Berita

Pelajar Harus Cerdas Emosional dan Intelektual

Majalengka – Perkembangan zaman yang terus berkembang dan tambah maju mengharuskan para pelajar untuk mampu mengembangkan dirinya menjadi manusia-manusia yang cerdas baik emosional maupun intelektualnya. Tantangan inilah yang memotivasi kalangan Pelajar Nahdlatul Ulama untuk terus mengembangkan kualitas dirinya dibuktikan dengan menggelar pendidikan dan pelatihan yang dikemas dalam Acara Road show Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) III Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PC. IPNU) dan PC. Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) di Pondok Pesantren Al Fitriah Desa Kumbung Kecamatan Majalengka, Sabtu (13/1).

Ketua Bidang Kaderisasi PC. IPNU, Syifa Saechu mengatakan Makesta yang dilaksanakan ini merupakan putaran III yang diikuti oleh para pelajar dari lima wilayah kecamatan. “Mulai hari ini selama dua hari para pelajar dari Kecamatan Rajagaluh, Sindangwangi, Leuwimunding, Sumberjaya dan Palasah mengikuti Makesta III”, katanya.

Pria yang juga merupakan Dewan Asatidz Pondok Pesantren Darul Ma’arif Cikedung Maja ini juga memaparkan materi yang akan diterima oleh peserta berupa motivasi dan pengembangan kecerdasan emosional serta intelektual. “Sebagai kader NU yang notabenenya masih pelajar, maka disamping materi-materi keagamaan khususnya terkait dengan aswaja dan ke Nu an serta materi kebangsaan, para peserta juga akan mendapatkan pelatihan motivasi dalam menumbuhkan semangat belajar dan peningkatan kemampuan dirinya”, paparnya.
Ditempat yang sama, Ketua PC. IPPNU, Afni Nurul Adilla dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan berkembangnya zaman yang semakin maju dan canggih maka tantangan bagi para pelajar khususnya para pelajar NU untuk mampu meningkatkan kemampuan dirinya agar tidak terlindas oleh zaman itu sendiri. “Lihat saja sekarang begitu maju dan canggihnya zaman. Untuk menjawab kebutuhan dan tantangan zaman maka kita sebagai pelajar harus cerdas dan siap dengan kemampuan diri yang tinggi”, katanya.

Perempuan yang biasa dipanggil Nurul ini juga memaparkan perlunya para pelajar bergaul dengan kelompok atau teman yang bisa memberikan nilai positif bagi dirinya. Usia pelajar yang masih rawan dengan perkembangan psikolgisnya harus hati-hati jangan terpengaruh hal-hal yang negatif seperti Narkoba ataupun pergaulan bebas. “Ikutnya kalian di Acara Makesta ini merupakan anugerah dari Tuhan diberikan kesempatan bergaul dengan teman-teman yang baik dan banyak kegiatan positifnya” paparnya dihadapan ratusan peserta Makesta.

Diakhir sambutannya ia mengajak kepada seluruh peserta khususnya dan kader IPNU maupun IPPNU umumnya harus bisa menjadi orang yang bermanfaat untuk orang lain. “Ayo kita buktikan bahwa kalian semuanya bisa menjadi orang yang baik dan bermanfaat untuk orang lain sebagaimana bunyi hadist khoirun nas anfauhum lin nas”, ajaknya.

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Ketua PC IPPNU, Afni Nurul Adilla, Ketua PC IPNU Ramlan, Jajaran Pengurus PC IPNU dan IPPNU, Ketua MWC NU Rajagaluh K. Syuja’i, Ketua PAC GP. Ansor Rajagaluh, Deden Purbaya dan ratusan peserta.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close