Home Blog

Psikologi Felix Siauw

Di kalangan teman-teman Kristen (mungkin sebagian, tidak semua), ada keyakinan bahwa makin umat Kristen dan gereja ditindas, ia justru akan kian besar dan tumbuh-berkembang. Sejarah gereja sejak dulu membuktikan hal ini.

Penindasan dan persekusi atas umat Kristiani justru membuat iman mereka kian teguh. Salah satu contoh persekusi umat Kristen yang direkam oleh Al-Qur’an adalah kisah tentang “seven sleepers”, tujuh anak muda yang tidur hingga tiga ratus tahun, ditemani oleh anjing mereka, di dalam gua. Dalam Al-Qur’an, mereka ini disebut Ashabul Kahfi – orang-orang yang tinggal di gua.

Sebetulnya, apa yang diyakini oleh umat Kristiani bukan hal yang khas pada mereka, melainkan semacam hukum sejarah yang nyaris berlaku di mana-mana. Jika suatu keyakinan ditindas, dimusuhi, pengikutnya dibunuh dan disiksa, keyakinan itu (apapun namanya, baik keyakinan yang bersifat relijius atau sekuler) akan cenderung kian solid dan malah berkembang-biak. Ketika seorang pemeluk kepercayaan, akidah, atau mazhab tertentu ditindas, mereka justru akan makin kuat pertahanan psikologisnya.

Sebenarnya hal ini merupakan hukum yang secara alami berlaku pada banyak kasus. Ketika seseorang diserang, reaksi yang paling alamiah dari orang itu ialah mengembangkan apa yang disebut dengan “self defense”, pertahanan diri. Ketika seorang pemain pencak silat, misalnya, hendak dipukul oleh lawannya, eits, dia pastilah akan secara refleks mengembangkan sikap “pasang kuda-kuda” untuk membela diri. Ini berlaku bahkan bukan pada konteks manusia saja. Binatang pun jika mengendus suatu bahaya, ia akan mengaum, mengeluarkan reaksi fisik yang menandakan ia sedang siap-siap menghadapi bahaya.

Hari-hari ini, orang-orang banyak membicarakan sosok yang namanya Felix Siauw. Dia dikenal sebagai seorang mualaf yang kemudian memeluk “akidah politik” tertentu, yaitu keyakinan akan pentingnya konsep khilafah, dan bahwa mendirikan khilafah adalah kewajiban agama. Akidah politik ini diperjuangkan oleh kelompok yang bernama Hizbut Tahrir, atau HTI (“i” di sini merujuk kepada cabangnya yang ada ada di Indonesia; meskipun “i” juga bisa berarti Inggris, Islandia, Irlandia, atau yang lain).

Catatan untuk Felix Siauw : Hijab Hanya Buat yang Cantik ?

Judul asli : Catatan untuk Felix Siauw: Klaim Hijab Hanya Buat yang Cantik itu Bid’ah

Jilbab, atau apapun modelnya, sejak awal penetapannya sangatlah politis. Keberadaannya dimaksudkan untuk membedakan mana perempuan merdeka dan mana yang budak.

Ceritanya begini: berawal dari para istri Nabi Muhammad yang keluar rumah untuk sebuah keperluan, terdapat sekelompok orang mengganggu mereka. Para istri tersebut tentu saja melapor kepada Nabi.

Sesudah Nabi memberi nasehat kepada istrinya, para pengganggu itu berkilah dan mengatakan: “kami kira mereka perempuan-perempuan budak”. Lalu turunlah Q.S. al-Ahzab: 59. Itu salah satu riwayat yang direkam Tafsir al-Munir Wahbah Zuhaili.

Jilbab, dengan demikian, pada awalnya memiliki fungsi teknis supaya perempuan lebih mudah dikenali dan tidak diganggu. Dan memang begitulah dalil Qurannya. Maka, kata kuncinya adalah dua, yakni: agar lebih mudah dikenali (identity) dan menghadirkan rasa aman (self defense).

Mengapa dua hal itu penting? Naini.

Saya mulai dari “menciptakan rasa aman” dulu. Seperti dimafhumi bilamana Arab pada saat itu bisa dibilang sangat tidak ramah perempuan. Kultur patriarkhi di sana terlampau lebat. Bahkan, adalah kemakluman bagi bangsa Arab di masa sebelum kedatangan Islam, bayi-bayi perempuan dikabarkan tidak boleh tumbuh atau hidup lebih lama, karena dianggap sebagai sebuah cacat sosial bagi sebuah klan atau kelas menengah bawah.

Lalu, Islam datang untuk menghabisi watak jahiliyah itu. Apakah berhasil? Boleh jadi iya, meski tidak sepenuhnya. Buktinya, upaya pelecehan terhadap istri-istri Nabi yang menjadi musabab dari turunnya ayat di atas seolah menegaskan bahwa nalar jahili itu masih tetap eksis saja.

Atau, dalam bentuk paling modern, nalar serupa juga bisa Anda simak lewat pemaparan seorang ustaz yang konon merupakan anggota MUI dan mengatakan bahwa “si istri (perempuan) mah diam aja, tidur aja, nggak sakit kok”.

Pendeknya, sehubungan dengan pandangan laki-laki terhadap perempuan sebaiknya diberi underline bahwa perjuangan masih belum selesai, bung!!!

