Berita

Masjid Xiaotaoyuan di Shanghai : Catatan Perjalanan Ketua PBNU ke Cina (02)

 

Ltnnu Jabar

Masjid ini ada di tengah kota Shanghai, Cina. Cukup mudah untuk menemukannya. Dibangun pada tahun 1919 oleh para jama’ah yang nama-nama donaturnya diabadikan dalam sebuah prasasti yang terukir indah di dinding masjid.

Berada di pusat kota, masjid Xiaotaoyuan dilengkapi dengan taman cukup luas dengan pepohonan dan bunga yang rindang. Mula-mula terdapat pintu gerbang yang dilengkapi pagar cukup tinggi. Kemudian terdapat taman yang dibelah jalan khusus pejalan kaki. Kira-kira seratus meter sampailah di pintu pertama bangunan yang difungsikan sebagai toko souvenir dan kantor. Bangunan pertama ini harus dilewati untuk menuju masjid. Hanya keduanya dipisah halaman sepanjang dua puluh meter.

Saya sempat ngobrol dengan Mr. Fan, salah seorang ta’mir masjid Xiaotaoyuan perihal aktifitas muslim di Shanghai. Tak banyak memang populasi muslim Shanghai dibanding Beijing misalnya, yang populasi muslimnya mencapai 2 juta orang. Mr. Fan pun menunjukkan sudut-sudut masjid yang cukup bersih dan asri.

Masjid ini ternyata mirip dengan masjid di kampung-kampung Indonesia yang dilengkapi mimbar, tongkat “ansitu” untuk khutbah Jum’at dan sholat Ied, cuma tidak ada kentongan dan bedug.

HM. Sulthon Fatoni
Ketua PBNU

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close