Ekonomi dan Bisnis

Motivasi Bisnis Warga : Pantang Menyerah, Katakan Bisa !!!

Tahukah anda, bahwa perjuangan ulat (uler-Jawa) menjadi kupu-kupu tidak mudah? Pertama: mengasingkan diri, kedua: berpuasa matigeni, dan ketiga: mengeluarkan diri dari persoalan yang rumit, yaitu rumah kepompong. Andai ada yang membantu menggunting kepompong dengan lubang yang besar, tentu si kupu-kupu kecil akan mudah ke luar dan meloncat dari rumah ke pompong itu. Hasilnya? Dia tidak bisa lagi terbang!

Oleh karena itu, mantan ulat segera dengan berbagai upaya ke luar dari lubang kecil kepompong berjam-jam, bahkan berhari-hari, sampai akhirnya nyaris habis tenaganya. Lalu apa yang terjadi? Mr. Kupu-kupu itu dapat terbang tinggi, tak pernah jatuh, kecuali diburu manusia. Beragam kupu-kupu, sesuai dengan jenis ulat yang ditakdirkan llahi robbi. Mr. Kupu-kupu takada yang iri, mengapa dirinya tidak lebih besar dari saudaranya, bahkan tidak dengki, mengapa saudaranya lebih cantik. “Yang penting aku dapat terbang dan hinggap di bunga-bunga, tanpa merusak dedaunan. Apalagi batang tanaman itu,” ujar Mr. Kupu-kupu, jika manusia dapat mendengar suara dan tawa riangnya.

Belajar dari Mr. Kupu-kupu.

Seorang yang gigih menduplikasikan kesuksesan ulat menjadi Mr. Kupu-kupu dan lihat sendiri di seantero dunia!

Kolonel Sanders? Kakek misterius adalah Pendiri KFC, sedangkan KFC adalah merek dagang produk makanan cepat saji, yang sering disebut Fried Chicken.

Kolonel Harland Sanders lahir di Henryville, Indiana, Amerika Serikat 9 September 1890, dari pasangan keluarga Wilbur David dan Margaret Ann Sanders sekaligus merupakan anak tertua dari tiga bersaudara . Ayahnya bekerja serabutan dan membantu para petani di Henryville. Ibunya hanya mengurus anak-anaknya di rumah..

Ketika Sanders berusia 6 tahun, ayahnya meninggal dunia, Sanders kecil menjadi anak yatim dan mandiri. Ibunya pada saat itu sudah tidak mampu bekerja lagi, namun Harland muda harus menjaga adik laki-lakinya yang berumur 3 tahun. sungguh prihatin Harland kecil yang memasak untuk mencukupi kebutuhan bersama keluarga nya. Hari berganti hari keahlian memasak Harland semakin terasah. Ketika Harland berusia 7 tahun, mulai menunjukan keahlianya dengan turun tangan di beberapa tempat memasak. Keahlianya pun membuahkan hasil positif, sampai pada usia 10 tahun Harland kecil berhasil mendapatkan pekerjaan l dengan gaji 2 dollar per bulan. Seterusnya setelah masa itu ia mulai berganti- ganti pekerjaan selama beberapa tahun. Mulai dari menjadi tukang parkir, jadi pilot kapal uap, agen asuransi, petani, dan sebagainya. Akhirnya ia menemukan pekerjaan tetap sebagai petugas pemadam kebakaran di perusahaan kereta api Amerika pada usaia 15 tahun di New Albany, Indiana.

Wajib Militer

Harjland muda menjadi tentara yang di kirim ke kuba. Sekira 1908, Harland muda merasa dirinya cukup mapan, sehingga menikah dengan Josephine King. Mereka memiliki tiga orang anak, Harland Jr. Yang meninggal saat masih kecil dan dua putri, Mildred Sanders Ruggles dan Margaret Sanders.

Pekerjaan sebagai karyawan membuat kehidupannya tercukupi, namun karena membangkang atasannya, ia diberhentikan dengan tidak hormat dari pekerjaannya yang berakhir dengan pelarian istrinya pergi meninggalkannya dengan membawa kedua putrinya ke rumah mertuanya. Kakak istrinya bahkan sempat mengirimi surat yang berisi: “adik saya tidak mau lagi bersama dengan orang sial sepertimu yang tidak mampu mempertahankan pekerjaan.” Bertahun-tahun kemudian, Harland mencoba berbagai macam pekerjaan tapi tak satu pun yang bertahan lama.

Beberapa lama kemudian, Kolonel Sanders mulai menjual makanan kepada para pengunjung di rumahnya, karena saat itu belum memiliki restoran. Saat itu ia hanya menyajikan menu ayam dan makanan lainnya seperti daging ham dan steak. Stasiun makanan miliknya menjadi terkenal di wilayah Kentucky yang kemudian ia beri nama “Kentucky Fried Chicken of Harland Sanders.” Para pengunjung terkesan dengan cita rasa yang khas. bumbunya yang memang sengaja ia racik dari 11 bumbu yang berbeda. Sejak itulah kehidupan Harland Sanders mulai berubah. Harland kemudian membeli Pressure Cooker yang saat itu baru saja beredar di pasaran dan ternyata dia lah juru masak pertama yang menggunakan alat itu. Jika biasanya butuh waktu 30 menit untuk mempersiapkan daging ayam, namun tidak dengan alat itu, hanya perlu waktu 9 menit. Akhirnya pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk menikmati sajian ayam goreng dan dengan pesatnya jumlah pelanggannya pun kian meningkat.