“Kecuali yang biasa tampak” : Memahami kontroversi ayat Jilbab

Pernyataan Ibu Negara, DR Hj Sinta Nuriyah baru-baru ini mengundang sebagian netizen bereaksi keras. Beliau mengatakan tidak ada kewajiban bagi Muslimah mengenakan jilbab. Bagaimana sih duduk persoalannya?

Sebagian netizen sampai tega mengucapkan kata-kata kasar kepada istri Almaghfurlah KH Abdurrahman Wahid. Tampaknya sebagian pihak memang belum terbiasa berbeda pendapat dengan santun. Lebih dalam lagi, sebagian kalangan belum terbiasa untuk belajar memahami argumentasi pendapat yang berbeda. Pahami saja dulu alur argumentasinya, dan kita toh tidak harus sepakat dengan kesimpulan akhirnya. Tetapi dengan berusaha memahami minimal kita berbaik sangka dan tidak akan keluar caci-maki.

Aurat itu wajib ditutup. Yang menjadi persoalan pokok adalah apa batasan aurat bagi perempuan itu? Apakah rambut, leher dan telinga itu termasuk aurat yang wajib ditutup atau tidak? Diskusinya bisa panjang, dan saya kira sudah banyak ulama dan cendekiawan yang mendiskusikannya —saya tidak perlu mengulangi kajian itu.

Saya hendak menunjukkan cara pandang sementara pihak yang boleh jadi berbeda dengan pandangan mayoritas kita. Sekali lagi, tolong pahami saja dulu. Setelah itu silakan dibantah atau disetujui dengan argumentatif dan santun. Bisa kan? Kalau gak bisa, lebih baik anda tidak usah meneruskan membaca tulisan ini. Saya khawtair darah tinggi anda naik, dan kena stroke nanti (semoga tidak demikian yah).

Negara dalam Tawa: Belajar dari Gus Dur

Oleh Fathoni Ahmad

Sekitar tahun 1970-an dan 1980-an, KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) banyak menuangkan pemikiran dan gagasan lewat tulisan di media massa. Progresivitas pemikiran dan gerakannya menginspirasi sejumlah kalangan, baik dalam skala nasional maupun global.

Namun, perilaku santai tetap ditunjukkan oleh Gus Dur dalam momen-momen krusial menurut orang lain. Saat itu Gus Dur diundang menjadi salah satu narasumber untuk membincang Islam dan Negara, Islam dan Kebangsaan, serta Islam dan Demokrasi.

Gus Dur tampil dengan pemikiran dan gagasannya yang brilian, sebagaimana biasanya dalam setiap foum yang ia ikuti. Gus Dur mengurai satu per satu konsep yang pernah ada dan pernah dibicarakan oleh pemikir dan cendekiawan Muslim dunia.

Tak hanya menguraikan, Gus Dur juga menyampaikan kelebihan dan dan mengkritik kekurangan pemikiran mereka masing-masing. Tetapi, dari uraian tersebut, Gus Dur mengakhiri pemaparannya dengan kesimpulan yang cukup membingungkan para peserta seminar.

Saat itu, Matori Abdul Jalil yang mendampingi Gus Dur merasa resah dan gelisah. Dia khawatir Gus Dur diserang habis-habisan oleh para pakar yang hadir dan tidak bisa menjawabnya. Karuan saja ada yang bertanya tentang, bagaimana konsep negara dalam Islam. Kekhawatiran Matori betul-betul mencuat. Pertanyaan jelasnya: Apakah ada konsep atau sistem dan bentuk negara menurut Islam?

Dari pertanyaan tersebut Gus Dur menjawab dengan santai: “Itu yang belum saya rumuskan.” Hadirin terbahak. Tidak sedikit yang menilai bahwa jawaban Gus Dur luar biasa cerdas dan brilian, meski dengan cara jenaka.

Gus Dur ingin menegaskan bahwa Islam tidak mengatur formalisasi syariat ke dalam sistem negara. Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengajarkan kepada umatnya untuk mendirikan negara Islam. Agama Islam cukup dijalankan dalam kehidupan sehari-hari di segala bidang, tak terkecuali bidang politik pemerintahan. Islam hendaknya menjadi jiwa dalam praktik berbangsa dan bernegara, bukan menjadi dasar negara.

KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur adalah tokoh yang paling diingat humor-humor cerdasnya, tentu saja selain jasanya yang luar biasa dan pemikirannya yang cemerlang. Membaca humor-humor Gus Dur tidak lain ialah bagaimana seseorang belajar menertawakan diri sendiri.

Di tengah persoalan yang banyak mendera bangsa, tidak sedikit yang mengatakan kenapa Gus Dur justru banyak melucu? Bagi sebagian orang, berhumor terkesan tidak serius, tetapi bagi Gus Dur humornya adalah keseriusannya. Sehingga persoalan serius kerap selesai dengan sendirinya lewat humor.

Seperti ketika Gus Dur dihadapkan dengan persoalan gerakan Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang mengibarkan bintang kejora. Banyak yang mengecam bendera OPM tersebut. Namun, Gus Dur mengatakan kepada para ajudannya bahwa bendera-bendera tak ubahnya umbul-umbul. “Anggap saja itu umbul-umbul,” kata Gus Dur.

