[SALAH] “5G Hanya Chipnya Diganti”

19

[SALAH] "5G Hanya Chipnya Diganti"

5G TIDAK sesederhana Chip atau perangkat di sisi pengguna saja, meliputi standar jaringan dan perangkat di sisi operator ponsel juga.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

Iklan Layanan Masyarakat

======

KATEGORI

Konten yang Menyesatkan.

======

SUMBER

[SALAH] "5G Hanya Chipnya Diganti"

Page “Mardigu WP” (https://facebook.com/wowiek, https://archive.md/3NDZj), sudah dibagikan 19 ribu kali per tangkapan layar dibuat.

https://archive.md/5DGE4 (arsip cadangan).

======

NARASI

Cek narasi di dalam video, spesifiknya di bagian 5G, Chip, dan perangkat di sisi pengguna.

======

PENJELASAN

[SALAH] "5G Hanya Chipnya Diganti"

(1) First Draft News: “Konten yang Menyesatkan

Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”.

Selengkapnya di http://bit.ly/2rhTadC / http://bit.ly/2MxVN7S.

* SUMBER menyebut 5G “Hanya Chipnya diganti dengan yang lebih cepat” ke standar 5G yang TIDAK sesederhana Chip atau perangkat di sisi pengguna saja, karena meliputi standar jaringan dan perangkat di sisi operator ponsel juga.


[SALAH] "5G Hanya Chipnya Diganti"

(2) Salah satu artikel penjelasan mengenai standar 5G, emfexplained.info: “BAGAIMANA 5G BEKERJA?

Sebagian besar operator pada awalnya akan mengintegrasikan jaringan 5G dengan jaringan 4G yang ada untuk menyediakan koneksi berkelanjutan.

Arsitektur jaringan 5G menggambarkan 5G dan 4G bekerja bersama, dengan server pusat dan lokal menyediakan konten yang lebih cepat untuk pengguna dan aplikasi latensi rendah.

Jaringan seluler memiliki dua komponen utama, ‘Radio Access Network’ dan ‘Core Network’.

Radio Access Network – terdiri dari berbagai jenis fasilitas termasuk sel kecil, menara, tiang dan sistem in-building dan rumah khusus yang menghubungkan pengguna seluler dan perangkat nirkabel ke jaringan inti utama.

Sel kecil akan menjadi fitur utama jaringan 5G terutama pada frekuensi gelombang milimeter (mmWave) baru di mana jangkauan koneksi sangat pendek. Untuk menyediakan koneksi berkelanjutan, sel-sel kecil akan didistribusikan dalam kelompok tergantung di mana pengguna memerlukan koneksi yang akan melengkapi jaringan makro yang menyediakan cakupan area luas.

5G Macro Cells akan menggunakan antena MIMO (input ganda, banyak output) yang memiliki banyak elemen atau koneksi untuk mengirim dan menerima lebih banyak data secara bersamaan. Manfaat bagi pengguna adalah lebih banyak orang yang secara bersamaan dapat terhubung ke jaringan dan mempertahankan throughput yang tinggi. Di mana antena MIMO menggunakan elemen antena dalam jumlah sangat besar, antena ini sering disebut sebagai ‘MIMO masif’, namun ukuran fisiknya mirip dengan antena stasiun basis 3G dan 4G yang ada.

Core Network – adalah pertukaran seluler dan jaringan data yang mengelola semua suara seluler, data, dan koneksi internet. Untuk 5G, ‘jaringan inti’ sedang dirancang ulang untuk berintegrasi lebih baik dengan layanan berbasis internet dan cloud dan juga mencakup server terdistribusi di seluruh jaringan yang meningkatkan waktu respons (mengurangi latensi).

Banyak fitur canggih 5G termasuk virtualisasi fungsi jaringan dan pengirisan jaringan untuk berbagai aplikasi dan layanan, akan dikelola pada intinya. Ilustrasi berikut menunjukkan contoh server cloud lokal yang menyediakan konten yang lebih cepat untuk pengguna (streaming film) dan aplikasi latensi rendah untuk sistem penghindaran benturan kendaraan.”

Google Translate, selengkapnya di “5G DIJELASKAN – BAGAIMANA 5G BEKERJA” https://bit.ly/3h0Vvln / https://bit.ly/30nyMKm (arsip cadangan).

======

REFERENSI

Beberapa artikel lainnya,

[SALAH] "5G Hanya Chipnya Diganti"

(1) qualcomm.com: “T: Apa itu 5G?

A: 5G adalah jaringan seluler generasi ke-5. Ini adalah standar nirkabel global baru setelah jaringan 1G, 2G, 3G, dan 4G. 5G memungkinkan jenis jaringan baru yang dirancang untuk menghubungkan hampir semua orang dan segala sesuatu bersama-sama termasuk mesin, objek, dan perangkat.

T: Siapa yang menemukan 5G?

J: Tidak ada satu perusahaan atau orang yang memiliki 5G, tetapi ada beberapa perusahaan dalam ekosistem seluler yang berkontribusi untuk menghidupkan 5G. Qualcomm telah memainkan peran utama dalam menciptakan banyak teknologi dasar yang mendorong industri maju dan membuat 5G, standar nirkabel berikutnya.