Sanders merasa sudah saatnya untuk segera mengembangkan usahanya dari stasiun makanan menjadi bisnis yang lebih besar dan dahsyat. Hingga pada 1937, Harland membuka Motel Sanders Court & Cafe yang merupakan restoran cepat saji.

Setelah mendapat gelar Kolonel, Harland Sanders mengubah penampilannya dengan mengenakan setelan berwarna putih dengan dasi kupu-kupu hitam menghiasi kerahnya yang mana saat ini potret dirinya itu menjadi logo resmi KFC. Image tersebut dengan cepat disukai oleh warga Amerika yang suka dengan sajian di restoran yang dimiliki Sanders. Saat itu, jumlah pelanggan dan jaringannya sangat banyak, bahkan melebihi yang diperkirakan sebelumnya.

Ujian Berbisnis

Bisnis dan usaha tentu ada cobaan dan tantangannya. Pada 1956, jalur transportasi Interstate 75 yang melewati Corbin baru saja selesai dibangun. Sayangnya hal itu menyebabkan pengunjung tidak melewati restoran Sanders, hingga menyebabkan jumlah pelanggannya berkurang drastis. Usaha Sanders pun mulai merugi, bahkan harus menjual property-nya senilai 75.000 USD guna membayar hutang. Bahkan nyaris bangkrut pada usia 66 tahun dan hidup dengan mengandalkan sisa tabungan  serta uang jaminan sosial sebesar 105 USD sebulan. Akhirnya Sanders memutuskan untuk pindah ke Shelbyville, Kentucky.

Resep rahasia KFC dijual ke restoran lain

Belajar dari pengalaman pahit sebelumnya, Sanders memutuskan untuk menjual resep rahasia yang dimilikinya ke restoran lain, dengan tekad bulat, Sanders berkeliling Amerika dengan membawa serta bahan bumbu dan Pressure Cooker mengendarai mobil Ford 1946 miliknya. Ia kemudian memasuki satu persatu restoran yang ada di Amerika guna memasarkan resep ayam goreng dan bumbu yang digunakannya.

Berapa kali Kolonel Sanders ditolak hingga 1009 kali! Ia berjuang selama 2 tahun menjelajahi Amerika dengan mobil tuanya. Tidur di mobil dan bangun pagi hari dengan kondisi siap untuk menawarkan resepnya pada restoran baru. Berujung akhirnya idenya diterima dengan sukses besar! Ia telah mendengar 1009 kata “Tidak” sebelum akhirnya Ia mendengar kata “Ya.” Pemenang bukanlah orang yang tidak pernah gagal, melainkan mereka tidak pernah menyerah

Butuh waktu lama sampai ia mendapat pelanggan pertamanya. Menurut kontrak, Sanders hanya mendapat bagian 5 sen dari tiap potong ayam yang berhasil terjual. Lumayanlah, jika dikalikan dengan jumlah pembeli yang kian bertambah. Hingga pada 60-an, kolonel Sanders sudah memiliki ratusan cabang franchise di restoran yang ada di Amerika.

Keuntungan Bisnis Dengan Sistem Kerja Sama

Ternyata Lebih Dahsyat dan Efektif. Saat ini, KFC telah memiliki lebih dari 18.000 outlet yang tersebar di 120 negara dengan penghasilan 15 miliar dollar Amerika setiap tahunnya. KFC telah berkembang menjadi salah satu bisnis waralaba yang paling menguntungkan di seluruh dunia.

Tua dan Muda Tetap Berpotensi

Kadang orang berpikiran, terlalu tua atau terlalu muda untuk memulai bisnis, tapi Kolonel Sanders mulai usaha pada usia 65 tahun. Yang merasa muda masa kalah dengan Kolonel Sanders, yang merasa tua apakah kalah tua dengan Kolonel Sanders?

Kadang juga berhenti belajar dalam hitungan pekan saja, Kolonel Sanders terus belajar selama 9 tahun untuk menyempurnakan tekniknya.

Kadang juga ingin berhenti, karena ditolak beberapa kali, Kolonel Sanders ditolak 1009 kali ! Akan tetapi yang ke-1010 membawanya menjadi multi milyuner, membawa kesuksesan baginya. Jangan Pernah menyerah! Keberhasilan sudah di depan hidung Anda.

“Banyak Kegagalan dalam hidup, karena orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasikan saat mereka menyerah.”

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Kami juga telah meracik bumbu krispi dari 10 macam bumbu dapur. Kegunaannya untuk membuat: (1) ayam krispi, (2) cumi krispi, (3) udang krispi (4), jamur krispi, (5) tahu krispi, dll. Silakan bermitra, bukan waralaba. Info ke 082319222583, tlp/sms. Bumbu kami halal dan tanpa MSG, sehingga aman dikonsumsi. (M. Mangkoesorga)

 

Tentang Ahmad Mushofi Hasan

Mushoffi Mangkoesorga adalah mantan wartawan era 90-an. Kini aktif sebagai choach dan motivator. Tinggal di Subang, Jawa Barat. Hobi "dengerin ceramah" dan i'tikaf di mesjid-mesjid. Kegiatannya juga Khutbah Jumat dan mengisi pengajian. Jika ada yg order (ingin dibuatkan) naskah khusus, hub WA 0895397876364

View All Posts

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close