Saat menjabat sebagai Presiden, banyak juga yang menolak keputusan Gus Dur karena mengizinkan kegiatan Kongres Papua yang identik dengan gerakan-gerakan makar. Bagi Gus Dur, keinginan masyarakat Papua harus ditampung. Hal ini yang tidak banyak mendapat perhatian dari pemerintah.

Justru kegiatan tersebut bisa menjadi sarana atau wadah bagi pemerintah RI untuk menampung aspirasi masyarakat Papua, juga sebagai sarana memberikan penjelasan terhadap program-program pemerintah. Bagi masyarakat Papua, kehadiran negara penting. Sebab itu, langkah Gus Dur untuk mewujudkan kerinduan masyarakat Papua akan kehadiran negara.

Kilas humor-humor Gus Dur tak lekang di makan zaman karena sarat konteks. Bahkan masyarakat bisa belajar banyak dari humor-humornya. Misal ketika di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa terjadi konflik. Konflik ini seakan tak menemui titik ujung sehingga tidak sedikit menguras elemen-elemen yang ada di dalamnya.

Diceritakan oleh KH Maman Imanulhaq dalam buku Fatwa dan Canda Gus Dur (2010), cucu KH Hasyim Asy’ari tersebut tetap memperlihatkan optimisme tinggi kepada para kadernya. Mereka menyadari bahwa setiap konflik menyimpan banyak pendewasaan terhadap diri seseorang.

Gus Dur memandang seluruh masalah dengan optimisme. Menurutnya, masalah itu dibagi menjadi tiga; ada yang bisa diselesaikan dengan cepat, ada yang bisa diselesaikan tetapi lambat, dan ada yang tidak bisa diselesaikan. Sebab itu, serahkan semuanya kepada Allah, tawakaltu ‘alallah.

Gus Dur pun menegaskan bahwa yang benar ialah penyelesaian masalah bukan pemecahan masalah. Karena kalau pemecahan, maka satu masalah bisa ‘pecah’ jadi beberapa masalah. Karenanya, kata Gus Dur, partai ini banyak dikatakan orang sebagai PKB, yaitu Partai Konflik Berkepanjangan.

Seketika, orang-orang di sekelilingnya tertawa mendengar plesetan kepanjangan tersebut. Mereka memang sedih mendengarnya, tetapi campur bahagia karena salah satu keistimewaan Gus Dur ialah mampu menertawakan kekurangannya sendiri.

Penulis adalah Redaktur NU Online

Sumber : NU Online

NU dan Politik Kontemporer

  1. NU dan Politik Kontemporer

Nahdlatul Ulama ( NU ) dan politik, merupakan sebuah senyawa yang sulit untuk dipisahkan. Baik secara kolegial-organisatoris, maupun personal-individual, sepanjang sejarah, anasir-anasir NU larut dalam riuhnya dinamika politik. Daya tarik politik begitu masif menyihir alam sadar dan tidak sadar warga NU. Alam sadar, karena ada pendekatan rasional warga NU terhadap politik. Alam bawah sadar dikarenakan sikap irrasional warga NU terhadap politik dan tokoh-tokohnya yang berpolitik.

Kedua pendekatan ini juga merupakan refleksi segmentasi warga NU, yaitu warga NU tipe urban, yang secara politik, partisipatif-sadar, terpelajar dari sisi pendidkan, dan mapan dari sisi ekonomi. Ke-dua adalah warga NU pedesaan, yang secara politik, non-partisipatif, rendah tingkat pendidikanya, dan miskin secara ekonomi. Namun dari sistem kepemimpinan bersifat patrimonialisme, yang bersandar kepada personalism, dalam hal ini figur ulama. Sehingga partisipasi mereka terhadap politik, adalah semu dan sangat tergantung kepada preferensi tokoh panutannya, tanpa reserve ( sami’na wa atho’na ).

Maka berbeda dengan Muhammadiyah, misalnya. Pemimpin politik dari NU, maka citra ke-NU-anya sangat kelihatan. Dari aspek tradisi-ritual seremonial, tradisi yang dimiliki NU sulit di-divestasikan dari panggung politik. Kita ingat ketika Abdurrakhman Wahid terpilih jadi presiden, sholawat badar berkumandang di gedung MPR/DPR. Para juru bicara partai berpidato dengan doa penutup majelis, wallahul muwafiq ilaa aqwamitthoriq, ( semoga Allah menunjukkan jalan yang sebenar-benarnya ) adalah ciri khas yang dimiliki oleh NU.

Penulis
Toufik Imtikhani, SIP

[SALAH] Penyanyi Henny Purwonegoro Meninggal Dunia


Beredar
melalui pesan berantai Whatsapp mengenai meninggalnya penyanyi senior Henny
Purwonegoro. Dalam pesan tersebut dijelaskan bahwa Henny meninggal setelah
menjalani perawatan di rumah sakit di Singapura. Namun belakangan diketahui
bahwa informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Selengkapnya
terdapat di penjelasan!

KATEGORI:
FABRICATED CONTENT

===

SUMBER:
PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

BERITA DUKA

Henny
Purwonegoro* penyanyi thn 1970/80…., telah meninggal dunia

Pada
hari ini 28/12-19 jam 17:05 waktu singapore.

