[SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah

8

[SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah - Screenshot 2087 678x381 - [SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah

Meski wajah dan postur tubuh sangat mirip, kedua orang tersebut adalah dua orang yang berbeda dan bukan orang yang sama. Supir mobil ambulans tersebut bernama Yayan Hendrayana alias Yayan yang diamankan atas dugaan perbuatan melawan hukum oleh Polda Metro Jaya. Sedangkan pedagang warung tersebut adalah Pak Usma, pedagang warung di Jalan KH Wahid Hasyim yang dagangannya ludes dijarah massa yang mengamuk.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : DISINFORMASI / Konten yang Menyesatkan
=============================================

Beredar di sosial media sebuah meme yang menyamakan supir ambulans Gerindra yang diamankan karena membawa batu dalam ambulans serta pedagang warung yang dijarah oleh massa dalam kerusuhan 21-22 Mei 2019 lalu. Penyebar meme menuduh kedua orang tersebut adalah orang yang sama yang dimanfaatkan untuk ‘bersandiwara’.
“Artis terlaris tahun ini, aki-aki keren bisa berperan sebagai supir ambulance, bisa jadi pemilik warung yang dijarah, bisa jadi perusuh, bisa jadi tamu lebaran Istana,” tulis narasi yang beredar.

Salah satu sumber adalah akun Ebi Pranoto ( facebook.com/ebinoto ) – https://web.archive[dot]org/web/https://www.facebook.com/ebinoto/posts/2788370241178724?_rdc=1&_rdr – Sudah dibagikan 528 kali saat tangkapan layar diambil.

[SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah - Screenshot 2079 - [SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan oleh tim Hoax Crisis Center (HCC) Kalbar, didapati fakta bahwa kedua orang tersebut adalah orang yang berbeda. “Mereka bukan orang yang sama,” tegas Project Manager HCC Kalbar, Nina Soraya kepada Okezone, Minggu (9/6/2019).

Dia menjelaskan, kedua orang tersebut masing-masing adalah sopir mobil ambulans yang bernama Yayan Hendrayana alias Yayan. Yayan diamankan atas dugaan perbuatan melawan hukum oleh Polda Metro Jaya. Ia ditugaskan untuk membawa mobil ambulans yang disebut berisi batu yang diduga untuk dilemparkan ke aparat kepolisian.

Sedangkan satu orang lainnya yang ada dalam sebaran gambar itu adalah pedagang warung bernama Usma. Sehari-harinya, Usma berdagang di Jalan KH Wahid Hasyim.

Kerusuhan massa yang terjadi pada Rabu (22/5/2019) malam ikut merugikan Usma yang sudah puluhan tahun berdagang di Jalan KH Wahid Hasyim. Rokok dan minuman dagangannya ludes dijarah massa yang mengamuk.

Meski wajah dan postur tubuh sangat mirip, Yayan dan Usma dipastikan bukan orang yang sama. Bahkan, keduanya tidak saling kenal.

Secara fisik, keduanya juga memiliki banyak perbedaan. Rambut bagian depan Yayan lebih tebal, sedangkan rambut Usma hampir putih semua alias beruban.

Selain itu, Kumis Usma juga lebih panjang dan sudah memutih. Sedangkan kumis Yayan lebih tipis dan masih banyak yang berwarna hitam.

“Jadi, konten yang beredar penyandingan dua foto itu adalah disinformasi. Oleh pembuat konten atau meme itu, kedua orang yang berbeda tersebut dimirip-miripkan untuk menyebarkan informasi palsu pada publik,” tegas Nina.

Kamis, 23 Mei 2019 , Yayan yang merupakan sopir; Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Tasikmalaya, Iskandar; Wakil Sekretaris DPC Gerindra, Obi; dan simpatisan asal Riau yakni Hendrik Syamrosa dan Surya Gemara Cibro dihadirkan dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya.

Sementara itu, Senin, 27 Mei 2019, Usma diundang Presiden Jokowi ke Istana Kepresidenan. Usma diberi pakaian dan uang untuk modal usaha. Pertemuan Usma dengan Jokowi berlangsung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Pertemuan tertutup itu berlangsung sekitar 30 menit.

[SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah - Screenshot 2082 - [SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah
[SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah - Screenshot 2083 - [SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah
[SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah - Screenshot 2080 - [SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah
[SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah - Screenshot 2084 - [SALAH] Sopir Ambulance Gerindra Merangkap Pedagang Warung Yang Dijarah

REFERENSI :
https://news.okezone.com/read/2019/06/09/337/2064731/deretan-fakta-sopir-ambulans-gerindra-merangkap-pedagang-yang-dijarah-perusuh-aksi-22-mei
https://makassar.terkini.id/pernah-diundang-jokowi-pemilik-warung-dan-sopir-ambulans-orang/
https://metro.tempo.co/read/1208671/ambulans-bawa-batu-buat-perusuh-polisi-tetapkan-5-tersangka/full&view=ok
https://news.detik.com/berita/d-4566443/bertemu-jokowi-usma-pedagang-korban-rusuh-22-mei-diberi-uang-dan-baju
https://www.suara.com/news/2019/05/23/130153/beredar-video-pengakuan-sopir-ambulans-gerindra-berisi-batu
http://medan.tribunnews.com/2019/05/23/warungnya-dijarah-massa-22-mei-pria-tua-ini-menangis-dan-berharap-tidak-ada-lagi-kerusuhan


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here