Berita

Umumkan Awal Ramadhan, NU Tunggu Rukyat dan Sidang Itsbat

Jakarta, NU Online

Ramadhan tidak lama lagi akan tiba. Menurut perhitungan hisab Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), tanggal 1 Ramadhan 1439 H akan jatuh bertepatan dengan tanggal 17 Mei 2018.

Meskipun begitu, Ketua Lembaga Falakiyah PBNU KH Ghazalie Masroeri menegaskan pihaknya akan menunggu hasil rukyat hilal dan sidang itsbat esok, Selasa (15/5). Bagi NU, data hisab hanya bersifat prediktif dan menunjang aktivitas pengamatan hilal.

“NU menunggu hasil rukyat dan sidang itsbat,” ujarnya, Senin (14/5).

Ia mengungkapkan bahwa NU melaksanakan rukyat hilal karena dasar hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Imam Abu Dawud dengan status hasan dan shahih.

“Jika tidak terlihat, maka 30 hari Sya’ban,” katanya menerjemahkan penggalan hadits tersebut.

Meskipun secara hisab, hilal tidak akan terlihat, Kiai Ghazalie menyatakan NU akan tetap melakukan rukyat. Hal ini, menurutnya, bukan perkara percuma. “Memperhatikan peristiwa alam (adalah) ibadah. Bukan percuma,” tegasnya.

Menurutnya, dalam lembaga pendidikan di NU tidak ada pelajaran hisab. Yang ada, lanjutnya, pelajaran falak. “Nilainya lebih tinggi. Kalau falak itu astronomi,” tuturnya. (Syakir NF/Mahbib)

Sumber : NU Online

Ikutilah Pengajian di Masjid PWNU Jabar, Jalan Terusan Galunggung No. 9 Bandung
Pengajian Tasawuf Syarah Kitab Al-Hikam
Pengajian Syarah Kitab Sirrul Asror
Pengajian Syarah Kitab al Waroqot

 

Dapatkan Buletin Jum’at Risalah NU terbaru yang terbit tiap Rabu, download edisi digital (PDF) di www.nahdlatululama.id/buletin Bagi yang ingin memesan dan berlangganan edisi cetak yang siap edar, silahkan menghubungi sdr. Aan di 085648333577 (Telp/WA) untuk keterangan lebih lanjut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close