Idul Fitri

Jakarta, NU Online

Menyambut datangnya Idul Fitri 1439 H, Pengasuh Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Leteh, Rembang, Jawa Tengah KH Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) menyampaikan permohonan maaf sekaligus pesan hikmah yang diambil dari Sabda Nabi Muhammad SAW.

Gus Mus menyitir sebuah hadits, Rasulullah SAW bertanya: “Tahukah kalian yang namanya orang bangkrut?” Para sahabat menjawab: “Orang bangkrut di kita ialah orang yang tak punya harta maupun barang.”

Rasulullah pun bersabda: “Sesungguhnya orang bangkrut dari umatku ialah yang kelak datang di hari Kiamat dengan membawa amalan-amalan salat, puasa, dan zakat; tapi sebelumnya sudah mencaci ini, menuduh itu, memakan hartanya ini, mengalirkan darahnya itu, dan memukul ini. Maka nanti si ini diberi –diambilkan– dari amal-amal baiknya, si itu dari amal-amal baiknya. Bila kemudian amal-amal baiknya sudah habis sebelum terlunasi tanggungan-tanggungannya, maka diambilah dari dosa-dosa mereka yang terzalimi dan ditimpukan kepadanya; kemudian dia pun dicampakkan ke neraka.” (HR Imam Muslim dari sahabat Abu Hurairah ra).

“Mengerikan sekali. Jangan-jangan di antara kalian ada yang –tanpa aku sadari– pernah aku sakiti, pernah hartanya termakan olehku, pernah ucapanku menyinggungnya, dan pernah aku zalimi,” ucap Gus Mus dikutip NU Online, Rabu (13/6) melalui akun instagram pribadinya @s.kakung.

Sebab demikian, di samping mengucapkan selamat Idul Fitri, dengan kerendahan hati Gus Mus juga memohon dibukakan pintu maaf lahir dan batin kepada siapa pun atas segala kesalahannya.

“Maka di hari baik Idul Fitri ini, di samping kuhaturkan tahniah Ied kepada kalian semua, dengan kerendahan hati, aku memohon kalian sudi memaafkan kesalahan-kesalahanku lahir-batin,” tuturnya.

“Semoga Allah menerima amal-amal kita dan mengampuni dosa-dosa kita. Wakullu ‘ãmin waAntum bialfi-alfi khair,” doa Gus Mus. (Fathoni)

Sumber : NU Online

Tentang Dindin Nugraha

Blogger kambuhan, menulis status facebook, twitter ataupun web kalau sempat. Turut aktif sebagai kontributor web sekaligus bagian dari keluarga besar Lembaga Ta'lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Barat

View All Posts
Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close