Opini

Kiai Ma’ruf Tanggapi Penceramah yang Ditolak Masyarakat

Jakarta, NU Online
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin mengatakan, para dai atau penceramah yang ditolak masyarakat beberapa terakhir ini disebabkan karena dakwahnya yang tidak sesuai dengan dakwah dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Itu karena dakwah yang menimbulkan masalah sehingga terjadi penolakan,” kata Kiai Ma’ruf di Jakarta, Senin (13/11) malam.

Oleh sebab itu, peraih gelar profesor dari UIN Malang mengajak para dai untuk berkomitmen bahwa hubungan antara Islam dan negara itu sudah selesai dan tidak perlu diotak-atik lagi. Selain itu, dai atau penceramah juga harus menggunakan cara-cara yang santun dan lembut.

“Tetapi hasilnya tetap optimal,” ucapnya.

Kiai Ma’ruf menegaskan seorang dai harus memegang komitmen kebangsaan dan juga komitmen keislaman. Tidak boleh salah satunya karena keduanya itu sejalan dan tidak perlu dibenturkan lagi.

Ia mengajak kepada para dai dan penceramah untuk berdakwah dan membicarakan hal-hal yang menyangkut soal kesejahteraan dan pemberdayaan ekonomi umat.

“Yang kita bicarakan bagaimana agar membangun masyarakat yang lebih baik, lebih sejahtera, lebih tenteram, lebih damai, arahnya ke sana,” jelasnya.

Kiai Ma’ruf menambahkan, seorang dari juga harus menguasai peta dakwah agar ketika berdakwah mereka memiliki panduan yang jelas. (Muchlishon Rochmat)

Sumber : NU Online

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close