Panduan Berislam di Era Milenial

18
panduan berislam di era milenial - WhatsApp Image 2019 05 18 at 02 - Panduan Berislam di Era Milenial

Berislam pada dasarnya adalah meneladani keberagamaan Nabi Muhammad SAW yang hidup pada akhir abad ke 6 dan awal abad ke 7 M. Segala apa yang datang dari diri Nabi SAW, baik berupa perkataan, perbuatan maupun pengakuan menjadi panduan hidup dalam beragama bagi umat Islam.

Persoalannya adalah bagaimana umat manusia yang hidup di Indonesia pada abad ke 21 M dengan konteks sosio-historis yang jauh berbeda dengan kehidupan umat manusia di Arab, khususnya Makkah dan Madinah dengan kesenjangan masa selama 14 abad silam? Buku Berislam di Era Milenial karya Khoirul Anwar memberikan jawaban atas pertanyaan besar ini.

Dalam buku setebal 236 halaman itu setidaknya Khoirul Anwar mendedah 3 tema besar yang menjadi persoalan bagi umat Islam, khususnya warga Negara Indonesia, yakni isu seputar ibadah, hubungan antarumat beragama dan kebangsaan.

Dalam tema ibadah, buku yang diterbitkan eLSA Press pada bulan Mei 2019 ini penulisnya mengkaji tentang berbagai persoalan puasa, shalat dan yang lainnya, seperti sejarah puasa yang disajikan dengan perbandingan kajian puasa di dalam agama-agama lainnya, hukum suntik bagi orang yang berpuasa, hukum membatalkan puasa karena aktivitas kemanusiaan, shalat di dalam gereja, busana perempuan pada masa Rasulullah dan yang lainnya.

Tema hubungan antarumat beragama berisi sejarah dan penjelasan para ulama tentang toleransi Nabi Muhammad SAW, salah satunya membahas bahwa Nabi SAW selain membantu banyak orang dengan beragam latar belakang agama yang berbeda, Nabi SAW juga kerap dibantu oleh pemeluk agama lain seperti Yahudi dan Nashrani (hal. 110 dan 113). Hukum Muslim menjaga gereja, mendatanginya pada perayaan Natal dan hukum mengucapkan selamat Natal serta isu seputar toleransi lainnya dikaji dalam tema ini.

Tema kebangsaan berisi tentang Pancasila menurut ajaran Islam, makna jihad, kajian terhadap istilah “hijrah” yang belakangan marak digunakan oleh Muslim perkotaan dan yang lainnya. Ketiga tema tersebut dibahasnya secara jelas dan menggunakan bahasa yang sangat mudah dipahami bagi yang belum pernah belajar ilmu-ilmu keislaman sekalipun.

Buku dengan harga Rp. 50.000,- ini sangat layak dibaca bagi umat Islam maupun Non Muslim yang menghendaki pengetahuan tentang Islam sebagai agama yang sarat nilai-nilai kasih sayang atau rahmatan lil ‘alamin. Inilah buku yang tepat dijadikan panduan berislam bagi Muslim Milenial. Untuk pemesanan, silakan hubungi 0877 3932 8137 (Iswatun Ulya).

Sumber : islami.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here