Opini

KH. Wahab Hasbullah : Inilah Kekuatan NU !

Ketika NU besar dan ditakuti oleh orang lain, sebagian orang tidak menyukai keadaan itu. Maka dicari berbagai cara untuk mengkerdilkan NU. dan ketika usaha itu tidak berhasil, mereka berusaha membuat orang NU tidak yakin akan kebesarannya. Sehingga banyak tokoh-tokoh NU yang mencari dan berlindung pada kekuatan orang lain karena tidak yakin akan kebesaran dan kekuatan NU. Dan ini membuat orang NU berjalan tidak sesuai dengan garis perjuangan NU sendiri.

Keadaan itu terjadi sekarang, orang NU terpecah dalam beberapa kelompok dan meminta bantuan orang lain, tanpa menggunakan kekuatan NU sendiri, dalam mewujudkan cita-citanya. Bahkan ada juga orang NU yang tidak mengaku sebagai orang NU demi masuk kelompok orang lain untuk mengamankan jabatannya. Kondisi inipun pernah terjadi pada masa perjuangan sehingga KH. Wahab Hasbullah pernah mengeluarkan statemen dalam menyoroti kondisi itu.

“Banyak pemimpin NU di daerah-daerah dan juga di pusat yang tidak yakin akan kekuatan NU, mereka lebih meyakini kekuatan golongan lain. Orang-orang ini terpengaruh oleh bisikan orang yang menghembuskan propaganda agar tidak yakin akan kekuatan yang dimilikinya. Kekuatan NU itu ibarat senjata adalah meriam, betul-betul meriam. Tetapi digoncangkan hati mereka oleh propaganda luar yang menghasut seolah-olah senjata itu bukan meriam, tetapi hanya gelugu alias batang kelapa sebagai meriam tiruan. Pemimpin NU yang tolol itu tidak sadar siasat lawan dalam menjatuhkan NU melalui cara membuat pemimpin NU ragu-ragu akan kekuatannya sendiri.”

Jakarta, 1950

KH. Wahab Hasbullah

Tentang H Usep D Rostandi

Dosen Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati yang juga Wakil Koordinator Koperasi Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (KOPERTAIS) Wilayah II Jabar dan Banten. Aktif sebagai pengurus dilingkungan PWNU Jawa Barat

View All Posts
Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close