Kegiatan

LTMNU Kab Bogor Ajak Pemuda Nahdliyin Aktif Ramaikan Masjid dan Majelis

Perkembangan zaman begitu cepat, arus komunikasi dan informasi baik itu positif dan negatif melintas ke berbagai ranah kehidupan bangsa seakan tak bisa dibendung lagi, hal itu memberikan dampak signifikan pada psikologi masyarakat Betawi. Tanah luas nan hijau tergantikan dengan benteng dan tembok ribuan perumahan dan komplek hingga berimbas pada menjamurnya masjid dan majelis taklim baru. Itu sebuah fenomena real yang terus terjadi di sekitar perbatasan Kabupaten Bogor dan Kota Depok.

Pada Senin (4/6) Wakil Sekretaris Lembaga Ta’mir Masjid LTM PCNU Kab Bogor, H Abdul Hadi Hasan tepatnya ba’da Tarawih menyampaikan sebuah ceramah terkait realita kehidupan dan perubahan psikologi Nahdliyin Betawi di Yayasan Al Ittihadul Islami Annahdliyah Citayam, Kec. Bojonggede, Kab. Bogor Jawa Barat. “ Perumahan semakin banyak, masjid dan majelis baru semakin menjamur, kita warga dan para pemuda Nahdliyin harus berperan aktif dalam mengisi tempat-tempat strategis tersebut, hidupkan Islam Aswaja Annahdliyah.” Ucap Kang Hadi.

Beliau melanjutkan pemaparannya bahwa pemuda Nahdliyin harus rajin mengaji kepada para Tokoh Ulama Nahdliyin dan membantu mereka dalam mencerdaskan warga dan bangsa. Seraya mengutip sebuah kalimat hikmah berbahasa Arab “ Subbanul Yaum Rijalul Ghad.” Pemuda hari ini merupakan pemimpin masa depan. Apabila pemuda diam tidak terjun meramaikan Masjid dan Majelis maka kelak jangan heran kepemimpinan akan diraih oleh pihak lain dan berdampak pada perubahan Amaliah Ubudiyah warga di Perbatasan Kabupaten Bogor ini.

“ Selama Ramadhan, Saya pantau aktifitas pemuda disini cukup bagus. Ingat jangan berhenti ketika Ramadhan berakhir, tapi aktifitas ini harus dilanjutkan dan tebarlah virus kebaikan.” Tegas Kang Hadi. Selama Ramadhan santri dan pemuda Nahdliyin nampak meramaikan Sanlat yang diadakan oleh Sekretaris LTN PCNU Kab Bogor, Ustadz Abdul Hakim. Berbagai materi keaswajaan, kebangsaan dan kajian agama serta etika Islami menjadi bahan asupan demi membangun dan mencetak pemuda yang mencintai Ulama Nusantara dan siap menjadi benteng NKRI.

Di akhir ceramahnya Kang Hadi mengutip Surat At-taubah Ayat 108, Allah SWT berfirman “ Sungguh, Masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan shalat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang -orang yang bersih.” Dari ayat tersebut semua diperintahkan untuk membersihkan diri dengan mengamalkan Ajaran Rasul Saw sesuai penjelasan Alim Ulama Nahdliyin, Etika Islami yang diajarkan mereka harus dibumikan hingga mendarah daging. Sejak dini hadir dan bantu mereka, makmurkan dan ramaikan masjid dan majelis maka umat damai, negeri Indonesia Aman Sentosa.

Tentang H. Abdul Hadi Hasan, Lc

Aktif sebagai wakil sekretaris LTM PCNU Kab. Bogor, Penasihat Di Yayasan Al Ittihadul Islami Annahdliyah Bogor, sehari-hari sebagai Penterjemah, Guru di Pesantren Putri Al Awwabin Kota Depok dan sebagai Muharrik Dakwah Blusukan.

View All Posts
Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close