[SALAH] “Akhirnya Jokowi Selesai Buat Tol Laut”

14

[SALAH] “Akhirnya Jokowi Selesai Buat Tol Laut”

Hasil Periksa Fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Pendidikan Indonesia)

Narasi yang salah. Video tersebut adalah rekaman dari jembatan penyebrangan ‘Jiaozhou Bay Bridge’ yang ada di negara China. Jembatan penyebrangan tersebut tidak ada hubungannya dengan Presiden Jokowi maupun Indonesia.

Iklan Layanan Masyarakat

= = = = =

KATEGORI: KONTEN YANG SALAH

= = = = =

SUMBER:

FACEBOOK: https://archive.vn/Tfkxt

YOUTUBE: https://archive.vn/wip/VHhQ5

= = = = =

NARASI:

“Akhirnya Jokowi Selesai Buat Tol Laut”

= = = = =

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Abdul Wahab Lihawa membagikan status pada tanggal 03/9/2020 di grup Facebook ‘Mahfud Menjawab’ berupa tautan video dari kanal Youtube dengan klaim Jokowi selesai membuat tol laut.

Setelah ditelusuri, video asli tersebut berasal dari kanal Youtube ‘Visit Qingdao,China’ dengan judul ‘Qingdao Jiaozhou Bay Bridge’. Video yang dirilis pada tanggal 10/4/2015 tersebut memperlihatkan suasana pagi hari di jembatan dari rekaman udara.

Jiaozhou Bay Bridge sendiri adalah jembatan panjang di atas permukaan laut di daerah China. Dilansir dari roadtraffic-technology.com, jembatan tersebut menghubungkan antara pulau Huangdao dan pelabuhan barat kota Qindao, China. Didesain oleh Shangdong Gausu Group sebuah perusahaan kontruksi dari tiongkok, pembangunan jembatan ini menghabiskan waktu dari tahun 2006 hingga 2010. Menurut pemberitaan liputan6.com, jembatan ini juga dinobatkan menjadi sebagai jembatan terpanjang di dunia yakni sepanjang 164 kilometer.

Sementara itu dilansir dari kompas.id, yang dimaksud dengan proyek Tol Laut oleh pemerintahan Presiden Jokowi adalah penyediaan sistem distribusi logistik menggunakan kapal besar yang menghubungkan pelabuhan di jalur utama atau rute utama. Rute utama tol laut adalah Nanggroe Aceh Darussalam, Jakarta, Surabaya, Nusa Tenggara, Maluku, sampai Papua.

Dari penelusuran di atas, video yang di klaim sebagai tol laut sebenarnya adalah jembatan penyebrangan ‘Jiaozhou Bay Bridge’ yang ada di China, berbeda dengan program Tol Laut versi pemerintahan Presiden Jokowi yakni berupa kapal untuk mengangkut logistik. Jokowi maupun Indonesia tidak terlihat secara langsung dengan pembangunan jembatan tersebut, sehingga status di atas masuk kategori Konten yang Salah.


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here