Berita

PBNU Ikhbarkan 1 Ramadhan 1439 H Kamis 17 Mei

Jakarta, NU Online

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meng-ikhbar-kan (mengabarkan) bahwa 1 Ramadhan 1439 H jatuh pada Kamis (17/5). Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal PBNU Helmy Faishal Zaini berdasarkan laporan tim rukyatul hilal PBNU di beberapa titik yang telah ditunjuk.

“Berdasarkan laporan dari 21 lokasi rukyatul hilal tidak terlihat bulan. Artinya, umur bulan Sya’ban diistikmalkan menjadi 30 hari,” ujarnya setelah mendengarkan laporan dari beberapa titik melalui sambungan telekonferens di Gedung PBNU, Selasa (15/5).

Oleh karena itu, PBNU mengikhbarkan bahwa awal Ramadhan 1439 H jatuh pada hari Kamis (17/5). Pelaksanaan shalat tarawih Rabu (16/5) malam.

PBNU melakukan pemantauan melalui telekonferens di Maluku Utara, Jakarta, Blitar, Merauke, Malaysia, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

Seluruh titik pemantauan tersebut tidak berhasil melihat hilal. Hal ini disebabkan karena posisi hilal yang cukup jauh dari standar minimal ketinggian, yakni dua derajat.

“Minus 0 derajat 18 menit,” ujar Wakil Ketua Lembaga Falakiyah NU Rusli Arsyad.

Hal ini berarti pengumuman PBNU sama dengan ketetapan pemerintah yang diputuskan oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat konferensi pers di Kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (15/5). (Syakir NF/Fathoni)

 

Sumber : NU Online

Tentang Dindin Nugraha

Blogger kambuhan, menulis status facebook, twitter ataupun web kalau sempat. Turut aktif sebagai kontributor web sekaligus bagian dari keluarga besar Lembaga Ta'lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Barat

View All Posts
Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close