Ulama

KH. Bisri Syansuri, Dedikasi Untuk Negeri dan Dunia Pesantren

Oleh Galih Maryanuntoro, PC Pergunu Depok

Beberapa hari yang lalu Bangsa kita memperingati Hari Pahlawan Nasional. Peristiwa yang akan selalu dikenang dan diingat oleh seluruh rakyat Indonesia khususnya Surabaya.

Berawal dari fatwa resolusi jihad yang digaungkan oleh Hadratussyaikh Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945. Ketika itu wilayah Surabaya sudah dikepung oleh para tentara Inggris dan Sekutu.

Peristiwa yang begitu heroik ini dipimpin oleh Bung Tomo pada 10 November 1945, terjadi perang dahsyat untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bung Tomo memiliki andil besar dalam mengobarkan semangat arek-arek Suroboyo, memompa jiwa nasionalisme dan semangat lewat pidato-pidatonya. Sehingga perang pun terjadi kurang lebih selama 3 minggu dan dimenangkan oleh rakyat Surabaya.

Kemenangan rakyat Surabaya tidak terlepas dari dorongan dan dukungan para ulama diantaranya; KH. Hasyim Asy’ari, KH. Abdul Wahab Hasbullah, KH. Bisri Syansuri merupakan tokoh utama dalam jam’iyah Nahdlatul Ulama (NU). Ketiga tokoh ini, mulai dari KH. Hasyim Asy’ari,dilanjutkan oleh KH. Abdul Wahab Hasbullah dan KH. Bisri Syansuri, secara berurutan memegang puncak pimpinan organisasi keagamaan terbesar di Indonesia ini. KH. Bisri Syansuri dikenal sebagai ulama yang memiliki karakternya sendiri yang khas dalam mewarnai NU.

KH. Bisri Syansuri dilahirkan pada hari Rabu 18 September 1886 M. di Tayu, sebuah ibukota kecamatan yang letaknya sekitar seratus kilometer arah timur laut Semarang Jawa Tengah. Secara geografis, Tayu merupakan kawasan pesisir pantai utara Jawa yang terkenal memiliki budaya sosial keagamaan yang kokoh dibanding wilayah lainnya di pulau Jawa.

Bisri Syansuri adalah anak ketiga dari lima bersaudara yang lahir dari pasangan Syansuri ibn Abd. Shamad dan Mariah. Pasangan inilah yang dikemudian hari melahirkan terkemuka, antara lain KH. Kholil Lasem dan KH. Baidlowi.

Sejak kecil Bisri Syansuri sudah belajar agama secara teratur. Pertama-tama beliau belajar membaca al Qur’an dan tajwidnya kepada KH. Sholeh di Tayu selama lebih kurang tiga tahun. Selanjutnya beliau belajar kepada KH. Abd. Salam, salah seorang kerabat dekatnya yang menjadi ulama terkemuka dan membuka pesantren sendiri di daerah Kajen Jawa Tengah. Di pesantren inilah beliau mendapatkan pendidikan agama secara tuntas.

Memasuki usianya yang kelima belas tahun, beliau meminta izin kepada kedua orang tuanya melanjutkan pengembaraannya untuk belajar di berbagai pesantren. Pada awalnya Bisri Syansuri belajar kepada KH. Kholil Kasingan Rembang dan KH. Syu’aib Sarang Lasem, dua orang ulama terkemuka di pesisir utara Jawa pada waktu itu. Kemudian berguru kepada KH. Kholil Demangan Bangkalan, ulama terkemuka di Madura yang juga dikenal sebagai guru dari hampir semua ulama berpengaruh pada generasi berikutnya.

Dari Demangan Bangkalan, beliau betemu dengan pemuda, Abdul Wahab Chasbullah yang kemudian menjadi sahabat karibnya. Kedua sahabat ini melanjutkan perjalanan intelektualnya dengan belajar dan menjadi santri di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang diasuh oleh KH. Hasyim Asy’ari. Di pesantren Tebuireng, Bisri Syansuri memperdalam pengetahuan agama, khususnya Fikih, Tauhid, Tafsir, Hadist, dan berbagai disiplin pengetahuan agama lainnya.