Semoga amal2nya diterima Tuhan Yang Maha Esa. Aamiin

===

PENJELASAN:
Informasi seputar meninggalnya penyanyi senior Henny Purwonegoro beredar
melalui pesan berantai Whatsapp. Dalam informasi yang beredar, disebutkan bahwa
Henny meninggal dunia di Singapura. Namun hal tersebut langsung mendapat
bantahan dari Once Mekel selaku menantu dari HennY.

Once
menjelaskan bahwa saat ini Henny berada dalam kondisi baik-baik saja. Once juga
membantah perihal disebutnya Henny tengah menjalani perawatan di Singapura. Menurut
Once Henny hanya mengalami sedikit masalah pada bagian kaki yang mengharuskannya
terkadang menggunakan kursi roda.

===

REFERENSI:

https://www.grid.id/read/041968917/penyanyi-senior-henny-purwonegoro-dikabarkan-meninggal-dunia-once-mekel-itu-hoax?page=all

https://www.insertlive.com/hot-gossip/20191228222229-7-74170/kabar-penyanyi-henny-purwonegoro-meninggal-dunia-ternyata-hoax

https://www.kominfo.go.id/content/detail/23501/hoaks-berita-meninggalnya-penyanyi-henny-purwonegoro/0/laporan_isu_hoaks



Source link

[SALAH] Said Aqil Bernama Asli I Made Wiryawan Saidi, Beragama Hindu dan Berasal dari Lombok


Postingan Akun Facebook Andri Rockers yang mengatakan Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siraj bernama asli I Made Wiryawan Saidi, beragama Hindu dan berasal dari Lombok adalah konten yang menyesatkan atau misleading content.

Diketahui KH Said Aqil adalah nama aslinya. Dari kecil Ia sudah mengenyam pendidikan agama Islam dan asalnya atau tempat kelahirannya adalah dari Cirebon, Jawa Barat. Ditambah lagi, KH Said Aqil juga menjadi Ketua Umum PBNU dua periode, periode pertama dari 2005 hingga 2010 dan periode kedua, mulai 2010 sampai 2020.

Selain itu, foto yang diunggah oleh akun Andri Rockers adalah berasal dari rumahkitab.com dalam artikel yang berjudul “Kiyai Said Serukan Akhiri Perkawinan Anak” pada 22 Januari 2019.

========

KATEGORI: Misleading Content

========

SUMBER: Media Sosial Facebook

========

NARASI:

“Dapat info dari kawan asal kota Bali.Kawan Saya bilang, 2 tahun tak jumpa dengan pak I made, kok namanya jadi said Aqil siraj.dan suka pake peci. Begitu imbuhnya….Selidik punya Selidik, ternyata SAS mempunyai nama asli.I Made Wiryawan saidi.Beragama Hindu asal pulau lombok yg memiliki saham di kota Bali.Kawan saya merasa terkejut.Bagaimana mungkin seorang beragama HINDU bisa di percaya mengurus NU Bersama gerombolannya si Cornelius, Nuril, Abu janda dan Gus Guntur Di masukkan NU secara Bersama’an oleh Megawati.Rupanya pak I made kawan lama bu megawati di vihara Bali saat hari besar HINDU.Oh sungguh begitu bobroknya rezim ini Dari nama palsu sampai Agama di palsukan seperti junjungannya.Thanks salam dari sobat agen CIA kita dari negara Australia.#Wassallam,” posting akun Facebook Andri Rockers, Rabu (1/1).

=======

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Andri Rockers mengunggah foto Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siraj. Dalam postingannya tersebut, akun Andri Rockers menambahkan narasi yang intinya mengatakan KH Said Aqil ialah mempunyai nama asli, I Made Wiryawan Saidi, beragama Hindu dan berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Berikut narasi lengkapnya:

“Dapat info dari kawan asal kota Bali.Kawan Saya bilang, 2 tahun tak jumpa dengan pak I made, kok namanya jadi said Aqil siraj.dan suka pake peci. Begitu imbuhnya….Selidik punya Selidik, ternyata SAS mempunyai nama asli.I Made Wiryawan saidi.Beragama Hindu asal pulau lombok yg memiliki saham di kota Bali.Kawan saya merasa terkejut.Bagaimana mungkin seorang beragama HINDU bisa di percaya mengurus NU Bersama gerombolannya si Cornelius, Nuril, Abu janda dan Gus Guntur Di masukkan NU secara Bersama’an oleh Megawati.Rupanya pak I made kawan lama bu megawati di vihara Bali saat hari besar HINDU.Oh sungguh begitu bobroknya rezim ini Dari nama palsu sampai Agama di palsukan seperti junjungannya.Thanks salam dari sobat agen CIA kita dari negara Australia.#Wassallam,” posting akun Facebook Andri Rockers, Rabu (1/1).

Setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, faktanya tidak ditemukan informasi atau berita seperti yang dikatakan oleh akun Andri Rockers.

Diketahui KH Said Aqil berasal atau lahir di Cirebon, Jawa Barat pada 3 Juli 1953. Ia memulai sekolahnya di Madrasah Tarbiyatul Mubtadi’ien, Kempek, Cirebon. Pada usia 12 tahun, ia mondok di Hidayatul Mubtadi’en, Pesantren Lirboyo, Kediri, Jawa Timur 1965 – 1970, kemudian dilanjutkan ke Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta,1972-1975. S1, Ushuluddin dan Dakwah, Universitas King Abdul Aziz, 1982. S2, Perbandingan Agama, Universitas Umm al-Qura, Mekah, 1987 dan S3, Aqidah dan Filsafat Islam, University of Umm al-Qura, Mekah, 1994.

