Hikmah

Kriteria Pemimpin dalam Pandangan Tasawuf

Jakarta, NU Online
Pakar Tasawuf KH M. Luqman Hakim memberikan penjelasan terkait kriteria pemimpin yang pantas menakhodai orang banyak. Ia memaparkan bahwa seorang pemimpin harus berdiri di atas kepentingan rakyat banyak. Bahkan seorang pemimpin mampu melihat satu per satu kepentingan rakyatnya.

“Seorang pemimpin berdiri di hadapan 200 juta lebih rakyatnya. Ia pandang satu persatu bola matanya hingga ke matahatinya. “Rakyatku…oh rakyatku…” sembari bersujud di hadapan Tuhannya,” ujar Kiai Luqman dikutip NU Online, Senin (13/8) lewat twitternya.

“Sementara pemimpin lain berkata, “Oh nasibku…nasibku…” Siapkah anda seperti yang pertama?” imbuh penulis buku Jalan Ma’rifat ini.

Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatul Muhibbin Caringin, Bogor, Jawa Barat ini juga menguraikan tentang sifat ksatria seorang pemimpin. Pemimpin tidak hanya harus membela rakyatnya di dunia, tetapi juga di akhirat.

“Seorang Pemimpin yang Kesatria akan selalu membela rakyatnya, bahkan di depan Tuhannya. Bukan membela dirinya, bukan harga dirinya, bukan keluarganya juga bukan golongannya,” jelas Kiai Luqman.
Pemimpin besar, menurutnya, melihat dunia hanya sebesar bola pingpong. Bahkan sebesar biji lada. Siang hari bagai ksatria membela negeri dan bangsanya.

“Malam hari tersungkur remuk redam dalam sunyi gulita dirinya. Hatinya menangis merderu di hadapan Tuhannya. Bukan aktor sandiwara,” tandas Kiai Luqman mengumpamakan. (Fathoni)

Sumber : NU Online

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close