Tak Hanya Berdoa, Tiga Hal Ini Membuat Malaikat Menjaga Manusia Saat Tidur

11
tak hanya berdoa, tiga hal ini membuat malaikat menjaga manusia saat tidur - image 1509182133 59f44ab5d2b77 - Tak Hanya Berdoa, Tiga Hal Ini Membuat Malaikat Menjaga Manusia Saat Tidur

Manusia membutuhkan tidur untuk melepas penat, lelah, dan mengistirahatkan tubuh. Malam hari tentunya menjadi waktu yang tepat bagi seluruh umat manusia untuk tidur dan beristirahat. Bagi umat Islam, tidur tidak dilakukan dengan sembarang tidur. Pasalnya saat tidur pun setan masih berupaya untuk menggoda dan menjerumuskan manusia. Oleh karena itulah umat Islam dianjurkan untuk memohon perlindungan kepada Allah agar saat tidur dapat senantiasa dijaga oleh malaikat.

Rupanya ada tiga cara yang wajib dilakukan sebelum tidur agar senantiasa didampingi oleh malaikat saat tertidur. Pertama yaitu dengan berwudhu sebelum tidur. Berwudhu wajib untuk dilakukan sebelum tidur untuk membuat kondisi tubuh bersih dari kotoran dan najis. Pasalnya, malaikat akan senang mendampingi orang yang bersih dan terhindar dari najis.

Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa tidur dalam kondisi suci maka di atas kepalanya terdapat malaikat. Tidaklah ia bangun kecuali malaikat akan berdoa untuknya, “Ya Allah ampunilah hamba-Mu ini si fulan sungguh ia semalaman dalam keadaan suci.” (HR. Ibnu Hibban)

Lalu yang kedua yaitu dengan membaca ayat kursi sebelum tidur. Pasalnya, siapa saja yang membaca ayat kursi sebelum tidur maka Allah akan menjaganya melalui malaikat hingga masuknya waktu subuh. Hal tersebut dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam sebuah hadis.

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, “Rasulullah SAW menugaskanku menjaga zakat Ramadhan, kemudian datanglah seseorang yang mencuri makanan, maka aku memegangnya dan aku berkata, ‘Saya akan laporkan engkau kepada Rasulullah.’ -sebagaimana diceritakan dalam hadits- Maka orang tersebut berkata, “Jika engkau hendak tidur di tempat tidurmu maka bacalah ayat kursi, maka penjagaan Allah senantiasa menyertaimu dan setan tidak dapat mendekatimu sampai waktu subuh.” Kemudian Rasulullah SAW bersabda, “Dia berkata benar kepadamu, walaupun dia seorang pembohong, dia adalah setan.” (HR. Al-Bukhari)

Kemudian ketiga yaitu membaca doa sebelum tidur. Membaca doa sebelum tidur sangat penting untuk dilakukan agar Allah senantiasa menjaga kita saat tidur. Oleh karena itu, sebagian besar orang tua sejak kecil mengajarkan dan menganjurkan anaknya untuk berdoa sebelum tidur.

Namun jika seseorang tidak berdoa atau berdzikir kepada Allah sebelum tidur, maka kelak ia akan merasa menyesal di hadapan Allah. Hal tersebut disebutkan dalam sebuah hadis. Dari Abu Hurairah RA, Nabi Muhammad SAW bersabda, “Siapa yang tidur, sementara tidak berdzikir ketika hendak tidur, akan menjadi penyesalan baginya di hadapan Allah.” (HR. Abu Daud)

Sedangkan dalam sebuah hadis lainnya juga disebutkan bahwa setan akan selalu membisiki manusia untuk mengakhiri malamnya dengan keburukan. Untuk itu, umat Islam hendaknya berzikir sebelum tidur agar tidak mengakhiri malamnya dengan perbuatan yang buruk. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis berikut.

Dari Jabir bin Abdullah, menyatakan bahwa, “Apabila manusia berbaring di pembaringannya (akan tidur), malaikat dan setan segera menghampirinya. Malaikat membisikkan, “Akhiri (malam-mu) dengan kebaikan”, sedangkan syetan membisikan, “Akhiri (malam-mu) dengan keburukan”. Apabila dia berdzikir menyebut nama Allah kemudian tidur, maka malaikat melindungi dia di malam itu.” (HR. Ibnu Hibban)

Demikianlah tiga hal yang hendaknya dilakukan oleh umat Islam sebelum tidur. Ketiga hal tersebut yaitu berwudhu sebelum tidur, membaca ayat kursi sebelum tidur, dan membaca doa atau berdzikir sebelum tidur. Ketiga hal tersebut bertujuan agar selama tidur ia mendapatkan penjagaan dari malaikat serta terhindar dari bisikan dan godaan setan. Dengan begitu, niscaya tidurnya pun akan lebih berkah dan menghasilkan pahala

Wallahu a’lam.

Sumber : islami.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here