[SALAH] “5 cara utk meningkatkan ANTI BODY” dari Regu Pembasmi Covid-19

7

[SALAH] “5 cara utk meningkatkan ANTI BODY” dari Regu Pembasmi Covid-19

Hasil Periksa Fakta Natalia Kristian (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

Informasi yang salah. Tidak ada informasi resmi dari Regu Pembasmi Covid-19 tentang hal tersebut dan narasi sudah dimodifikasi dari yang sudah pernah beredar pada bulan Oktober 2020 lalu.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: Konten yang menyesatkan/Misleading Content

= = = = =

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/TtyUy

[SALAH] “5 cara utk meningkatkan ANTI BODY” dari Regu Pembasmi Covid-19

= = = = =

NARASI:

“Para Dokter di dunia ( Regu Pembasmi Covid19 ) menyarankan, pandemic ini cepat atau lambat akan menular secara global, dan tidak dpt dihindari.
Most important is: tingkatkan daya tahan tubuh, dan dia juga memberikan 5 cara utk meningkatkan ANTI BODY:
Tidak bisa hanya mengandalkan MASKER dan CUCI TANGAN. Teman2 dan Saudara2 sekalian, sebaiknya cepat2 meningkatkan ANTI BODY masing2.
Bagaimana caranya membuat ANTI BODY dlm waktu singkat?

  1. Setiap hari Harus Cukup Masa Tidur Minimum 7 JAM. Bagi orang2 yg masa tidur kurang dari 7 jam, akan mengalami penurunan ANTI BODY nya.
  2. Diwajibkan makan secara ‘BAGUS’. Bukan maksud makan makanan yg mewah, tetapi maksudnya makan makanan yg ber PROTEIN tinggi.
    Dan INGAT jangan makan GULA. Begitu makan gula, reaksinya adalah menghentikan pembentukan Cell DARAH PUTIH selama 5 jam. Begitulah pentingnya memperbaiki pola makan kita.
  3. Covid19 telah membentuk system pola hidupnya. Begitu memasuki musim dingin akan berkembang lebih cepat. Maka diperlukan banyak berjemur MATAHARI untuk membantu process terbentuknya vitamin D dlm darah.
    Para Ahli Medis juga menemukan bahwa bagi orang yg rutin mengkonsumsi Vitamin D secara teratur, resiko kena infeksi tenggorokan menurun sekitar 60%. Jika tidak sempat berjemur matahari, boleh makan Vitamin D tablet sesuai dosis yg dianjurkan.
  4. Begitu pulang dari kantor, segera berkumur boleh dgn apa saja: Air panas, Air Garam hangat, Listerin, Teh hijau, semuanya berkhasiat sama.
  5. Para Dokter juga menegaskan… pihak research dari Jepang, Israel, Finlandia telah menemukan bahwa dgn mandi AIR PANAS sekali dlm sehari, hasilnya meningkatkan suhu badan yg dpt mengurangi resiko tertular Covid19.
    Para Ahli Medis ini juga memberitahu, kita cukup melakukan 4x mandi AIR PANAS dlm seminggu, resiko tertular Covid19 akan menurun sekitar 40%. Cukup Mandi Air Panas dgn suhu 40 derajat Celsius dan selama 5 menit sudah CUKUP.
    Tidak perlu panik, selalu cuci tangan dan berkumur-kumur, pakai masker, hindari kerumunan.
    Semoga Sehat Selalu
    […] (narasi dilanjutkan setelah bagian Referensi)

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar sebuah postingan dari akun Facebook Esculanto Edhi Hanantoro berisikan narasi 5 cara untuk meningkatkan antibodi tubuh yang merupakan saran dari Regu Pembasmi Covid-19. Postingan ini disukai sebanyak 62 kali, dikomentari sebanyak 20 kali, dan disebarkan kembali 25 kali.

Setelah ditelusuri, narasi yang dimodifikasi ditemukan pada artikel dari tirto.id yang berjudul “Hoaks/Fakta: Pesan tentang COVID-19 dari Zhong Nanshan” yang dipublikasikan pada 2 Oktober 2020. Beberapa poin dari narasi tersebut ada benarnya seperti meningkatkan antibodi tubuh dengan tidur minimal 7 jam dan makan makanan berprotein tinggi tetapi ada beberapa poin lainnya yang kurang tepat dan tidak benar. Berdasarkan dari hasil penelitian ilmuwan di QIMR Berghofer Medical Research Institute di Australia. Ternyata vitamin D ada kemungkinan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan dan meringankan kasus Covid-19 yang parah tetapi vitamin D tidak melindungi dari infeksi tenggorokan dan tidak secara nyata meningkatkan kecepatan pemulihan. Tata cara untuk berkumur dengan air panas atau air garam sudah pernah dicantumkan pada artikel turnbackhoax.id yang berjudul “[SALAH] Pesan Berantai “Salah Satu Cara Untuk Menangkis Virus Covid-19 Dengan Air Garam dan Air Hangat”” yang menjelaskan tidak adanya bukti ilmiah yang mendukung khasiat dari berkumur air garam atau air hangat dapat menyembuhkan ataupun mencegah infeksi Covid-19.

