[SALAH] Akun Twitter Bank BRI Menyediakan Pelayanan Melalui Whatsapp

18

[SALAH] Akun Twitter Bank BRI Menyediakan Pelayanan Melalui Whatsapp

Hasil periksa fakta Rahmah An Nisaa (Uin Sunan Ampel Surabaya).

Akun tersebut palsu. Pihak Bank BRI melalui akun Twitter resminya menyatakan kepada nasabah agar berhati-hati terhadap akun palsu dan indikasi penipuan.

Iklan Layanan Masyarakat

===

[KATEGORI]:

Konten Tiruan / Imposter Content

===

[SUMBER]: TWITTER

[SALAH] Akun Twitter Bank BRI Menyediakan Pelayanan Melalui Whatsapp

https://archive.vn/6BqLw
https://twitter.com/BRI_ID1

===

[NARASI]:

“@BRI_ID1”

===

[PENJELASAN]:

Beredar sebuah akun Twitter mengatasnamakan Bank BRI bernama “@BRI_ID1”. Terlihat akun tersebut baru bergabung pada November 2020 lalu. Akun tersebut mengarahkan nasabah ke sebuah nomor Whatsapp.

Akun tersebut memiliki 10 pengikut di Twitter. Akun ini cukup aktif membalas pertanyaan dan keluhan. Twit balasan terakhir dilihat pada 28 November 2020.

Menanggapi hal tersebut, pihak Bank BRI memberikan klarifikasi melalui akun resmi Twitter Bank BRI yang bercentang biru @BANKBRI_ID dan memiliki sekitar 162.900 pengikut.

Berikut klarifikasi lengkap oleh @BANKBRI_ID:

“Hai Kak. Mohon berhati-hati terhadap akun palsu & indikasi penipuan. Akun @BRI_ID1 adalah akun palsu. Pastikan Kakak tidak menginformasikan data seperti nomor kartu, kode CVC, Exp Date kartu (1).” tulis Bank BRI dalam akun resmi Twitternya pada 26 November 2020, saat menjawab keluhan nasabah.

Kasus serupa pernah terjadi sebelumnya. Ditinjau dari berita yang beredar mengenai pelayanan nasabah via Whatsapp, pernah terjadi kepada Bank BNI. Dilansir dari turnbackhoax.com, dengan judul “Pelayanan Bank BNI Melalui Whatsapp“, format yang digunakan ialah memakai logo Bank BNI yang seolah-olah akun aslinya.

akun Twitter @BRI_ID1 yang menyediakan layanan Whatsapp adalah hoaks, dan termasuk kategori konten tiruan atau imposter content.

===

[REFERENSI]:



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here