Politik

PBNU Kembali Tegaskan Tolak Politisasi Agama

Jakarta, NU Online

Ketua Umum PBNU, KH Said Aql Siroj kembali menegaskan bahwa NU menolak jika agama dijadikan alat politik.
“Agama dijadikan alat politik, itu menurut saya penghinaan terhadap agama,” kata Kiai Said kepada wartawan usai konferensi pers imbauan PBNU terkait bencana gempa bumi Lombok, Selasa (7/8) sore.

Menurut Kiai Said jika agama menjadi alat politik akan sangat mengerikan. Pasalnya penggunaan agama sebagai alat politik akan menyebabkan orang mudah menuduh orang lain yang pandangan politiknya berbeda dengan sebutan kafir, munafik, atau murtad, dan masuk neraka.
“Bahasa-bahasa itu keluar semua. Masa politik membawa-bawa agama? Allah dibawa ke lapangan kampanye?” ujar Kiai Said.

Pada kesempatan itu, Kiai Said juga menyebutkan sejumlah kompetensi atau kriteria tokoh-tokoh yang layak maju sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu mendatang.

“Harus adil, berkapasitas, memiliki kapabilitas, cakap, cerdas, berani, bersih, dan sehat,” kata Kiai Said.

Dalam alam demokrasi, siapa pun boleh mencalonkan diri dalam jabatan publik seperti presidan dan wakil presiden. Demokrasi juga menyilakan calon presian mengubah pasangan calon wakil presidennya. Akan tetapi mereka dalam enarik simpatik publik sehingga terpiih dan menang dalam Pemilu, harus menggunakan cara-cara yang bermartabat.

“Jangan menghina, jangan menyebarkan hoaks, jangan adu domba, jangan menyebarkan ujaran kebencian,” tandasnya. (Kendi Setiawan)

Sumber : NU Online

Tentang Dindin Nugraha

Blogger kambuhan, menulis status facebook, twitter ataupun web kalau sempat. Turut aktif sebagai kontributor web sekaligus bagian dari keluarga besar Lembaga Ta'lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama Jawa Barat

View All Posts
Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close