[KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral

5

[KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral - 4270717135 678x381 - [KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral

Melaui Bentang Pustaka, penerbit yang menerbitkan dua buku Audrey, orang tua Audrey mengklarifikasi bahwa Audrey tidak pernah ketemu dengan Presiden Joko Widodo, Audrey tidak pernah bekerja di NASA dan ditawari pekerjaan di BPPT serta Audrey masih S1 dan sedang mengambil S2/S3 di Amerika. Terkait kejeniusan Audrey dibenarkan oleh Bentang Pustaka. Dua buku Audrey yang diterbitkan oleh penerbit tersebut yaitu Yellow Mellow Drama (2014) dan Mencari Sila Kelima (2016).

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI

=============================================
Kategori : KLARIFIKASI
=============================================

Informasi mengenai seorang anak muda jenius dan berprestasi, Audrey Yu Jia Hui, viral dalam dua hari terakhir. Salah satu informasi yang menyebar di media sosial adalah sebagai berikut :

“Audrey Yu Jian Hui, arek suroboyo asli. Kecerdasan dan kepintarannya luar biasa. SD ditempuh 5 th, SMP ditempuh 1 th, SMA ditempuh 11 bln semuanya di Surabaya. Usia 13 thn dia mau msk Universitas di Indonesia tdk ada yg mau menerima.
Akhirnya dia memutuskan kuliah di AS tepatnya di Virginia. S-1 dan S -2 ditempuh hanya 3 th. Dgn ijasah S-2 nya dia mau msk ke TNI, tdk bs diterima krn usianya krg dr 17 th. Dia punya 2 gelar sarjana, Fisika dan Bahasa.
Dia aktif menulis buku tentang Indinesia dan jd best seller di seluruh Dunia. Bukunya yg terkenal adlh Indonesia Tanah Airku, Aku Cinta Indonesiaku. Krn gagal msk TNI dia memutuskan ambil S-3 di Paris jg ambil 2 bidang Fisika dan Bahasa. Lulus diusia krg dr 25 thn.
Dia lgsg diterima kerja di Badan Antariksa Amerika (NASA) dgn gaji 200 jt/bln. Stlh ketemu Jokowi di KTT G-20 di Jepang kmrn, ditawari msk ke BPPT dan dgn antusias dia terima tanpa mikir brp gajinya. Dia hanya blg Indonesia Love You. Aku datang u/ mengabdi padamu …..Terharu”

Sumber : Akun twiiter @nithasist (twitter.com/nithasist) – Tweet sudah tidak bisa diakses. Tangkapan layar diambil dari http://bit.ly/30jSGTo

[KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral - 4270717135 - [KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral

=============================================

PENJELASAN

Beragam informasi yang beredar itu tidak sepenuhnya benar. Ada fakta, dan ada pula yang tidak benar sehingga perlu diklarifikasi. Pihak Bentang Pustaka, penerbit yang mencetak buku karangan Audrey yang berjudul Mellow Yellow Drama dan Mencari Sila Kelima memberikan klarifikasi melalui akun Twitter Bentang Pustaka, @bentangpustaka pada Senin (8/7/2019).

Melalui twitnya, Bentang menyatakan bahwa ada informasi hoaks soal Audrey.

Berikut bunyi klarifikasi dari keluarga Audrey seperti yang diunggah akun Bentang Pustaka:

Dengan hormat
Bersama ini, saya Budi Loekito (Orang Tua nya Audrey) bermaksud memberikan klarifikasi sebagai berikut:

1. Audrey tidak pernah ketemu dengan bpk. Presiden Jokowi
2. Audrey Tidak pernah bekerja di NASA
3. Audrey masih S1 dan sedang mengambil S2/S3 di Amerika

Semoga penjelasan diatas bisa menjernihkan berita yang beredar saat ini

“Meskipun partisipasi #Audrey di NASA dan tawaran pekerjaan di BPPT itu hoax, tetapi kejeniusannya merupakan sebuah kebenaran. #Audrey yang bernama lengkap Audrey Yu Jia Hui ini merupakan perempuan keturunan Tionghoa yang dinobatkan sebagai satu dari 72 duta prestasi Indonesia dalam pagelaran Festival Prestasi Indonesia,” tulis akun Bentang Pustaka.

