Hikmah

Ngaji Kitab Al-Hikam bersama KH. Asep Mukhtar Rifa’i Banjaran : Hikmah ke-57

ما بسقت أغصان ذل إلا عن بذر طمع

“Tidaklah dahan-dahan kehinaan berkembang kecuali bersumber dari benih kerakusan.”

Dirimu ibarat pohon. Anggota tubuhmu laksana dahan-dahan. Dan hatimu adalah benih awal pohon. Dengan apa kau pupuki benih itu?

Jika kau taburi dengan qonaah, maka anggota tubuhmu akan mulia dan melakukan kemuliaan. Sebaliknya, jika kau sirami dengan toma’, maka kehinaan kelak menyelimutimu.

Kawan, kita ini manusia bukan kera. Seekor kera akan terus mengambil makanan meski tangan, kaki, mulutnya dipenuhi makanan.

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Kenapa kita tidak bertanya, kebaikan apa yang bisa dihasilkan dari apa yang ada di sisi kita saat ini. Mengapa untuk bisa berbuat baik, kita selalu menghubungkannya dengan sebuah keinginan di masa depan? Kalau saya terpilih, nanti saya bantu, misalnya. Tak perlu menjanjikan sesuatu yang belum pasti. Jika kamu hari ini punya senyum, berbuatlah kebajikan dengan senyumanmu yang manis itu, kawan.
(12.05/031318)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close