KH Said Aqil pun menjabat sebagai Ketua Umum PBNU telah masuk periode kedua. Pada periode pertama yakni dari 2010 hingga 2015 dan untuk periode kedua dari 2015 sampai 2020.

Selain itu, diketahui juga foto yang diunggah oleh akun Andri Rockers adalah berasal dari rumahkitab.com dalam artikel yang berjudul “Kiyai Said Serukan Akhiri Perkawinan Anak” pada 22 Januari 2019.

=======

REFERENSI:

1.https://archive.md/3o5Ii

2.https://www.facebook.com/groups/276665096312116/permalink/506581663320457/?_rdc=1&_rdr

3. https://m.merdeka.com/said-aqil-siradj/profil/

4. https://www.viva.co.id/siapa/read/135-prof-dr-kh-said-aqil-siroj-m-a

5. https://www.nu.or.id/post/read/74726/mengenal-lebih-dekat-kh-said-aqil-siroj

6. https://nasional.tempo.co/read/689623/terpilih-lagi-jadi-ketua-pbnu-ini-profil-said-aqil-siradj

7. https://rumahkitab.com/kiyai-said-serukan-akhiri-perkawinan-anak/

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1077138705951997/



Source link

[SALAH] Video Banjir Ikan di Waduk Wadas Lintang Kebumen


Video tersebut sudah
pernah beredar di Januari 2019 dan sudah dibantah oleh pihak kepolisian
Kebumen. Kapolres Kebumen AKBP Robertho Pardede pada 24 Januari 2019
mengemukakan bahwa dari hasil pengecekan lapangan tidak terjadi kejadian
seperti dalam video. “Dari hasil pengecekan dan konfirmasi di lapangan,
kejadian seperti itu tidak ada di sekitar Waduk Wadaslintang,” ujarnya. Adapun,
plat nomor kendaraan bermotor dalam video tersebut juga bukan plat nomor Kebumen.

=====

Kategori: False
Context/
Konten yang Salah

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

Narasi ada dalam
video dengan tulisan warna biru:

Waduk Wadas
Lintang Kebumen

=====

Penjelasan:

Beredar video
melalui aplikasi Whatsapp yang diklaim sebagai banjir ikan di pinggir jalan. Melalui
tulisan yang tertera dalam video tersebut diklaim bahwa kejadian di Kebumen.
Jawa Tengah.

Berdasarkan hasil penelusuran,
peristiwa dalam video tersebut bukan terjadi di Kebumen, Jawa Tengah. Selain itu,
video tersebut sudah pernah beredar pada Januari 2019 dan sudah mendapat
bantahan dari pihak kepolisian setempat.

Kapolres Kebumen
AKBP Robertho Pardede pada 24 Januari 2019 mengatakan bahwa dari hasil
pengecekan lapangan tidak terjadi kejadian seperti dalam video. “Dari hasil
pengecekan dan konfirmasi di lapangan, kejadian seperti itu tidak ada di
sekitar Waduk Wadaslintang,” ujarnya.

Ia juga menegaskan,
video tersebut hoaks lantaran pada detik ke tujuh video tersebut, ada tanda
nomor kendaraan bermotor (TNKB) yang bukan berasal dari Indonesia. “Itu bukan
tipe TNKB Indonesia,” kata Pardede.

Mengacu kepada TNKB
tersebut, TNKB untuk wilayah Kebumen, Jawa Tengah memiliki kode huruf awal AA. Selain
itu, untuk TNKB di Indonesia memiliki latar belakang warna hitam, tidak putih
seperti pada video.

Berdasarkan hal
tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa peristiwa dalam video tersebut tidak
terjadi di Kebumen atau wilayah Indonesia lainnya. Oleh sebab itu, video
tersebut masuk ke dalam kategori False Context atau Konten yang Salah.

=====

Referensi:

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/1077199362612598/

https://www.merdeka.com/cek-fakta/heboh-video-banjir-ikan-di-waduk-wadas-lintang-kebumen-dinyatakan-hoaks.html

https://www.liputan6.com/regional/read/3879308/heboh-banjir-ikan-lele-di-jalan-raya-wadaslintang

https://tirto.id/daftar-kode-pelat-nomor-daerah-daerah-di-indonesia-eg1G



Source link

[SALAH] Objek Wisata Guci Dilanda Banjir Bandang


Sebuah
pesan berantai Whatsapp mengabarkan bahwa terjadi banjir bandang di Sungai Gung
yang alirannya bersumber tepat di Obyek Wisata Pemandian Air Panas Guci,
Bumiwijaya, Kabupaten Tegal. Pasca beredarnya kabar tersebut, pihak pengelola
pun angkat bicara dan menyatakan bahwa wisata Guci dalam keadaan aman
terkendali.

Selengkapnya
terdapat di penjelasan!

KATEGORI:
FALSE CONTEXT

===

SUMBER:
PESAN BERANTAI WHATSAPP

===

NARASI:

Assalamualaikum
wr wb

Selamat
malam Bapak/ibu.