Terlepas dari itu, jika informasi viral tentang Audrey Yu tersebut ditelisik lebih mendalam, sebenarnya mengandung sejumlah kejanggalan.

1. Audrey Yu disebutkan menulis buku terlaris di seluruh dunia berjudul ‘Indonesia Tanah Airku, Aku Cinta Indonesiaku’. Bagian ini terkesan ganjil lantaran Audrey Yu memang penulis buku, namun judulnya adalah Mellow Yellow Drama dan Mencari Sila Kelima yang aslinya berjudul Mencari Tong Bao. Kedua buku ini terdapat ulasannya di Goodreads sedangkan buku bertajuk ‘Indonesia Tanah Airku, Aku Cinta Indonesiaku’ tidak ditemukan. Buku tersebut juga belum meraih best seller global.
2. Audrey Yu diceritakan mendaftar TNI namun ditolak karena belum cukup umur. Sebagai seorang anak jenius, tentu Audrey tahu syarat masuk menjadi anggota TNI.
3. Pertemuan Audrey Yu dengan Jokowi juga dirasa ganjil. Idealnya, sangat sulit bagi seseorang untuk bertemu dengan kepala negara tanpa kapasitas apa pun. Mengingat KTT G-20 adalah pertemuan kepala negara seperti Donald Trump dan negara-negara maju lainnya. Selain itu, jika pertemuan antara Audrey dan Jokowi pernah dilakukan, semestinya sudah ada dokumentasi resmi.
4. Jika Audrey Yu benar direkrut NASA setelah lulus kuliah, hal ini merupakan sebuah prestasi yang tentu telah menjadi sorotan berbagai media termasuk media Amerika Serikat. Sayangnya, entry terkait Audrey Yu dan NASA tak ditemukan meski dalam situs resmi NASA.
Saat menerima informasi sebaiknya masyarakat bersikap kritis dan tak serta-merta mempercayainya sebagai sebuah kebenaran. Walaupun hoax tentang Audrey Yu bukan bersifat negatif, kebohongan tetaplah kebohongan.

[KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral - Screenshot 2244 - [KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral
[KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral - Screenshot 2245 - [KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral
[KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral - Screenshot 2253 1024x558 - [KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral
[KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral - Screenshot 2254 1024x659 - [KLARIFIKASI] Fakta dan Hoax Tentang Audrey Yu, Sosok Jenius yang Viral

REFERENSI :
https://twitter.com/bentangpustaka/status/1148120501815894016
https://www.wartabromo.com/2019/07/08/fakta-dan-hoax-tentang-audrey-yu-sosok-jenius-yang-viral
https://news.detik.com/berita/d-4615611/awas-hoax-kabar-viral-audrey-yu-jia-hui-bertemu-jokowi-tidak-benar
https://nasional.kompas.com/read/2019/07/08/19260011/viral-soal-audrey-yu-jia-hui-ini-klarifikasi-lengkapnya
https://www.viva.co.id/digital/digilife/1163677-termakan-hoax-audrey-yu-jokowi-dari-4-hal-ini-sudah-janggal
https://kumparan.com/berita-heboh/klarifikasi-orang-tua-audrey-perempuan-yang-dikabarkan-kerja-di-nasa-1rQbETjxQX3
https://katadata.co.id/berita/2019/07/08/viral-disebut-calon-menteri-audrey-yu-tak-pernah-bekerja-di-nasa
https://www.suara.com/news/2019/07/08/143158/diusul-jadi-menteri-jokowi-ini-kejanggalan-kisah-viral-profesi-audrey-yu
https://lifestyle.okezone.com/read/2019/07/08/612/2076218/audrey-yu-jian-hui-wanita-surabaya-yang-viral-ternyata-tidak-diterima-di-nasa
https://pers.droneemprit.id/mengapa-hoaks-tentang-audrey-yu-mudah-viral/
https://audreyyujiahui.com/about-me/




Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here