Berita

Resmi Dilantik Pergunu Kabupaten Garut, Selenggarakan Seminar Pendidikan

Garut, Pimpinan Cabang Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Kab Garut Masa Khidmat 2018-2023 resmi dilantik di Aula Kampus Universitas Garut JL. Raya Samarang, No. 52 A, Tarogong Kidul  Kabupaten Garut.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 252 guru NU perwakilan dari tiap kecamatan yang ada di Kab Garut. Turut hadir Rektor Universitas Garut H Abdusy Syukur Amin dan Ketua PW Pergunu Jawa Barat H Saepuloh.

Dalam sambutannya, H Saepuloh mengatakan bahwa pada saat ini guru diharapkan bukan hanya dapat mentransfer ilmu kepada peserta didik, tetapi harus juga dapat membentuk peserta didik yang berkarakter dan berkebangsaan.

“Kita sebagai guru bukan hanya  mentransfer ilmu tetapi kita juga harus dapat membentuk peserta didik yang berkarakter dan berkebangsaan, yang mencintai agama dan bangsanya” tutur H Saepuloh

Lebih lanjut Saepuloh mengatakan, bahasa guru-guru NU yang tergabung dalam Pergunu harus mensosialisasikan Islam yang toleran dan nilai-nilai kebangsaan kepada peserta didiknya disela-sela proses pembelajaran.

Sementara itu, Rektor Universitas Garut H Abdusy Syukur Amin berharap agar guru-guru NU mengantisipasi gerakan-gerakan sekelompok orang yang cendrung memaksakan kehendaknya, ini menjadi ancaman serius bagi keutuhan bangsa dan Negara. Oleh karena itu, guru-guru NU harus menyampaikan nilai-nilai tawasuth, tasamuh, tawazun dan ‘adalah kepada peserta didiknya, agar mereka lebih moderat dalam menyikapi perbedaan.

“Saya khawatir jika adanya orang atau sekelompok orang yang pada saat ini cendrung memaksakan kehendaknya masing-masing ini menjadi ancaman serius untuk keutuhan bangsa kita., Oleh karena itu kita harus bersikap moderat demi keutuhan NKRI” tutur H Abdusy Syukur Amin yang juga merupakan wakil ketua PCNU Kab Garut.

Selain itu, Rektor Universitas Garut, menghimbau kepada guru-guru NU agar mendidik peserta didik sebaik-baiknya dan menumbuhkan karakter bangsa yang baik dan mencintai bangsanya.

“Didik anak-anak kita sebaik-baiknya agar mereka mereka mempunyai karakter bangsa yang baik dan mencintai bangsanya”tutur H Abdusy Syukur Amin

Lebih lanjut, H Abdusy Syukur Amin menghimbau agar membiasakan peserta didik untuk lebih terbiasa berbaur dengan orang berbeda, sehingga muncul persahabatan diantara mereka, mereka terbiasa mencari persamaan bukan menonjolkan perbedaan.

Selain kegiatan pelantikan, PC Pergunu Kab Garut juga menyelenggarakan seminar pendidikan dengan tema “Pelantikan PC Pergunu Kab Garut  dan Seminar Pendidikan “Pengikatan Pendidikan Karakter Menuju Masyarakat Madani Berbasis  Aswaja” dengan narasumber KH Abdul Hamid Tim Aswaja PP Pergunu, H Ijudin Warek 1 Universitas Garut dan H Saepuloh Ketua PW Pergunu Jawa Barat.

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close