Khutbah

Mantan Preman, Pendusta, Koruptor, dan Narkobais, Datanglah Kepada-Nya, Kau akan Diampuni !

الحمد لله الذى جعل رمضان شهر الصيام، والمغفرة، والرحمة والرضوان للمؤمنين

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وحده لا شريك له
وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سيد نا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَمَنِ اهْتَدَى بِهُدَاهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ.

أما بعد: فيا عباد الله، أوصيكم ونفسي بتقوى الله فى كل وقت لعلكم تفلحون
وقال الله تعلي:
قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَىٰ أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا ۚ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

 

Ma’a_shirol Jama_’ah Rohimakumulla_h

Beberapa hari mendatang, orang-orang yg beriman akan berbahagia dengan kegirangan yg luar biasa.
Sebentar lagi Romadhon akan tiba, ruang paling berharga yang disediakan oleh Allah untuk para hamba guna meningkatkan kadar ketakwaannya, karena semua amal pada Romadhon akan dibayar dengan berlipat ganda. Akan tetapi, tidak semua hamba merasa keistimewaan ini, kecuali mereka yang sadar terhadap tumpukan dosa yang telah dilakukannya dan orang-orang yg merasa menjadi umat Nabi Muhammad sangat rindu terhadap Romadhon.

Amaliah kaum Muslim dalam menyambut Romadhon tidak sedikit jumlahnya. Mulai dari mengumpulkan dana sebagai bekal untuk berpuasa selama sebulan penuh, bersilaturohim dengan keluarga, karib kerabat maupun para tetangga untuk bermaaf-maafan, ada juga yang menyambutnya dengan menanamkan sikap spiritual, bahkan para sahabat sampai ulama menyambut kedatangan Romadhon enam bulan sebelumnya dan sering bermuhasabah atau evaluasi diri tentang amal perbuatan yang telah dilakukan selama 11 bulan. Berharap Romadhon dapat dijumpainya dan masih banyak teknis lainya yg mereka kerjakan.

Perlu mempersiapkan bekal dan tekad yang membara guna menelusuri jalan, memerangi hawa nafsu, agar mampu menghidupkan malam Romadhon dengan sholat, tadarrus, dan siangnya bekerja diniatkan ibadah kepada Allah.

Al-Qur’an menggunakan kata shiyam dalam arti puasa menurut hukum syariat. Secara bahasa, “shiyam” yang berakar dari huruf-huruf “sho-wa-ma” berarti “menahan” dan “berhenti” atau “tidak bergerak.” Manusia yang berupaya menahan diri dari suatu aktifitas apapun dinamai shoim (berpuasa). pengertian kebahasaan ini dapat dipersempit maknanya oleh hukum syariat, sehingga puasa (shiyam) hanya digunakan untuk “menahan diri dari makan, minum dan menahan diri dari “berkumpul suami isteri” dari terbit fajar sampai terbenam matahari.”
Al-Qur’an menginformasikan, kata shiyam tidak hanya membatasi menahan makan, minum dan berhubungan suami-istri, tetapi juga digunakan dalam pengertian manahan berbicara

…..إِنِّي نَذَرْتُ لِلرَّحْمَٰنِ صَوْمًا فَلَنْ أُكَلِّمَ الْيَوْمَ إِنْسِيًّا

“….saya sedang berpuasa bicara dan tidak akan berbicara kepada siapa pun hari ini
(Maryam 19:26). Bahkan, kaum sufi, merujuk kepada hakikat dan tujuan showm, menambahkan kegiatan yang harus dibatasi selama melakukan puasa, mencakup pembatasan atas seluruh anggota tubuh, hati, dan pikiran dari melakukan segala macam dosa.

Hakikat shiyam atau shoum bagi manusia adalah menahan atau mengendalikan diri dengan sikap sabar.

… فَالصِّيَامُ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ كُلُّ حَسَنَةٍ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِ مِائَةِ ضِعْفٍ إِلَّا الصِّيَامَ فَهُوَ لِي وَأَنَا أَجْزِي بِهِ

…puasa adalah milik-Ku, Aku-lah yang akan memberikan pahalanya. Setiap kebaikan senilai dengan sepuluh sampai tujuh ratus kali lipat, kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku dan Aku-lah yang akan membalasnya”
(HR lmam Malik 603).