Izin
melaporkan info dari teman Guci barusan Kali Gung Banjir bandang, untuk yang
diwilayah bawah agar waspada

===

PENJELASAN:
Whatsapp kembali menjadi sarana penyebaran informasi yang tidak sesuai dengan
fakta. Kali ini di tengah maraknya bencana banjir, muncul informasi yang
menyebut bahwa telah terjadi banjir bandang di Obyek Wisata Pemandian Air Panas
Guci, Bumiwijaya, Kabupaten Tegal.

Informasi
tersebut beredar dalam beberapa jam belakangan dan membuat warga Kabupaten
Tegal heboh. Namun belakangan diketahui bahwa informasi tersebut tidak benar
adanya. Melansir dari radartegal.com, pihak pengelola Wisata Guci pun angkat
bicara. Kepala UPTD Pariwisata Guci Abdul Haris pun menyatakan bahwa informasi
tersebut tidak benar alias hoaks.

“Itu
hoaks. Guci masih aman dan terkendali,” pungkas Haris.

Haris
menjelaskan bahwa setiap turun hujan, debit air di hulu Sungai Gung kerap
meningkat namun peningkatannya tidak membuat Obyek Siwata Guci banjir. Sarana dan
prasarana di sekitar Pancuran pun masih dalam kondisi aman.

“Kalau
hujan ya memang begitu, debitnya meningkat. Bukan banjir bandang,” jelas Haris.

===

REFERENSI:



Source link

[KLARIFIKASI] Foto “Sam si Koala” dan “Cooper & Merlot”


Berkaitan dengan kebakaran hutan Australia “Black Saturday” 2009, BUKAN dengan kebakaran hutan saat ini.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

======

KATEGORI

Klarifikasi.

======

SUMBER

http://bit.ly/2ZTvigF / https://archive.md/ijkAL (arsip cadangan), akun “andy” (twitter.com/andytelasai). Sudah dibagikan 18.2K kali per tangkapan layar dibuat.

======

NARASI

“Selamat pagi Twitter, masih sedih disini tapi kita harus kuat dan mendukung semua orang”.

(“A very good morning twitter, still sad over here but we gotta be strong and support everyone”).

======

PENJELASAN

(1) Tentang foto pertama, “Sam si Koala”:

* ABC: “Sam koala menjadi terkenal di seluruh dunia setelah foto ini diambil selama kebakaran hutan Victoria.

DIPOSTING KAMIS 6 AGU 2009″

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/3029kbh / http://archive.md/S6YsP (arsip cadangan).

* YouTube: “Koala Haus – Pemadam Kebakaran Memberi Minuman Seekor Koala (Kebakaran Hutan Australia 2009)

1.574.695 kali dilihat • 10 Februari 2009

Curlz31
145 pelanggan

The Southern Ash Wildlife Shelter merawat satwa liar yang terluka dan melakukan pekerjaan luar biasa merehabilitasi Sam the Koala sampai dia meninggal karena penyakit menular yang tidak terkait. Silakan kunjungi situs web mereka di sini:

http://www.samthekoala.com.au/

… dan pertimbangkan sumbangan karena mereka benar-benar bekerja di dapur dan ruang santai mereka. Kita semua sedih mendengar berita kematian Sam, penting untuk dicatat bahwa Sam ditidurkan karena suatu kondisi yang tidak terkait dengan kebakaran hutan. Kondisinya adalah ‘urogenital chlamydiosis’ dan disebabkan oleh infeksi bakteri intraseluler dalam genus Chlamydia, yang ditularkan melalui aktivitas seksual dan juga secara vertikal kepada keturunannya. Universitas Teknologi Queensland sedang mengembangkan vaksin untuk infeksi bakteri yang terlihat sangat menjanjikan dalam fase percobaan. Sebelum Green Fanatics mendapatkan kesempatan untuk menyalahkan ini pada perusakan habitat dengan ‘menyerang’ orang Eropa, izinkan saya mengatakan bahwa para peneliti benar-benar percaya Chlamydia dibeli ke Australia oleh suku Aborigin awal dari Asia lebih dari 40.000 tahun yang lalu. Sekarang mempengaruhi sekitar 50% populasi Koala. Alasan Sam dijatuhkan adalah karena ketika penyakit berkembang itu bisa menjadi sangat menyakitkan.”

Google Translate Chrome extension, dengan penyesuaian seperlunya. Video di http://bit.ly/2uoxQrp.


(2) Tentang foto kedua, “Cooper & Merlot”:

* Museums Victoria Collections: “Dua Kanguru ini menjadi yatim piatu karena kebakaran hutan Black Saturday dan sangat dekat. Cooper (kanan) dan Merlot (kiri), dua Gray Kanguru muda, berdiri di tengah semak belukar di Wildhaven Wildlife Shelter. Bagian dari Taman Nasional Kinglake dapat dilihat di latar belakang; dengan batang pohon yang terbakar dan semak-semak yang baru terlihat.”

Google Translate dengan penyesuaian seperlunya, selengkapnya di http://bit.ly/2ZV1b8u / http://archive.md/RxOaR (arsip cadangan).

