The news is by your side.

Pentingnya Mengenalkan Kebersihan pada Anak Usia Dini

Pentingnya Mengenalkan Kebersihan pada Anak Usia Dini | NU Online LTN Nahdlatul Ulama Jawa Barat

Dina Nurin al Aulia – Kebersihan lingkungan sangat erat kaitannya dengan kesehatan, lingkungan yang bersih akan menjauhkan kita dari serangan virus dan juga penyakit. Maka dari itu, pembiasaan hidup bersih sangat diajurkan untuk ditanamkan kepada anak usia dini. Hal ini diharapkan agar kebiasaan menjaga kebersihan akan terus dibawanya sampai beranjak dewasa. Menjaga kebersihan merupakan salah satu upaya kita untuk melestarikan lingkungan yang terhindar dari virus dan penyakit. Dengan lingkungan yang bersih akan menciptakan suasana nyaman dan sehat.

Sudah menjadi suatu hal yang biasa ketika anak- anak bermain dan pulang dalam kondisi kotor, namun ketika anak tersebut sudah diberikan pengertian akan pentingnya menjaga kebersihan dia akan dengan senang hati membersihkan diri dan menghindari lingkungan kotor seperti tidak bermain air pada genangan- genangan kotor dan tidak membuang sampah sembarangan.

Lingkungan yang kotor sangat rawan dengan penyakit dan kuman, lingkungan kotor juga memiliki banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan seseorang terutama pada anak- anak. Misalnya saja ketika ada pencemaran udara dikarenakan polusi pabrik. Hal ini sangat menngganggu sistem pernafasan pada diri seseorang ataupun katika ada pencemaran sungai karena banyaknya sampah yang di buang sembarangan, hal ini juga termasuk ladang penyakit dan termasuk tempat perkembangbiakan nyamuk.

Disamping banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan oleh lingkungan kotor. Dalam agama islam menjaga kebersihan merupakan suatu hal yang penting. Allah lebih menyukai hal – hal yang bersih, maka dari itu kita sebagai umat islammemiliki kewajiban untuk menjaga kebersihan. Karena dalam sebuah hadis dalam kitab shahih muslim nomer 328 telah dengan jelas dikatakan bahwa kebersihan merupakan separuh dari keimanan. Hadis itu berbunyi :

حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ مَنْصُورٍ حَدَّثَنَا حَبَّانُ بْنُ هِلَالٍ حَدَّثَنَا أَبَانُ حَدَّثَنَا يَحْيَى أَنَّ زَيْدًا حَدَّثَهُ أَنَّ أَبَا سَلَّامٍ حَدَّثَهُ عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْعَرِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الطُّهُورُ شَطْرُ الْإِيمَانِ

Artinya : ‘’Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Manshur, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Habban bin Hilal, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Aban, ia berkata: Telah menceritakan kepada kami Yahya, bahwa Zaid telah menceritakan kepadanya, bahwasanya Abu Sallam telah menceritakan kepadanya, dari Abu Malik al-Asy’ari, ia berkata: Rasulullah ﷺ bersabda: “Bersuci merupakan separuh keimanan…’’

Dari hadis diatas dapat kita pahami bahwa kita harus selalu menjaga kebersihan jasmani maupun rohani. Seperti yang sudah diajarkan oleh nabi kepada kita semuanya.

Dibawah ini merupakan hal- hal yang dapat dibiasakan orang tua pada anak sejak usia dini

  1. Membuang sampah pada tempatnya
    Membuang sampah pada tempatnya merupakan satu contoh kecil yang dapat kita biasakan kepada anak sejak kecil. Hal ini memang terlihat sangat remeh namun dapat membantu anak pada masa yang akan datang. Kesadaran masyarakat tentang pentingnya membuang sampah pada tempatnya memiliki penurunan yang cenderung sangat tinggi, pada maka kini oleh karena itu pembiasaan ini sangat perlu diterapkan kepada generasi muda guna menciptakan lingkungan yang lebih bersih. Kita juga perlu memberika penjelasan kepada anak- anak bahaya yang ditimbulkan oleh sampah yang dibuang sembarangan agar anak lebih memahami dan disiplin terhadap menjaga kebersihan.
  2. Ajak anak dalam menjaga kebersihan rumah
    Rumah merupakan tempat awal belajar seorang anak dan anak selalu meniru kebiasan orang tua ketika di rumah. Misalnya ketika ibu menyapu ataupun beres- beres mainan anak. Anak akan dengan nalurinya mencontoh prilaku ibunya. Dan dalam fase tersebut orang tua jangan sampai melarang, sebab hal ini dapat menghemat tenaga ketika anak sudah dewasa, orang tua sudah tidak perlu marah- marah hanya karena meminta anak bersih- bersih rumah.
  3. Membiasakan menjaga kebersihan badan
    selain lingkungan yang bersih orang tua juga perlu membiasakan hidup bersih kepada anak seperti mandi dua kali sehari dan mencuci tangan dengan baik. Membiasakan anak untuk mandi dan juga mencuci tangan merupakan salah satu contoh untuk menjaga kesehatan tubuh agar selalu terhindar dari virus maupun bakteri. Pembiasaan mencuci tangan dapat kita biasakan ketika anak selesai bermain,dan akan makan.
  4. Pengenalan lingkungan yang sehat
    Pengenalan lingkungan ini merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh orang tua agar anak mengenali mana lingkungan yang nyaman dan sehat. Hal ini dapat dilakukan dengan cara memperlihatkan gambar lingkungan bersih dan juga lingkungan kotor. Dan mereka akan memilih yang mana menurut mereka lingkungan yang nyaman untuk bermain. Dan sesekali ajak mereka secara langsung untuk mengamati kedua perbedaan lingkungan yang kotor dan lingkungan yang bersih.
  5. Berkebun
    berkebun merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan, dengan berkebun orang tua dapat mengajarkan pad anak cara merawat dan melestarikan alam. Salah satunya dengan menghijaukan halaman rumah. Beri pengertian pada anak pentinnya pohon bagi ekosistem udara. Dan ajarkan anak cara menanam bunga maupun merawat bunga dan juga pohon yang ada disekitar mereka.
Penulis
dina nurin al aulia
Leave A Reply

Your email address will not be published.