The news is by your side.

Miliki Kebanggaan Pada Diri

Miliki Kebanggaan Pada Diri | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa BaratKebanggaan pada keberadaan diri kita, merupakan bentuk adanya rasa percaya diri, yang menghantarkan pada rasa syukur atas karunia Allah yang kita rasakan dan miliki.

Pengaruh dari rasa percaya diri ini, merupakan perjalanan panjang setelah kita melampaui proses-proses pencarian jati diri kita sebagai seorang hamba…

Hingga akhirnya kita tahu, bagaimana posisi diri kita ketika di tempatkan di tengah masyarakat yang majemuk, yang membuat kita makin yakin, bahwa kita bisa memberi kontribusi kebermanfaatan diri terbaik dan lebih ditengah masyarakat kita, sesuai kapasitas diri yang kita miliki.

Kapasitas diri, sebagai bentuk eksistensi kita, terbentuk bagaimana kita luwes dan luas dalam membangun hubungan baik dengan banyak manusia.

Bisa bermula dari lingkungan setempat, sebagai pengurus lingkungan, lalu ke level yang lebih tinggi lagi, kemudian beranjak naik, dan akhirnya terus ternaiki tangga-tangga pergaulan masyarakat yang lebih tinggi lagi.

Bersyukurlah akan keberadaan teman-teman kita yang saling mendukung. Mereka percaya pada kita, dan kita bisa memperlihatkan kapasitas dan integras kita yang memang dibutuhkan oleh banyak kalangan, dengan tidak mencederai kepercayaannya itu.

Bersyukurlah atas ilmu yang kita miliki, ilmu membawa kita pada pemahaman, keluasan cara berpikir, pandangan-pandangan, gagasan, ide, dan kreatifitas kita, yang akhirnya bisa menghantarkan kita, mampu mewarnai kehidupan masyarakat yang baik, kondusif, menyenangkan, hingga terasa masyarakat kita menemukan apa yang mereka dambakan dalam berkehidupan sosialnya.

Tak mudah meningkatkan kwalitas diri bila kita tak terjun langsung ikut berproses.

Keterlibatan kita dalam pergaulan kehidupan, harus bisa mengambil peran-peran sentral yang akan mengasah kemampuan kita secara bertahap menjadi lebih hebat.

Kita adalah manusia pilihan.
Maka harus disadari pergaulan kita pun, diusahakan harus bisa masuk ke kalangan orang-orang yang bisa menginspirasi kita untuk menjadi sosok yang lebih baik secara kwalitas dari sebelumnya.
Berkawan lah dengan mereka yang memiliki dedikasi, integritas diri, dan dapat dipercaya, dekatlah dengan mereka semuanya.

Sebab perkawanan dan kedekatan, akan mampu membentuk kepribadian kita jadi lebih berkarakter, lebih baik, dan lebih mampu menjadikan manusia unggul yang diperlukan masyarakat kita yang mendambakan keteladan.

Maka jadilah teladan terbaik dan jangan mengecewakan mereka, para orang-orang terdekat yang mencintai kita.

Sekali kita mengecewakan mereka, maka reputasi yang sudah kita dapat secara susah payah untuk membangun kepercayaan, akan jatuh meluncur dari ketinggian, hingga kita mati remuk redam, dan Tuhanpun tak mampu mengangkat reputasi kita, sebab kita yang merusak kepercayaan itu…hingga bisa jadi akan tamat kepercayaan orang pada kita… nauzubillah.

Adakah manusia yang seperti itu ?
Sangat ada !

Kenapa bisa seperti itu ?
Karena ia tamak, dan mulai muncul ego dan kesombongan dirinya.

Maka jadilah pribadi baik yang mampu terus berproses menyempurnakan kebaikan diri. Kebaikan akan terus di ingat, dan penghianat akan kepercayaan tak bisa di lupakan.

Maka banggalah pada diri kita yang sekarang ini mungkin sedang meniti kebaikan diri, berjuang jadi diri lebih baik, dan kebaikan diri jadi tujuan kita…untuk mencapai Maqom manusia paripurna, manusia insan Kamil, yang bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Alhamdulillah
Semoga bermanfaat.
Bambang Melga Suprayogi M.Sn
Ketua LTN NU kab Bandung

Leave A Reply

Your email address will not be published.