​Peran Perempuan dalam Mencegah Radikalisme

100

Oleh : Ani Ramayanti

​Peran Perempuan dalam Mencegah RadikalismePerempuan merupakan pilar utama dalam memberikan pengajaran dan pendidikan bagi anak. Perempuan juga memiliki tanggung jawab dalam memberikan nilai-nilai kebaikan toleransi bagi anaknya karena perempuan memiliki kelembutan yang tidak dimiliki oleh kaum hawa. Perempuan sangat penting dalam menangkal radikalisme karena sesungguhnya perempuan bisa berperan sebagai penyebar perdamaian melalui lingkungan keluarga dan lingkungan sosialnya.

“Penyebaran paham radikalisme tidak hanya menyasar kaum laki-laki dan generasi muda tetapi juga menjadikan kaum perempuan sebagai propaganda mereka.Oleh karena itu perempuan harus bangkit dan bersatu untuk membendung ancaman radikalisme. ” ujar Ani Ramayanti,  salah satu aktivis perempuan Jawa Barat.

Iklan Layanan Masyarakat

Radikalisme dan terorisme masih menjadi ancaman serius bagi Indonesia.  Bibit-bibit kebencian semakin mudah di provokasi. Jika bibit ini terus diabaikan maka apakah kita ingin membiarkan generasi penerus kita menjadi korban dari radikalisme?  Tentu semua orang menjawab tidak.

Pencegahan paham radikalisme harus dimulai dari wilayah yang paling kecil yaitu keluarga.  Peran seorang ibu terhadap anaknya harus bisa menjamin anak dan keluarganya terbebas dari paham radikalisme.  Bahkan peran perempuan dalam mencegah paham radikalisme bisa menggunakan QS Ali Imran ayat 159 yang pada intinya mampu berlaku lemah lembut dan berkomitmen untuk mencegah paham radikalisme t,  terorisme dan intoleransi.  Sekali lagi mari kita jaga keluarga, lingkungan dan negara kita dari paham radikal.

Penulis adalah aktivis muda Jawa Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here