[SALAH] “Al Quran terjemahan baru Al Maidah 51”

12


Hoaks daur ulang dan sudah diklarifikasi oleh pihak Kementerian Agama pada tahun 2016. Adapun, hoaks tersebut sudah pernah dibahas dalam dua artikel periksa fakta dengan judul [SALAH] “Ide alqur’an nusantara sdh mulai direalisasikan” dan [SALAH] Al Quran terjemahan baru Al Maidah 51, “pemimpin” sudah berganti dengan “teman setia” di laman turnbackhoax.id.

=====

Iklan Layanan Masyarakat

Kategori: Konten yang Menyesatkan

=====

Sumber: Whatsapp

=====

Narasi:

Innalillahi wa innaillaihi roojiuun….

Kini alqur’an Nusantara sudah di Realisasikan

Astaghfirullah…

Ya Allah ampunilah kami dan selamatkan kami dan Anak Cucu kami dari api neraka

😭😭😭😭

Telah dibagikan Al-Quran dengan terjemahan PALSU ke sekolah2 dg dalih wakaf Al-Quran.

tolong Jika ada WAKAF QUR’AN PALSU

dicek surat Al-Maidah ayat 51 dst telah diganti  terjemahannya…..

Gerak cepat, Laporkan!!!!!!!!!”…… ada Al Qur’an Palsu.. sekarang sudah beredar, Al Quran terjemahan baru Al Maidah 51, “pemimpin” sudah berganti dengan “teman setia”

Dan Hampir semua yg dijual di GRAMEDIA… Tafsirnya diganti jadi teman setia !!!

Ini…..Betul betul sdh keterlaluan

ISLAM YANG SESUNGGUHNYA……. DIHANTAM DARI SEMUA ARAH

Share ke smua sosmed biar saudara2 muslim kita tau..🚫 Berita yg ada Terkini 🚫

Ummat Islam sudah dapat berita bahwa Negara Amerika*telah melakukan pendistorsian/ pengubahan terhadap Al-Quran dan mengeluarkannya sebagai kitab baru yang di beri nama tauhid segitiga (trinitas).

*Dan sekarang telah dibagikan ke Negara negara Timur tengah, dan mungkin saja Al Qur’an Trinitas itu, sudah sampai ke Indonesia […] [LANJUTANNYA DI BAGIAN CATATAN SETELAH REFERENSI]

=====

Penjelasan:

Beredar pesan berantai Whatsapp dengan narasi yang menyebutkan bahwa Al Qur’an Nusantara dengan terjemahan baru Surat Al Maidah 51 telah beredar. Dalam narasi pesan disebutkan bahwa terjemahan yang baru mengganti makna awliya menjadi “teman setia”, sebelumnya kata itu diterjemahkan “pemimpin.”

Berdasarkan hasil penelusuran, diketahui bahwa narasi tersebut merupakan hoaks lama yang beredar kembali. Hoaks tersebut sudah pernah diklarifikasi pada tahun 2016. Adapun, hoaks tersebut sudah pernah dibahas dalam dua artikel periksa fakta dengan judul [SALAH] “Ide alqur’an nusantara sdh mulai direalisasikan” dan [SALAH] Al Quran terjemahan baru Al Maidah 51, “pemimpin” sudah berganti dengan “teman setia” di laman turnbackhoax.id.

Dikutip dari Republika.co.id, Pgs Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Kemenag, Muchlis M Hanafi, menjelaskan, terjemahan Alquran tersebut merujuk kepada edisi revisi 2002 Terjemahan Alquran Kementerian Agama yang mendapat tanda tashih dari LPMQ.

Muchlis menegaskan, tidak benar kabar yang menyatakan bahwa telah terjadi pengeditan terjemahan Alquran belakangan ini. “Tuduhan bahwa pengeditan dilakukan atas instruksi Kemenag juga tidak berdasar,” kata Muchlis dalam keterangan pers yang diterima Republika, Ahad (23/10/2016).

Menurut Muchlis, kata awliya di dalam Alquran disebutkan sebanyak 42 kali dan diterjemahkan beragam sesuai konteksnya. Merujuk kepada Terjemahan Alquran Kementerian Agama edisi revisi 1998-2002, dalam surah Ali Imran [3] ayat 28, an-Nisa [4] ayat 139 dan 144, serta al-Maidah [5] ayat 57, misalnya, kata awliya diterjemahkan sebagai pemimpin. Sedangkan dalam surah al-Maidah [5] ayat 51 dan al-Mumtahanah [60] ayat 1, diartikan dengan teman setia.

“Dalam surah at-Taubah [9] ayat 23 dimaknai dengan pelindung, dan dalam surah an-Nisa [4] diterjemahkan dengan teman-teman,” kata Muchlis.

Terjemahan Alquran Kemenag, kata Muchlis, pertama kali terbit pada 1965. Dalam perkembangannya, terjemahan ini telah mengalami dua kali proses perbaikan dan penyempurnaan, yaitu pada 1989-1990 dan 1998-2002. Proses perbaikan dan penyempurnaan itu dilakukan oleh para ulama dan ahli di bidangnya, sementara Kemenag bertindak sebagai fasilitator.

