Berita

Habib Umar bin Husein Assegaff : Mari Cerdaskan Tunas Bangsa Demi Jayanya NKRI

Bandung, 26 Maret 2018 – KKM 3 Majalaya mengadakan kegiatan calistung dan Kompetisi Sains Madrasah di lingkungan Pesantren Atsaqofah Al Islamiyah Annahdliyah, Sadang, kec Majalaya, Kab.Bandung. Acara tersebut diikuti oleh berbagai Perwakilan Madrasah yang ada di kecamatan Majalaya, Ibun, Paseh, dan Ciparay dan diselenggarakan demi meningkatkan mutu pendidikan yang kompetitif serta menjunjung tinggi nilai-nilai akhlak Islami.

Pada kesempatan tersebut Santri Pesantren Atsaqofah Al Islamiyah Annahdliyah menunjukan penampilan kreasi seni islaminya. Habib Umar bin Husein Assegaff, selaku Pimpinan pesantren yang juga aktif sebagai pengurus LDNU Jawa Barat hadir dan memberikan sambutan, dalam kata sambutannya beliau menyatakan Selamat datang bagi para pendidik yang senantiasa mencerdaskan anak-anak bangsa, bil-khusus yang aktif menghidupkan kegiatan belajar mengajar di madrasah ibtidaiyah, begitu pula untuk bapak-bapak, ibu-ibu selaku wali murid yang telah menyumbangkan segalanya, baik berupa materi maupun tenaga dan pikirannya. Dengan upaya mereka pada akhirnya acara ini dapat kita selenggarakan, walaupun dalam keadaan yang penuh kesederhanaan.

Insyallah kehadiran para dewan guru dan wali murid, serta orang-orang mulia ini kita yakini menjadikan acara dan suasana semakin dipenuhi dengan keberkahan, amin ya Rabb al alamin. Bagi peserta didik yang mengikuti kegiatan KSM ini Habib doakan dan memberikan support sebesar-besarnya bagi kalian, kalian harus semangat dan jujur serta tingkatkanlah kecerdasannya karena kalian semua adalah calon-calon pengganti orang-orang besar yang saat ini tampil di negeri pertiwi Nusantara ini.

Kita ketahui bahwa sekarang negeri kita sedang mengalami keterpurukan, khususnya terkait dekadensi moral, juga termarginalkan dalam sains dan pengetahuan, tentu kita sebagai mayoritas muslimin memiliki sebuah tanggungjawab yang besar, terutama para ustadz dan ustadzah yang diamanahkan oleh Allah swt dan dianugerahkan kecerdasan dan pengetahuan. Kita adalah amanah ilahi, kita merupakan penerus perjuangan dakwah Rasul saw.

Kita menyakini Al Islamu Ya’lu wala yu’la alaih, muslimin seharusnya ada pada posisi teratas dan selainnya harus mencontoh kepada kita seperti yang telah dimulai oleh rasul saw, dengan simbolnya seperti yang kita rayakan pada bulan-bulan ini hingga tiba Ramadhan, yaitu memperingati Isra Miraj. Dari kejadian tersebut kita dapat memahami bahwa beliau adalah manusia teragung, beliau berada pada drajat tertinggi dan hal itu bisa dicontoh oleh umatnya. Jika kita menginginkan kemuliaan dan mencapai drajat tertinggi di dunia dan akhirat maka contohlah beliau.

Allah SWT menjelaskan bahwa kemuliaan itu dapat dicapai bukan dengan ambisi dan bukan pula dengan menampilkan konsep masing-masing, tapi hal itu dapat diraih dengan pernyataan yang telah Allah firmankan dalam ayat-Nya

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

Allah akan senantiasa mengangkat orang-orang yang menguasai sains, orang yang dapat membaca situasi dan orang yang pandai mengembangkan, mengolah berbagai kenikmatan yang telah allah swt anugerahkan di Dunia ini. Dengan syarat harus berilmu dan beriman, kemudian mengejawantahkan nilai yang terdapat di ilmu dan iman serta akhlak dalam kehidupan bermasyarakat.

Ilmu saja tidak cukup, iman saja tidak lengkap, keduanya harus dipadukan. ilmu penting untung membaca situasi saat ini agar kita dapat mengolah segala nikmat ini menjadi kenikmatan yang universal dan dirasakan secara merata oleh masyarakat. Ketika kita berilmu maka kita harus gunakan itu dalam mendidik anak dan masyarakat sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah swt sehingga kita dapat meraih Ridha-Nya.

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Kita ketahui betapa banyaknya para Profesor dan Doktor di Negeri ini, tapi pengetahuan yang mereka kuasai manfaatnya belum bisa dirasakan oleh masyarakat dan bangsa secara merata. Hal itu terjadi karena mereka hanya menguasai sains dan melupakan keimanan dan akhlak. Seorang ilmuan muslim sejati yang menguasai beragam pengetahuan yang dilandasi keimanan pasti akan memberikan manfaat yang besar dan merata bagi bangsa dan jayanya NKRI, oleh karena itu marilah kita kuatkan iman kita kepada Allah swt, kita berjuang bersama Cerdaskan putra -putri bangsa hingga mereka dapat menjadi benteng hakiki NKRI.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close