Digital PublishingTutorial

Sarnoff, Metcalfe dan Reeds

David Sarnoff, adalah pendiri NBC sebuah perusahaan broadcasting / penyiaran terkemuka di Amerika. Robert Metcalfe, adalah pendiri perusahaan besar 3Com dan penemu ethernet. Sedangkan David Reed, adalah seorang profesor di MIT dan penemu protokol jaringan TCP/IP.

Ketiganya sering dikaitan dengan perbincangan mengenai manfaat sebuah jaringan yang mewakili jaman-nya masing-masing. Mereka sama-sama memperkenalkan rumusan yang menjelaskan manfaat sebuah jaringan.

Menurut Sarnoff yang mewakili media radio dan televisi, nilai manfaat sebuah siaran / broadcast sebanding dengan pendengar atau penonton-nya. Menurutnya, network value = n (audience).

Metcalfe yang mewakili masa-masa awal perkembangan jaringan komputer mengatakan bahwa nilai total sebuah jaringan bertambah bila komputer dikoneksikan. Network value = n ^2 ( n = komputer + penggunanya yang terhubung ke jaringan ).

Sedangkan menurut Reed mengatakan jika komputer yang terkoneksi dalam jaringan itu berinteraksi secara intens dalam sebuah grup / komunitas maka nilai jaringan akan jauh meningkat eksponensial. Network value = 2^n ( n = komputer + penggunanya yang terhubung ke jaringan ). Anda bisa mencoba mengganti “n” dengan sebuah angka dan bandingkan hasil perhitunganya.

Munculnya situs-situs yang populer dengan sebutan social media atau jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan sejenisnya saat ini sepertinya sejalan dengan hukum Reed sehingga tidak heran situs-situs tersebut meraih jumlah pengguna yang sangat fantastis. Para penggunanya pasti merasakan betul manfaat bergabung dan berinteraksi di media sosial mulai untuk hal yang benar seperti berkomunikasi dengan teman-teman, berinteraksi dengan orang lain atau urusan bisnis sampai untuk hal yang tidak benar seperti menyebarkan fitnah, propaganda politik yang tidak benar, menyebarkan teror hingga membanjiri media sosial dengan HOAX.

Tak heran jika crowd yang terkumpul di seputar situs social media kian hari kian besar. Ancaman atau tantangan ? Bermain di area Sarnoff, Metcalfe atau Reeds ?

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Bersama Dr. KH. M. Luqman Hakim, MA (Jakarta Sufi Center) setiap bulan, Minggu kedua mulai pukul 10.00 WIB (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Bersama KH. Ahmad Dasuki setiap Rabu mulai pukul 12.15 (Live Facebook)
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot
Bersama Ajengan Dr. Ramdan Danz Fawzi, SH.I, M.Ag setiap Kamis mulai pukul 12.15 (Live Facebook)

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close