Bersihkan Nama Ayah, Gus Nu’man Bashori Beberkan Siapa Luthfi Bashori Pendiri NU Garis Lurus

59472
Bersihkan Nama Ayah, Gus Nu’man Bashori Beberkan Siapa Luthfi Bashori Pendiri NU Garis Lurus

Pustakamuhibbin.club ~ KH. Nu’man Bashori Alwi adalah kakak kandung KH. Luthfi Bashori Alwi, Malang, yang namanya menjadi dikenal karena sikapnya yang kontroversial dan disebut menjabat sebagai Ketua NU Garis Lurus. Dalam acara Kopdar Kebangsaan bersama Gus Nuril, Gus Nu’man membeberkan riwayat adiknya dari masa kecil sampai menjadi terkenal saat ini. Berikut adalah transkrip lengkapnya dengan beberapa perbaikan susunan bahasa:

Sebenarnya kemunculan NU Garis Lurus itu hanya sekadar kata-kata saja. Awalnya adik saya ini (Luthfi Bashori) tidak ada yang aneh-aneh. Namun sewaktu baru akan tamat dari Madrasah Ibtidaiyah (setingkat SD), saat itu pesantren abah saya (KH. Bashori Alwi) di Malang kedatangan tamu dari Mekkah yaitu Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki. Saat dijamu dan duduk bersama keluarga, Sayyid Muhammad sembari menepuk bahu tiba-tiba berkata kepada Luthfi Bashori kecil, “Kamu ikut saya saja!”

Sejak saat itu Luthfi Bashori berhenti dari sekolah dan dipersiapkan untuk berangkat ke Mekkah. Lalu berangkatlah Luthfi Bashori kecil yang belum lulus Madrasah Ibtidaiyah ke Mekkah al-Mukarromah. Karena Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki waktu itu belum dikaruniai anak laki-laki, maka Luthfi Bashori kecil dijadikan sebagai anak angkatnya.

Iklan Layanan Masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here