Berita

PBNU Bakal Gelar Pertemuan 99 Ulama Khos di Rembang

Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menginisiasi pertemuan para ulama sepuh dari seluruh Indonesia di Pesantren Al-Anwar Sarang Rembang, Jawa Tengah, Kamis (16/3) mendatang. Sejumlah persoalan strategis dan tantangan ke depan menjadi fokus pembahasan dalam pertemuan bertajuk Silaturahim Nasional Alim Ulama Nusantara itu.

Katib Aam PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengungkapkan, tantangan Islam dalam kancah nasional dan internasional saat ini memiliki tantangan yang makin tidak mudah. Sebab itu, menurutnya, berbagai pandangan para kiai dan ulama khos mempunyai peran penting untuk langkah NU di masa yang akan datang.

“Wajah Islam Indonesia yang ramah, sesungguhnya adalah bagian dari cermin sikap kemasyarakatan NU. Tugas kita kemudian bagaimana menggaungkan wajah Islam ala ahlussunnah wal jama’ah ini sebagai upaya untuk menunjukkan wajah Islam yang sesungguhnya kepada dunia global,” ujar Gus Yahya, Kamis (9/3) di Jakarta.

Untuk menjawab tantangan dan harapan dunia tersebut, tambahnya, penting bagi PBNU untuk mendengar pandangan-pandangan dari para ulama sepuh. Petuah dan nasihat-nasihat dari para ulama khos sangat dibutuhkan dalam menentukan langkah strategis NU sebagaimana yang diharapkan dunia ke depan.

“Sekali lagi, NU harus sungguh-sungguh mempersiapkan diri. NU harus menyambut dan menyiapkan peran terhormat ini dengan lebih baik. mungkin ini sudah menjadi amanat agung dari Allah SWT,” tukas salah seorang putra KH Cholil Bisri ini.

Sebelumnya, Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj menerangkan, dalam menggerakkan roda organisasi, NU tidak akan lepas dari kebijaksanaan para kiai sepuh. Nasihat dan pandangan para kiai tersebut diperlukan agar NU berkah dan semakin bermaslahat untuk umat.

“Pengurus PBNU dan Nahdliyin mengharap nasihat, irsyadat (arahan), taujihad (petunjuk) dari para sesepuh, agar NU ke depan semakin bermanfaat,” jelas Kiai Said.

Adapun para ulama yang Insyaallah hadir antara lain:

• KH. Maemoen Zubair dari Sarang
• KH. Ahmad Mustofa Bisri dari Rembang
• KH. Ma’ruf Amin, Tanara, Banten
• Habib Muhammad Luthfi bin Yahya dari Pekalongan
• KH. Nawawi Abdul Jalil dsari Pasuruan
• KH. Dimyathi Rois Kaliwungu, Jawa Tengah
• TGH. Turmudzi Badaruddin dari Bagu, NTB
• KH. Abuya Muhtadi Dimyathi dari Pandeglang, Banten
• KH. Muhammad Sanusi Baco dari Maros, Sulawesi Selatan
• KH. TK. Bagindo M. Letter dari Sumatera Barat
• Tengku H. Muslim Ibrahim dari Provinsi Aceh
• Abah Guru Zuhdiannor Martapura, Kalimantan Selatan
• dan ulama-ulama lainnya.

(Fathoni)

Sumber : NU Online

Tentang Dindin Nugraha

Blogger kambuhan, menulis status facebook, twitter ataupun web kalau sempat. Turut aktif sebagai kontributor web sekaligus bagian dari keluarga besar Lembaga Ta'lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Barat

View All Posts
Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Close