======

REFERENSI

(1) Tentang Sam, Wikipedia: “Sam (2005-07 – 6 Agustus 2009), juga dikenal sebagai Sam si Koala, adalah koala betina dari hutan Mirboo North , Victoria, Australia . Dia menjadi dikenal publik ketika video dan foto-foto dirinya yang diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran didistribusikan di internet dan melalui media selama kebakaran hutan Black Saturday.”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2N1n7d4 / http://archive.md/DOXK7 (arsip cadangan).


(2) Tentang Cooper and Merlot, ARCOHAB: “Secara harfiah, mereka tumbuh setelah kebakaran. Ketika bulan-bulan, dan akhirnya tahun-tahun berlalu, semak-semak di sekitar mereka, pada awalnya hitam dan tak berdaun, tumbuh lebih hijau dan mulai menebal. Anda dapat menggunakannya untuk mengikuti usia mereka di foto di bawah ini.”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/2FsDw64 / http://archive.md/EYk6l (arsip cadangan).


(3) Tentang kebakaran hutan Black Saturday, The National Museum of Australia: “Kebakaran hutan Sabtu Hitam 2009 di Victoria adalah yang paling dahsyat dalam sejarah Australia. Seratus tujuh puluh tiga orang secara tragis kehilangan nyawa mereka, 414 terluka, lebih dari satu juta hewan liar dan peliharaan hilang dan 450.000 hektar lahan terbakar.”

Google Translate, selengkapnya di http://bit.ly/39ItjAc / http://archive.md/cEewT (arsip cadangan).


(4) Tentang kondisi kebakaran saat ini di Australia, CNN: “Langit merah darah menjulang di atas tenggara Australia setelah kebakaran hutan yang mematikan membawa ‘salah satu hari terburuk yang pernah ada’

Oleh Hilary Whiteman dan Adam Renton, CNN
Diperbarui 0210 GMT (1010 HKT) 6 Januari 2020

(CNN) Langit berubah merah darah di atas bagian tenggara Australia pada hari Minggu ketika penduduk mencari perlindungan dari kebakaran hutan yang mematikan , dan seorang pemadam kebakaran senior menggambarkan 24 jam sebelumnya sebagai “salah satu hari terburuk kami.”

Foto-foto Pambula, di negara bagian New South Wales, menunjukkan pemandangan yang menakutkan, dipenuhi asap, dengan jalan-jalan sepi diterangi oleh langit merah dunia lain yang menyala-nyala.

Sekitar 30 kilometer (19 mil) selatan, langit merah darah menjulang di atas kota Eden. Di sana, ratusan warga mencari perlindungan di pantai atas saran polisi, kata seorang warga Eden kepada CNN. Banyak rumah hancur di daerah itu, dan para pejabat mengatakan mereka khawatir akan ada korban jiwa.

Sebanyak 146 kebakaran membakar di seluruh negara bagian, dengan 65 tidak terkendali, menurut NSW Rural Fire Service (NSWRFS). Sekitar 2.700 petugas pemadam kebakaran menangani kebakaran pada hari Minggu.

“Kondisinya mereda hari ini dan petugas pemadam kebakaran telah mendapatkan perhatian di atas beberapa kebakaran berbahaya. Tidak ada larangan api total untuk hari Senin,” NSWRFS memposting di Twitter.

(foto)
Langit merah darah membayang di atas Eden, New South Wales, pada 5 Januari 2020.

Sebelumnya, Komisaris NSWRFS Shane Fitzsimmons mengatakan pada konferensi pers bahwa hari Sabtu adalah “salah satu hari terburuk kami dalam sejarah.”

“Sejumlah besar” properti hilang di NSW pada hari Sabtu, kata Fitzsimmons, menambahkan bahwa seorang pria berusia 47 tahun telah meninggal karena serangan jantung saat memadamkan api yang mengancam rumah temannya di Batlow. Pria itu adalah orang ke-24 yang tewas secara nasional di musim kebakaran ini.

Secara terpisah, empat petugas pemadam kebakaran di NSW dirawat di rumah sakit karena menghirup asap, kelelahan panas dan luka bakar tangan. Sejak itu mereka telah dibebaskan.

Fitzsimmons mengatakan bahwa kondisinya dapat memburuk lagi dalam beberapa hari mendatang. “Hari ini akan menjadi kelegaan – kelegaan psikologis tetapi bukan yang kita butuhkan,” katanya.

(foto)
Petir yang disebabkan oleh api di New South Wales, terlihat dari penerbangan pada 5 Januari 2020.

Pengangkut bendera Australia Qantas membatalkan semua penerbangan ke dan dari ibu kota negara itu, Canberra, pada hari Minggu karena asap dan kondisi cuaca berbahaya.

Seorang penumpang maskapai melihat awan besar yang disebabkan oleh kebakaran di atas NSW selama penerbangan dari Sydney ke Melbourne pada hari Minggu. Mereka adalah awan pyrocumulonimbus – badai petir yang disebabkan oleh api – yang terbentuk ketika udara panas naik dari api yang berasal dari darat, menurut ahli meteorologi CNN. Udara mendingin dan mengembun saat naik, menyebabkan awan terbentuk.

“Proses ini mirip dengan pengembangan badai petir,” kata Derek Van Dam dari CNN Weather. “Dengan demikian, bentuk downdraft di dalam dasar awan pyrocumulonimbus, memungkinkan bara diambil dan dibawa untuk membentuk api baru.”

