Masih Bolehkah Makan Sahur Saat Adzan Subuh

18
Masih Bolehkah Makan Sahur Saat Adzan Subuh

Akhir-akhir ini sedang viral video pengajian yang isinya membolehkan makan dan minum bagi yang hendak puasa, meski adzan subuh sudah dikumandangkan. Demikian meyakinkan penyampaian ustadz tersebut, bahkan ditunjang oleh para pendukungnya dengan menampilkan hadis-hadis, sehingga membuat sebagian masyarakat benar-benar terpengaruhi, terutama yang sedikit atau bahkan tidak memiliki dasar pemahaman tentang agama sebelumnya.

Tentu saja hal ini membuat masyarakat awam menjadi bingung, karena selama ini yang dipahami dari pelajaran yang diberikan oleh para guru baik di sekolah umum terlebih di madrasah, bahwasanya puasa menahan makan, minum, dan lain-lain yang dapat membatalkan itu dimulai sejak terbit fajar sidik (waktu subuh) sampai terbenamnya matahari (waktu magrib).

Lantas bagaimana sebenarnya masalah tersebut? Sebenarnya sederhana saja, bagi kita orang awam, praktika mana yang umum diamalkan dan menjadi pendapat mayoritas ulama, atau bahkan menjadi kesepakatan para ulama, maka secara normatif itulah yang layak kita ikuti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here