[SALAH] “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab”

13

[salah] “coba itu....dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu...urusan capres gak inget sama hijab" - PramadyaPurnomo1 458x381 - [SALAH] “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab”

Link http://indonetnews.com/barisan-emak-emak-militan-gl-pro-08…/ dengan judul “Barisan Emak-Emak Militan GL PRO 08 Ancam Telanjang Di Bawaslu dan KPU Jika Pemilu Curang” dan tambahan narasi “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab” dengan melampirkan foto beberapa perempuan melakukan aksi membuka bajunya dihadapan pihak keamanan yang diunggah oleh akun Facebook Pramadya Purnomo atau @pramadya.purnomo, faktanya link tersebut tidak berhubungan dengan narasi dan foto yang dibagikan.

Diketahui foto yang dibagikan akun Facebook @pramadya.purnomo adalah foto dari aksi demo emak-emak warga Desa Klampok terkait Tol Paspro ke kantor PT Waskita di jalur Pantura Surabaya-Probolinggo (Paspro), Kecamatan Tongas, Jumat, 12 Januari 2018. Foto tersebut dimuat dalam berita yang ditayangkan oleh beberapa media daring, yakni liputan6.com, radarmalang.id, reportasenews.com dan wartabromo.com.

=====

Sumber: Media Sosial Facebook Pramadya Purnomo (@pramadya.purnomo)

=====

Kategori: False Connection

=====

Narasi:

http://indonetnews.com/barisan-emak-emak-militan-gl-pro-08…/

*Barisan Emak-Emak Militan GL PRO 08 Ancam Telanjang Di Bawaslu dan KPU Jika Pemilu Curang*

Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab,” unggah akun Facebook Pramadya Purnomo atau @pramadya.purnomo, Jumat (10/5).

=====

Penjelasan:

[salah] “coba itu....dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu...urusan capres gak inget sama hijab" - PramadyaPurnomo2 - [SALAH] “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab”
[salah] “coba itu....dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu...urusan capres gak inget sama hijab" - PramadyaPurnomo3 - [SALAH] “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab”
[salah] “coba itu....dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu...urusan capres gak inget sama hijab" - PramadyaPurnomo4 - [SALAH] “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab”

Akun Facebook Pramadya Purnomo atau @pramadya.purnomo membuat unggahan yang berisi link berita dari http://indonetnews.com/barisan-emak-emak-militan-gl-pro-0…/…

Isi berita dari link di atas, intinya mengatakan organisasi BEM (Barisan Emak – Emak Militan) GL PRO 08 akan melakukan aksi di depan Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Jumat (10/5). Aksi tersebut menurut perwakilan dari BEM GL PRO 08, Maolint, sebagai dorongan kepada Bawaslu agar bersikap terhadap KPU yang dinilainya telah melakukan kecurangan pemilihan umum (Pemilu).

Dalam aksi itu, Maolint bersama emak-emak mengancam akan melakukan aksi yang lebih anarkis yakni menanggalkan pakaiannya di depan umum.

Sementara Ketua Umum GL Pro 08, Jimmy CK,SE,MM mengatakan, aksi yang akan dilakukan emak-emak militan adalah merupakan suatu apirasi yang sudah tidak dapat terbendung karena banyaknya kecurangan pemilu yang dinilainya sudah terakomodir, ”justru, emak-emak sampai menanggalkan pakaian itu berusaha mencegah people power, ” katanya.

Untuk link berita yang dibagikan akun Facebook @pramadya.purnomo, setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, nyatanya berita serupa juga ditemukan pada Indonesiatoday.co.id dengan judul “Protes Kecurangan BEM GL PRO 08 Ancam Aksi Tanggalkan Pakaian Didepan KPU dan Bawaslu” pada Kamis (9/5).

Selain link tersebut, akun Facebook @pramadya.purnomo juga menambahkan narasi “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab,” unggah akun Facebook Pramadya Purnomo atau @pramadya.purnomo, Jumat (10/5).

Tambahan narasi tersebut, juga dilengkapi akun Facebook @pramadya.purnomo dengan foto yang menampilkan beberapa perempuan mengenakan jilbab yang membuka bajunya dihadapan petugas keamanan.

Setelah dilakukan pemeriksaan atau penyesuaian foto yang dilampirkan akun Facebook @pramadya.purnomo melalui mesin pencari, faktanya foto tersebut bukanlah foto dari emak-emak anggota BEM GL PRO 08 yang berencana melakukan aksinya di depan Bawaslu. Kemudian foto itu, tidak berhubungan juga dengan berita yang dibuat indonetnews.com dan indonesiatoday.co.id.

Diketahui foto yang dibagikan akun Facebook @pramadya.purnomo adalah foto dari aksi demo emak-emak warga Desa Klampok terkait Tol Paspro ke kantor PT Waskita di jalur Pantura Surabaya-Probolinggo (Paspro), Kecamatan Tongas, Jumat, 12 Januari 2018.

Dengan begitu dapat disimpulkan, unggahan yang dibagikan oleh akun Facebook @pramadya.purnomo menurut tujuh kategori Disinformasi atau Misinformasi dari First Draft dapat dikategorikan sebagai False Connection atau Koneksi yang Salah.

[salah] “coba itu....dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu...urusan capres gak inget sama hijab" - PramadyaPurnomo5 - [SALAH] “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab”
[salah] “coba itu....dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu...urusan capres gak inget sama hijab" - PramadyaPurnomo6 - [SALAH] “Coba itu….dibayar brapa emak emak ini brani berbuat spt itu…urusan capres gak inget sama hijab”

=====

Referensi:

1.https://www.facebook.com/groups/209571484818/permalink/10157207071334819/ 
2. http://indonetnews.com/barisan-emak-emak-militan-gl-pro-0…/…
3. https://www.indonesiatoday.co.id/…/pro…/admin/uncategorized/ 
4. https://www.liputan6.com/…/emak-emak-probolinggo-aksi-buka-… 
5. https://sinergi.radarmalang.id/tanggapan-ppk-tol-soal-prot…/ 
6. http://reportasenews.com/aksi-tidak-direspon-ibu-ibu-buka-…/ 
7. https://www.wartabromo.com/…/kala-emak-emak-blokir-pantura…/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/890117577987445/


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here