Berita

Masyarakat Diajak Teladani Akhlak Para Kiai

Masyarakat perlu meneladani akhlak luhur para kiai. Para kiai mencontohkan sikap yang lembut, santun, dan bijaksana dalam bersikap

Bogor, NU Online
Dalam beberapa tahun terakhir, standar moral masyarakat mengalami penurunan signifikan. Apalagi saat media sosial semakin booming dalam dua tahun belakangan, masyarakat semakin tercabut dari akar sosial dan nilai-nilai adiluhung yang diwariskan oleh para leluhur bangsa.

Demikian diutarakan oleh Pengasuh Pesantren Hidayatul Muqorrobin, Desa Mekarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor, KH Cecep Hamzah kepada NU Online, Rabu (13/12).

“Masyarakat perlu meneladani akhlak luhur para kiai. Para kiai mencontohkan sikap yang lembut, santun, dan bijaksana dalam bersikap. Kiai biasanya hidup sederhana dan memiki kepribadian yang kuat berkat bimbingan para wali dan kekasih Allah,” ujar Cecep Hamzah.

Mantan a’wan Syuriah PWNU Provinsi Sumatera Selatan ini mengungkapkan, bila masyarakat dapat meneladani para kiai, ia yakin suhu panas yang menyelimuti jagat politik Indonesia dalam dua tahun terakhir dapat didinginkan dan distabilkan.

“Ujaran-ujaran kebencian yang banyak bertebaran di medis sosial, harus dihentikan, karena bukan sebagai budaya bangsa ini,” ujar tokoh Himpunan Alumni Santri Lirboyo (HIMASAL) wilayah Bogor – Depok.
Sebagai upaya mendorong transformasi masyarakat, melalui wadah Lajnah Bahsul Masail (LBM) PCNU Kabupaten Bogor, Kiai Cecep akan berupaya menularkan dan menyalurkan nilai-nilai positif serta keteladanan yang ditunjukkan para kiai.

“Kami di LBM NU Kabupaten Bogor maupun HIMASAL wilayah Bogor – Depok akan berupaya mengedukasi warga Nahdliyin Bogor dan masyarakat umum, agar belajar dari perjalanan hidup para kiai, sebagai contoh dalam kehidupan berbangsa bernegara,” demikian KH Cecep Hamzah.

(Ahmad Fahir)

Tentang Dindin Nugraha

Blogger kambuhan, menulis status facebook, twitter ataupun web kalau sempat. Turut aktif sebagai kontributor web sekaligus bagian dari keluarga besar Lembaga Ta'lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Barat

View All Posts
Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close