Setelah enam tahun belajar di Pesantren Tebuireng, beliau memperoleh ijazah dari gurunya untuk mengajarkan kitab-kitab agama dalam literature klasik. Dan kemudian bersama sahabatnya, Abdul Wahab Chasbullah melanjutkan pendidikannya ke Makkah, pusat orientasi pendidikan keagamaan umat Islam. Di Makkah beliau belajar kepada ulama-ulama terkemuka seperti: Syekh M. Bakir, Syekh M. Said al-Yamani, Syekh Umar Bajenad, Syekh M. Sholeh Bafadlol, Syekh Jamal al-Maliki, Syekh Abdullah, Syekh Ibrahim al-Madani, Syekh Ahmad Khotib Padang, Syekh Syu’aib Doghestani, dan KH. Mahfudl Termas. Ketiga ulama terakhir ini merupakan guru KH. Hasyim Asy’ari (Mastuki HS dan M. Ishom El-Saha, Intelektualisme Pesantren seri 3, DIVA PUSTAKA,2013).

Berbeda dengan Abdul Wahab Chasbullah yang aktif dalam aktivitas organisasi dan bahkan sempat memelopori berdirinya Syarikat Islam (SI) cabang Makkah, Bisri Syansuri justru kurang begitu tertarik untuk terlibat dalam kegiatan organisasi. Beliau lebih tertarik bergelut diri dalam dunia pendidikan. Katidaktertarikannya dengan organisasi bukan berarti dia menafikan pentingnya organisasi dalam melakukan perjuangan keagamaan, tetapi lebih merupakan bentuk tawadhu’ terhadap gurunya KH. Hasyim Asy’ari. Artinya keterlibatan dalam dunia organisasi itu hanya mungkin dilaksanakan apabila mendapat restu dari gurunya tersebut.

Setelah beberapa tahun menggali pengetahuan di Makkah, akhirnya beliau kembali ke tanah air. Tepat pada tahun 1917, atas dorongan mertuanya KH. Chasbullah, yang kemudian direstui gurunya, KH. Hasyim Asy’ari, Bisri Syansuri bersama isterinya, Nor Khodijah, mendirikan Pondok Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar Jombang. Pada mulanya, beliau hanya menyediakan lembaga pendidikan untuk santri putra saja. Akan tetapi, dua tahun kemudian KH. Bishri Syansuri bersama isterinya melakukan terobasan baru dengan membuka kelas khusus untuk santri putri.

Langkah inovatif ini dinilai sebagai fenomena yang menarik dan cukup berani dalam tradisi pesantren secara umum. Dalam sejarah pesantren, pondok pesantren Denanyarlah yang pada saat itu membuka pesantren khusus putri, suatu hal yang belum pernah dilakukan pesantren lainnya (Mastuki, 2013), setidaknya di Jawa Timur.

Secara psikologis, ikhtiyar untuk membuka pesantren khusus putri pada masa itu menunjukkan kematangan pemikiran KH. Bishri Syansuri dan kemandiriannya dalam menentukan kebijakkan-kebijakkannya. Karena, biasanya beliau tidak pernah mengambil sebuah keputusan tanpa mendapat restu gurunya, KH. Hasyim Asy’ari.

Selain bergulat dalam dunia pendidikan KH. Bisri Syansuri juga terlibat dalam pergerakan perjuangan kemerdekaan. Bahkan beliau tercatat sebagai kepala staf Markas Ulama Jawa Timur (MODT) yang berkedudukan di Waru, dekat Surabaya. Antara tahun 1947-1949, beliau bertindak selaku ketua markas pertempuran Hizbullah Sabilillah. Usia beliau yang sudah mencapai lima puluh tahunan tidak mengurangi mobilitas dan kegesitan gerak fisiknya. Semangat juangnya semakin bergelora ketika gurunya, KH. Hasyim Asy’ari mengeluarkan fatwa jihad melawan penjajah Belanda.

Sebagai seorang guru, pejuang, dan ulama, Beliau memiliki pandangan yang cukup luas. Ini terbukti dari ketajaman pikirannya dalam menganalisis setiap permasalahan sehingga menghasilkan solusinya yang terbaik, baik menyangkut persoalan bidang agama, sosial, maupun politik.

Penulis
Galih Maryanuntoro, PC Pergunu Depok
Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close