Artikel dari The American Journal of Clinical Nutrition yang berjudul “Role of sugars in human neutrophilic phagocytosis” menjelaskan bahwa mengkonsumsi gula (glukosa) secara berlebihan dapat mengurangi kemampuan sel darah putih melawan bakteri selama 5 jam. Mandi dengan air panas juga tidak terbukti mencegah terinfeksi Covid-19.

Melihat dari penjelasan tersebut, klaim saran dari Regu Pembasmi Covid-19 tentang 5 cara untuk meningkatkan antibodi tubuh adalah tidak benar sehingga termasuk dalam kategori Konten yang menyesatkan/Misleading Content.

= = = = =

REFERENSI:

https://tirto.id/hoaksfakta-pesan-tentang-covid-19-dari-zhong-nanshan-f44e

https://academic.oup.com/ajcn/article-abstract/26/11/1180/4732762

https://www.hsph.harvard.edu/india-center/myths-vs-facts/

https://www.kompas.com/sains/read/2021/01/17/130500923/vitamin-d-tak-mencegah-penyakit-pernapasan-hanya-bantu-redakan-gejala

https://turnbackhoax.id/2020/09/05/salah-pesan-berantai-salah-satu-cara-untuk-menangkis-virus-covid-19-dengan-air-garam-dan-air-hangat/

Penulis: Natalia Kristian
Editor: Bentang Febrylian

[SALAH] “5 cara utk meningkatkan ANTI BODY” dari Regu Pembasmi Covid-19
[SALAH] “5 cara utk meningkatkan ANTI BODY” dari Regu Pembasmi Covid-19
[SALAH] “5 cara utk meningkatkan ANTI BODY” dari Regu Pembasmi Covid-19
[SALAH] “5 cara utk meningkatkan ANTI BODY” dari Regu Pembasmi Covid-19
[SALAH] “5 cara utk meningkatkan ANTI BODY” dari Regu Pembasmi Covid-19

= = = = =

(Lanjutan narasi) […]Ini Kiat khusus untuk teman” yg berusia 50-60 thn, lebih khusus lagi bagi di atas 70 thn .
1.Menunda perjalanan jauh dgn pesawat udara.

  1. Jangan makan makanan di kedai atau warung.
  2. Hindari pergi ke acara pernikahan yang tidak perlu sekali, atau upacara serupa lainnya.
  3. Jangan melakukan perjalanan dgn bus atau KA bila tidak mendesak sekali.
  4. Jangan pergi ke pasar basah.
  5. Disiplin mengikuti norma sosial jaga jarak.
  6. Hindari kontak dari orang yang menderita batuk atau flu.
  7. Tetap pakai masker ke mana dan pd saat apa pun*.
  8. Berhati-hatilah menjaga kesehatan anda, terutama saluran pernapasan anda.
  9. Jangan biarkan diri anda berada dalam keramaian apapun di sekitar Anda.
  10. Lbh baik makanan vegetarian, masak dirumah
  11. Jangan pergi ke Cinema.
  12. Tingkatkan kekebalan tubuh dengan makan vitamin, sayur mayur atau buah2an segar, bukan import.
  13. sangat berhati-hati saat berada di toko2, salon kecantikan, atau tukang cukur.
  14. Selalu WASPADA dan hindari pertemuan atau reuni sesama usia atau seangkatan.
    Selalu Ingat olah raga setiap hari.
    Usahakan berjemur di bawah sinar matahari, antara pkl 08:00 – 10:00. Cukup 15 menit.
    Olah raga pagi usahakan di ruangan terbuka.
  15. Ancaman CORONA blm berakhir atau lenyap
  16. Jangan memakai gelang, anting, cincin, atau jam tangan, saat Anda keluar.
    Merokok bersama dan saling berdekatan dgn teman, sangat berbahaya. Hindari minum kopi di warkop.
    Bagi yg wanita sebaiknya juga tdk membawa tas, kecuali di sterilisasi setelah digunakan dari luar.
  17. Tidak ada saputangan tangan. *Pakailah sanitiser & tissue basah jika diperlukan.
  18. Jangan bawa sepatu – sandal ke dlm rumah Anda. Tinggalkan di teras luar*.
  19. Mandi atau cuci badan Anda setelah dari bepergian atau dari tempat banyak orang.
  20. Ketika Anda telah membezuk atau mendekati pasien yang dicurigai menderita covid-19, segera mandi dengan seksama.
    Mari BPK ( Berbagi Peduli Kondisi )
    Semoga Tulisan Diatas bermanfaat bagi saudara dan Teman Teman”

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here