LAZISNU INDRAMAYU SANTER LAKUKAN GERAKAN KEMANUSIAAN

9
- WhatsApp Image 2019 04 13 at 9 - LAZISNU INDRAMAYU SANTER LAKUKAN GERAKAN KEMANUSIAAN

Indramayu –  Sebagai lembaga Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (Lazisnu) yang  khusus membidangi sosial kemanusiaan, saat ini Lazisnu  santer melakukan gerakan yang bernafas kemanusiaan, sudah hampir dua tahun penuh di wilayah Kabupaten Indramayu gerak langkah Lazisnu terukur dan terlihat oleh berbagai kalangan di Indramayu bahkan di Indonesia,  dari mulai musibah diluar Jawa hingga musibah banjir  beberapa hari ini yang telah menggenagi beberapa wilayah di daerah Indramayu, Lazisnu telah hadir membantu dan memberikan donasi serta mendirikan dapur umum bagi masyarakat yang terkena musibah.

Ketua Pimpinan Cabang Lazisnu Kabupaten Indramayu  Qomarudin saat dihubungi awak media, Kamis (11/4)  menjelaskan  bahwa apa yang dilakukan oleh Lazisnu diseluruh Indonesia  adalah sebuah kewajiban yang telah disampaikan oleh agama, tentang berlomba-lomba dalam kebaikan.

“Induk dari agama adalah kebaikan, maka dalam agama islam senantiasa disampaikan tentang  anjuran  kebajikan.  Untuk itu  Lazisnu sebagai wadah Zakat Infaq dan Shodaqoh yang bernaung pada Nahdlatul Ulama dari semenjak didirikan hingga hari ini, tugasnya hanya satu, berbuat kebaikan untuk kemanusiaan,  karena Gusdur telah menyampaikan kepada kami bahwa ada yang lebih penting daripada  berbicara sebuah politik, yaitu kemanusiaan, dan misi yang dibawa oleh Lazisnu adalah murni kemanusiaan, bukan yang lain, sehingga apa yang kita lakukan  tidak pernah berbenturan dengan wilayah politik, agama, budaya dan lainnya  karena yang kita lakukan murni misi kemanusiaan, “jelasnya.

Jajaran direksi Lazisnu Indramayu Khaerul Umam juga menambahkan bahwa selama ini Lazisnu dalam menjalani program kerja telah banyak bermitra dengan berbagai kalangan dan lembaga.

“Selama ini Lazisnu Indramayu telah banyak bermitra dalam menjalani program kerja yang telah direncanakan dan yang telah terlaksanakan, diantaranya pada musibah banjir yang melanda Kabupaten Indramayu baru-baru ini, Lazisnu telah bekerjasama dengan Banser Tanggap Bencana (Bagana) dan juga dengan Sekolah Tinggi Dakwah dan Komunikasi Nahdlatul Ulama (STIDKINU) juga bekerjasama dengan Perguruan tinggi negeri Politeknik  (Polindra) Indramayu, juga bekerjasama dengan PC. Muslimat dan SMK NU Indramayu serta beberapa lembaga penggiat sosial Kemasyarakatan dan pihak BPBD, TNI dan Polri sebagai basis Kordinasi Lazisnu. Kami juga mengucapkan alhamdulillah karena selama ini pendistribusibusian logistik serta  pendirian dapur umum sudah kami lakukan secara profesional serta dapat diterima oleh berbagai kalangan masyarakat, “ucapnya.

Lazisnu merupakan salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional yang mengelola Zalat, Infaq Shodaqoh dan wakaf di bawah naungan organisasi Nahdlatul Ulama, dan pada  muktamar NU ke -31 tahun 2004 di Solo, Lazisnu terbentuk dengan Ketua pertama Prof. H. Fathurrahman Rauf, serta pada perkembangannya Lazisnu tidaklah minim prestasi, keberhasilan penghimpunan dana filantropi lembaga tersebut cukup menggembirakan, meskipun masih tergolong muda, pada akhir September 2018 Pengurus Pusat (PP) Lazisnu telah berhasil mentashorufkan anggaran hingga ratusan miliyar  rupiah yang terbagi keseluruh pelosok Indonesia dan belahan dunia lainnya. Sedangkan Lazisnu Indramayu saat ini telah bekerja bukan hanya untuk korban bencana saja  namun juga pemberian beasiswa bagi santri yang sekolah dan kuliah serta pemberian modal usaha bagi rakyat miskin dan telah bekerjasama dengan berbagai kalangan masyarakat miskin dalam bidang pemberdayaan kemanusiaan lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here