(galeri foto)

Di negara bagian tetangga, Victoria, tiga kebakaran telah bergabung membentuk satu kobaran api yang lebih besar dari wilayah New York di Manhattan. Kebakaran bergabung pada Jumat malam di wilayah Omeo, menciptakan api 6.000 hektar (23 mil persegi), menurut Departemen Lingkungan, Tanah, Air dan Perencanaan Gippsland.

Canberra memecahkan rekor panas selama 80 tahun, mencapai 44 derajat Celcius (111 derajat Fahrenheit) pada Sabtu sore, menurut Biro Meteorologi negara itu. Di pinggiran Penrith, Sydney barat, merkuri naik hingga 48,9 derajat Celsius (120 derajat Fahrenheit) – menciptakan rekor baru untuk seluruh cekungan Sydney.

Victoria telah menyatakan keadaan bencana, dan NSW telah menyatakan keadaan darurat – keduanya memberikan kekuatan luar biasa dan sumber daya tambahan pemerintah untuk memerangi kebakaran.

Itu menandai pertama kali Victoria mengaktifkan kekuatan-kekuatan ini sejak kebakaran Black Saturday 2009, bencana kebakaran hutan paling mematikan yang pernah tercatat di Australia dengan 173 orang tewas dan 500 lainnya luka-luka.

Berbicara pada konferensi pers hari Minggu, Perdana Menteri Australia Scott Morrison mengatakan itu adalah malam yang sulit di seluruh negeri – khususnya di NSW, Victoria dan Australia Selatan.

Morrison – yang pada Desember menghadapi kritik karena berlibur ke Hawaii selama kebakaran – mengatakan respons pemerintah adalah yang paling signifikan dan komprehensif terhadap bencana alam.

(foto)
Lansekap yang menakutkan dan dipenuhi asap di Pambula, New South Wales, pada 5 Januari 2020.

“Saya percaya di situlah kita perlu memusatkan perhatian kita, dan kami berusaha untuk mengomunikasikannya secara langsung kepada warga Australia untuk memastikan mereka mendapat kenyamanan bahwa responsnya sesuai dengan kebutuhan,” katanya.

“Tentu ada banyak komentar, ada banyak kritik. Saya mendapat manfaat dari banyak analisis pada banyak masalah. Tapi saya tidak bisa terganggu oleh itu, dan publik, saya tahu, adalah tidak terganggu oleh itu.

“Apa yang mereka butuhkan untuk kita fokuskan, kita semua sebenarnya, kita semua memusatkan perhatian pada kebutuhan di sana dan mendapatkan dukungan ke mana harus pergi. Di situlah fokus saya, dan di sanalah ia akan terus berlanjut.”

Dalam rilis berita pada hari Minggu, Angkatan Pertahanan Australia (ADF) mengatakan pihaknya secara signifikan meningkatkan dukungannya dalam memerangi kebakaran besar dan telah memanggil 3.000 pasukan cadangan tentara dan yang lainnya dengan kemampuan spesialis.

(foto)
Seorang prajurit tentara Australia membantu orang mengungsi ke helikopter Black Hawk di Omeo, Victoria pada 5 Januari 2020.

Mereka juga akan menyediakan pesawat terbang, kapal dan kapal terbesarnya, HMAS Adelaide, dengan kemampuan pendaratan helikopter.

Salah satu prioritas ADF adalah membantu evakuasi orang-orang di komunitas terpencil. HMAS Adelaide tiba di lepas pantai Eden pada hari Minggu ketika evakuasi terjadi di sana.

Beberapa pangkalan ADF akan dibuka untuk menampung mereka yang kehilangan tempat tinggal akibat kebakaran. Pasukan juga akan membantu memindahkan material dan pasokan, mendukung pusat pemulihan, dan membantu dalam pembersihan jejak api.

Selandia Baru dan Singapura juga telah menawarkan dukungan militer, dan ADF menilai di mana mereka dapat membantu, kata rilis berita itu.

Anggota keluarga kerajaan Inggris mengirim “pikiran dan doa” mereka ke Australia yang terkena dampak kebakaran hutan besar-besaran melalui akun media sosial pada hari Sabtu. Ratu Elizabeth dan Pangeran Philip mengeluarkan pesan belasungkawa yang menyatakan terima kasih kepada layanan darurat. “Saya sangat sedih mendengar kebakaran hutan yang terus berlanjut dan dampaknya yang menghancurkan di banyak bagian Australia,” tulis sang Ratu dalam sebuah pernyataan yang dipublikasikan di Twitter.

Di akun Instagram mereka, Duke dan Duchess of Cambridge mengatakan mereka “terkejut dan sangat sedih” oleh “api yang menghancurkan rumah, mata pencaharian dan satwa liar di banyak bagian Australia,” memposting foto kangguru dengan bangunan terbakar di Latar Belakang.

Sementara itu, Duke dan Duchess of Sussex mendesak dukungan bagi mereka yang terkena dampak krisis lingkungan dalam posting Instagram yang menghubungkan ke sejumlah penggalang dana Australia, seperti Palang Merah Australia, Otoritas Kebakaran Negara, dan Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan New South Wales.

Anna Coren dari CNN, Nectar Gan, Jennifer Hauser, Angus Watson, Susanna Capelouto dan Martin Goillandeau berkontribusi melaporkan.”

Google Translate Chrome extension.





Source link