Hikmah

Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-49

لا عمل أرجى للقبول من عمل يغيب عنك شهوده ويحتقر منك وجوده

“Tidak ada amal kebajikan yang lebih diharapkan keter-qobul-annya dari amal yang hilang dari penyaksiaanmu dan terhina keberadaannya di sisimu.”

Berbuat kebaikan itu harus seperti buang kotoran. Kamu enggan melihatnya, tak sudi menyaksikannya, bahkan emoh untuk menyebut-sebut dan mengingat-ingat kembali.

Malah, kamu akan merasa malu dan terhina, jika kotoran itu masih saja menempel ditubuhmu.

So, kita yang suka pamer kebajikan, dan membangga-banggakan di depan banyak orang, sejatinya yang kita pamerkan adalah keburukan dan kebusukan kita. Coba perhatikan reaksi orang yang mendengarkannya, pasti enek, kecut, mesem, males. Lo kok begitu? Karena bau dan kotor.

Hal ini berbeda jika kita menyebut kebaikan orang lain atau kita menceritakan keburukan kita. Reaksi orang di sekitar kita cenderung enak dipandang.

Mengapa kebajikan tidak penting untuk disebut-sebut? Karena kita menyadari tidak-adanya peran kita sedikitpun dalam mewujudkan kebaikan itu. Kita ini cuma ngaku-ngaku saja. ‘Ini kerja saya;Ini karya saja.’
Dasar nggak tau malu, muka badak! Siapa ? Pasti Kita.
(10.15/260218)

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close