Ulama menitikberatkan puasa pada kesabaran

قُلْ يَا عِبَادِ الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا فِي هَٰذِهِ الدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ اللَّهِ وَاسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Katakanlah: hai hamba-hamba-Ku yang beriman. bertakwalah kepada Tuhanmu” Orang-orang yang berbuat baik di dunia akan memperoleh kebaikan. Bumi Allah itu luas, sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah Yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas”
(Az-Zumar 39:10)

Hadirin Jemaah Jumat Rohimakumullah

Puncak puasa adalah melatih kesabaran, kesabaran memerlukan perjuangan dan pengorbanan atau jihad. Showm Romadhon adalah jihad mewujudkan kesabaran. Sabar menahan perbuatan fahsya dan munkar, seperti: premanisme, vandalisme, korupsi, narkoba, dan tindak pidana lainnya. Jelang showmu Romadhon stop perbuatan di atas! Allah akan ampuni semua dosa masa lalunya.

قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِنْ رَحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ

Katakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni semua dosanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Az-Zumar 53)

Kabar gembira kepada para koruptor dan pelaku kejahatan berat lainnya, agar kembali ke jalan Tuhannya dan berserah diri sebelum datang kecelakaan secara mendadak yang tidak dapat ditolong lagi.

Oleh karena itu, wahai para preman, koruptor, narkobais, dan pelaku kejahatan lainnya, kalian tidak akan selamat dunia-akhirat dan akan selalu tertekan. Sayangi anak dan isterimu, kasihani bangsamu. Dosamu tiada terampuni, kecuali bertobat, bertobat, dan bertobat dengan sesungguhnya. Allah akan terima tobat manusia.

إِلا مَنْ تَابَ وَآمَنَ وَعَمِلَ صَالِحًا

kecuali orang-orang yang bertobat, beriman, dan mengerjakan amal saleh (Al-Furqan 70), sampai akhir ayat.

Sidang Jumat Yang Dimuliakan Allah

Tawbat manusia zaman dulu (old) dengan zaman now pada umat Nabi Muhammad adalah sama, yaitu mohon ampun kepada Allah, perbanyak ibadah, perbaiki akhlak dan amal sholih. Ada yg ironis dalam kehidupan era milenial dengan era jahiliah. Era jahiliah yg diketahui banyak kejahatan masih menghormati empat bulam harom, yaitu:

Dzulqodah, Dzulhijjah, al-Muharom, dan Rojab. Empat bulan dari 12 bulan dalam setahun memiliki keistimewaan tersendiri, bulan perdamaian dan bulan yg dilarang untuk berperang, pembunuhan (pidana) dan kemaksiatan. Orang jahiliah, siapa yg tidak tahu, siapa yg tidak paham? Masa itu, kejahatan super meraja lela. Disebut juga masa kemerosotan peradaban (akhlak). Akan tetapi, mereka stop tindak pindana dan kemaksiatan!!!
Bagaimana dengan zaman now? Konon teknologi serba canggih, manusianya super pintar, dan kemajuan peradaban luar biasa. Seharusnya kelakuannya lebih terhormat daripada kaum jahiliah. Buktikan !

Khotib berharap pada akhir khutbah pertama, umat beragama, khususnya Muslim menjadi terdepan dalam menjunjung tinggi peradaban yg berdasarkan ajaran yg dibawa Nabi Muhammad.

بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ فِيْ اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ وَنَفَعَنِي وَإيَّاكُمْ ِبمَا ِفيْهِ مِنَ اْلآياَتِ وَالذكْر ِالْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ مِنِّي وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ إنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ اْلعَلِيْمُ

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Khutbah II

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ اِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَاَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَاَشْهَدُ اَنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى اِلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَاَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًااَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا اَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَىوَاعْلَمُوْا اَنَّ اللهّ اَمَرَكُمْ بِاَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى اِنَّ اللهَ وَمَلآ ئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا.

اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ اَبِى بَكْرٍوَعُمَروَعُثْمَان وَعَلِى وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَىيَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَاَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ اَعِزَّ اْلاِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ اَعْدَاءَالدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ اِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ.

رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَاوَاِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ. عِبَادَاللهِ ! اِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلاِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِى اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوااللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ اَكْبَرْ

Tentang Ahmad Mushofi Hasan

Mushoffi Mangkoesorga adalah mantan wartawan era 90-an. Kini aktif sebagai choach dan motivator. Tinggal di Subang, Jawa Barat. Hobi "dengerin ceramah" dan i'tikaf di mesjid-mesjid. Kegiatannya juga Khutbah Jumat dan mengisi pengajian. Jika ada yg order (ingin dibuatkan) naskah khusus, hub WA 0895397876364

View All Posts

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close