Terkait dengan penyebutan Al-Quran palsu pada informasi yang beredar di media sosial, doktor tafsir Al-Quran lulusan Universitas Al-Azhar, Mesir, ini mengatakan terjemahan Al-Quran merupakan hasil pemahaman seorang penerjemah terhadap Al-Quran. Oleh karenanya, sebagian ulama berkeberatan dengan istilah terjemahan Al-Quran. Mereka lebih senang menyebutnya dengan terjemahan makna Al-Quran.

Munculnya polemik yang menyedot perhatian masyarakat dan berpotensi menimbulkan perdebatan, Kementerian Agama menyerahkan perkara itu kepada para ulama Al-Quran untuk kembali membahas dan mendiskusikannya. Muchlis menambahkan, saat ini tim yang terdiri atas para ulama Al-Quran dan ilmu-ilmu keislaman serta pakar bahasa Indonesia dari Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang bekerja menelaah terjemahan Al-Quran dari berbagai aspeknya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka konten pesan berantai itu masuk ke dalam kategori Konten yang Menyesatkan.

=====

Referensi:

https://republika.co.id/berita/koran/news-update/ofjfc213/kemenag-klarifikasi-terjemahan-awliya

https://nasional.tempo.co/read/814429/al-maidah-51-kemenag-awliya-diterjemahkan-sesuai-konteks

=====

Catatan:

[LANJUTAN NARASI] […] Saya berharap Kita, Ummat Islam Harus Jeli dan Waspada, dan Kita Harus menolong agama Allah yg sedang di Acak acak Utk Dijholimi

Jika Kita tidak percaya, maka bukalah google dan ketik

(مصحف مثلث التوحيد )

(Mushaf tauhid segitiga) dan google akan segera memperlihatkan hal itu pada Kita

Saya berharap Kita, infokan Berita Menyedihkan ini pada Saudara Kita/kaum muslimin dan muslimat sehingga pada hari kiamat,Ketika Kita  di tanya:

“Upaya apa yang telah kau perbuat saat engkau mendengar adanya  pendistorsian Al-Quran?”

Kita telah terbebas dari tanggung jawab

Semoga Allah membalas Kita dengan kebaikan.

💥💥 بلغوا اكبر عدد: عاجل.. لا أحد يقرا الا من المصحف مباشرة.. أو من طبعة سعودية فقط.. هناك مصاحف منزلة في النت محرفة.. وهذه صورة للمصاحف الموجودة بالأب ستور والماركت.. ويجب أن تنشر وبسرعة يا جماعة الخير.. ومن قرأ هذه الرسالة فقد بلغ وليس معذور بعدم ابلاغها.. برامج قرآن كريم ولكن فيها تحريف.. يوم يسألك ربك: ماذا عملت لدينك؟؟ فتقول: دافعت عنه.. إنشروا الصوره جزاكم الله خير!!..*http://i.imgur.com/edqgL.jpgo *اللهم إني قد بلغت

💥💥 * share sebanyak mungkin: segera/penting

(Sebaiknya) tidaklah seseorang membaca Al-Quran kecuali dengan cara langsung melihat Al-Quran atau hanya dari cetakan Saudi saja.

Karena disana banyak salinan Al-Quran dalam status net yang terdistorsi.

(Read : di media online pun sudah banyak aplikasi quran yang telah di rubah oleh tangan tangan kotor)

Info ini harus segera di share secepatnya … Wahai Saudara dan saudariku (yang masih peduli dengan Al Qur’an dan kebaikan.

Barang siapa yang membaca pesan ini, maka telah sampai padanya, dan tidak ada ‘udzur baginya untuk tidak menyampaikannya.

Program Al-Quranul Karim, tapi ada distorsi/ perubahan (isinya).

(Dan) pada hari ketika Rabb-mu bertanya padamu:

“Apa yang kau lakukan untuk agamamu?”

Kami menjawab: “aku membelanya ya Rabb”

Sebarkan…

Jazaa kumullahu khairan Katsiiron

Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan…

Ya Allah…

(Persaksikan) bahwa diriku telah menyampaikan hal ini…

H|t|t|p:[/|/|i|[dot]|imgur|[dot]|com/|edqgL|[dot]|jpgo]

Mohon di sebarkan kpd umat Islam lebih banyak menyebarkannya lebih baik  🙏☝️✌️Marib kita ngecek bersama

Source link

Previous article[SALAH] Video “Rocketnya udah lewat teritorial langit Indonesia sama Malaysia”
Next article[SALAH] “KAPAL TNI AK INDONESIA DIKEJAR OLEH KAPAL DAN HELIKOPTER MALAYSIA DI WILAYAH SENDIRI”
Artikel diambil dari website resmi Turn Back Hoax (https://turnbackhoax.id), situs yang dikelola oleh MAFINDO, Masyarakat Anti Hoax Indonesia (https://www.mafindo.or.id). Sumber kontennya adalah hasil diskusi grup Forum Anti Fitnah, Hasut dan Hoax (FAFHH) di Facebook.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here