Waktu Aman Minum Kopi Saat Bulan Puasa

15
waktu aman minum kopi saat bulan puasa - sensasi menikmati kopi torajadi atas awan pS7Ph5Wm7A - Waktu Aman Minum Kopi Saat Bulan Puasa

Bagi penggemar kopi tentu tidak akan melewati puasa tanpa minum kopi. Namun perlu diperhatikan bagaimana mengkonsumsi kopi di bulan puasa ini. Hal ini disebabkan kopi mempunyai kandungan kafein yang bisa berdampak buruk bagi orang yang mengkonsumsinya.

“Kalau kopi kita minum ketika berbuka puasa risikonya peningkatan asam lambung, kalau kita mengkonsumsinya pada waktu sahur sifatnya diuretik, jadi kita lebih cepat mengalami dehidrasi,” ujar ahli nutrisi dari PERSAGI, Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes seperti dilansir dari laman antaranews.

Ia menambahkan bahwa konsumsi kopi tidak bisa di sembarang waktu karena bisa berdampak buruk ketika Anda berpuasa. “Bagi orang yang sudah terbiasa solusinya, kalau ingin tetap minum kopi, konsumsilah lebih kurang jaraknya dari waktu berbuka puasa 1-2 jam,” ujar Rita. Dikatakannya bahwa pada saat itu lambung sudah lebih siap sehingga tidak akan bereaksi terhadap peningkatan asam lambung.

Untuk itu bagi yang ingin minum kopi disarankan antara waktu berbuka puasa dan makan malam (1-2 jam setelah berbuka). “Tidak boleh kopi menjadi snack malam, karena bisa ganggu jam tidur. Maka yang aman di antara waktu berbuka dengan selingan malam,” ujarnya. Adapun jumlah asupan kopi adalah 1-2 cangkir dengan kadar kafein 50 mg-200 mg. Ukuran ini tidak akan berdampak negatif untuk tubuh.

Sumber : islami.co

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here