[SALAH] 44 Orang Tenaga Kesehatan Positif Covid di RS Tipe B Parepare

19

[SALAH] 44 Orang Tenaga Kesehatan Positif Covid di RS Tipe B Parepare

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia).

Pesan berantai palsu. Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Renny Anggraeni Sari mengatakan kabar tersebut hoaks. Saat ini RSUD Andi Makkasau tangah merawat 36 pasien positif COVID-19, yaitu 35 orang pasien warga Kota Parepare dan 1 orang dari luar kota.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: FABRICATED CONTENT/KONTEN PALSU

= = = = =

SUMBER: WHATSAPP

[SALAH] 44 Orang Tenaga Kesehatan Positif Covid di RS Tipe B Parepare

= = = = =

NARASI:

“Rekan2 yg sm berbahagia, jika tdk pux kepentingan yg mendesak di rsu type b pare2, baik kirax dtunda atau ditahan dl. Terhitung smp hari ini tenaga kesehatan disana adalah 44 org penderita covid. Bangsal dan kamar2 tlh penuh penderita covid tetapi rsu type b tdk dtutup oleh pemkot pare2. Seperti halx rumkit di sidrap. Demikian info terkini”.

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pesan berantai Whatsapp yang mengimbau masyarakat agar tidak mengunjungi RSU Tipe B Parepare karena terdapat 44 tenaga kesehatan (Nakes) yang positif Covid-19.

Menanggapi isu tersebut, RS tipe B Parepare, Rumah Sakit Andi Makkasau Kota Parepare, Sulawesi Selatan, menepis kabar yang menyebut 44 tenaga kesehatan (nakes) di RS tersebut positif COVID-19. Informasi tersebut dipastikan hoax alias kabar bohong.

“Itu hoax, sama sekali tidak benar (44 nakes di RS Andi Makkasau positif COVID),” ujar Direktur RS Andi Makkasau Renny Angraeny dilansir dari detik.com. Senin, 14 Desember 2020.

Saat ini RS Andi Makkasau tengah merawat 36 pasien positif COVID-19, yaitu 35 orang pasien warga Kota Parepare dan 1 orang dari luar kota. Manajemen RSUD Andi Makkasau juga makin memperketat penerapan protokol kesehatan sejak awal Desember lalu. Lebih lanjut, Reny mengatakan masyarakat, khususnya warga Parepare, diminta tidak mempercayai kabar bohong tersebut dan tidak ikut menyebarkan pesan yang beredar. Dari penelusuran di atas, pesan berantai yang menyebut 44 nakes positif Covid-19 di RS tipe B Parepare masuk kategori Konten Palsu.

= = = = =

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here