Kami berada di jantung Proyek Kemitraan Generasi ke-3 ( 3GPP ), organisasi industri yang menetapkan spesifikasi global untuk UMTS 3G (termasuk HSPA), 4G LTE, dan teknologi 5G.

3GPP mendorong banyak penemuan penting di semua aspek desain 5G, dari antarmuka udara ke lapisan layanan. Anggota 3GPP 5G lainnya berkisar dari vendor infrastruktur dan produsen komponen / perangkat hingga operator jaringan seluler dan penyedia layanan vertikal.

T: Apa teknologi dasar yang membentuk 5G?

A: 5G didasarkan pada OFDM (Orthogonal frequency-division multiplexing), metode memodulasi sinyal digital di beberapa saluran yang berbeda untuk mengurangi gangguan. 5G menggunakan antarmuka udara 5G NR bersama prinsip-prinsip OFDM. 5G juga menggunakan teknologi bandwidth yang lebih luas seperti sub-6 GHz dan mmWave.

Seperti 4G LTE, 5G OFDM beroperasi berdasarkan prinsip jaringan seluler yang sama. Namun, antarmuka udara 5G NR baru dapat lebih meningkatkan OFDM untuk memberikan tingkat fleksibilitas dan skalabilitas yang jauh lebih tinggi. Ini dapat memberikan lebih banyak akses 5G ke lebih banyak orang dan berbagai hal untuk berbagai kasus penggunaan yang berbeda.

5G akan menghadirkan bandwidth yang lebih luas dengan memperluas penggunaan sumber daya spektrum, dari sub-3 GHz yang digunakan dalam 4G hingga 100 GHz dan seterusnya. 5G dapat beroperasi di kedua band yang lebih rendah (mis., Sub-6 GHz) serta mmWave (misalnya, 24 GHz ke atas), yang akan membawa kapasitas ekstrem, throughput multi-Gbps, dan latensi rendah.

5G dirancang untuk tidak hanya memberikan layanan broadband seluler yang lebih cepat dan lebih baik dibandingkan dengan 4G LTE, tetapi juga dapat berkembang ke area layanan baru seperti komunikasi yang kritis-misi dan menghubungkan IoT yang masif. Ini diaktifkan oleh banyak teknik desain antarmuka udara 5G NR baru, seperti desain subframe TDD mandiri baru.”

Google Translate, selengkapnya di “Semua yang perlu Anda ketahui tentang 5G.” https://bit.ly/3h8w01V / https://bit.ly/2ANEieA (arsip cadangan).


[SALAH] "5G Hanya Chipnya Diganti"

(2) ngmn.org: “5.3 5G Design Principles

Given the requirements stipulated earlier, and considering emerging technology trends, NGMN believes
that the 5G system should be designed based on the design principles illustrated in Figure 7. These
principles are further elaborated below.

Selengkapnya di “NGMN 5G WHITE PAPER” https://bit.ly/3cEDAxH / https://bit.ly/3eVGlw3 (cadangan).


[SALAH] "5G Hanya Chipnya Diganti"

(3) wikipedia.org: “5G

Artikel utama: 5G

5G adalah generasi yang saat ini dalam pengembangan. Ini menunjukkan fase utama berikutnya dari standar telekomunikasi seluler di luar standar 4G / IMT-Advanced saat ini .

NGMN Alliance atau Next Generation Mobile Networks Alliance mendefinisikan persyaratan jaringan 5G sebagai:

* Kecepatan data beberapa puluh Mb / s harus didukung untuk puluhan ribu pengguna.

* 1 Gbit / s untuk ditawarkan, secara bersamaan ke puluhan pekerja di lantai kantor yang sama.

* Beberapa ratusan ribu koneksi simultan harus didukung untuk penyebaran sensor besar-besaran.

* Efisiensi spektrum harus ditingkatkan secara signifikan dibandingkan dengan 4G.

* Cakupan harus ditingkatkan.

* Efisiensi pensinyalan ditingkatkan.

* Latensi harus dikurangi secara signifikan dibandingkan dengan LTE. [3]

Aliansi Jaringan Seluler Generasi Berikutnya merasa bahwa 5G harus diluncurkan pada tahun 2020 untuk memenuhi tuntutan bisnis dan konsumen. [4] Selain hanya menyediakan kecepatan lebih cepat, mereka memperkirakan bahwa jaringan 5G juga perlu memenuhi kebutuhan kasus penggunaan baru seperti Internet of Things (IoT) serta layanan seperti siaran dan komunikasi garis hidup pada saat bencana.

3GPPvvvvb telah menetapkan revisi awal, rilis Non-Standalone dari 5G yang disebut New Radio (NR). [5] Ini akan digunakan dalam dua cara, Mobile dan Fixed Wireless. Spesifikasi dibagi menjadi dua pita frekuensi, masing-masing FR1 (<6 GHz) dan FR2 (mmWave). [6] mengunjungi 5G, 6G & 7G”

Google Translate, selengkapnya di “Daftar generasi ponsel” https://bit.ly/375jCLp / https://bit.ly/2MzPCxw (arsip cadangan).


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here