[SALAH] Ayah Farhan Gelar Tumpengan karena Bangga Anaknya Mati Syahid Bela Prabowo

21

Screenshot berita dari media daring Viva.co.id yang berjudul “Bangga Anaknya Mati Syahid Bela Prabowo, Ayah Farhan Gelar Tumpengan” yang dibagikan akun Facebook Intan Pasaribu atau @sarintanpa adalah tidak benar adanya. Adapun judul berita yang benar dibuat oleh Viva.co.id adalah “Anaknya Tewas Tertembak: Ayah Farhan: Kita Tidak Radikal”.

=====

KATEGORI: Manipulated Content

=====

SUMBER: Media Sosial Facebook

=====

NARASI:

“Aku baru tau kalo mati karena membela Prabowo itu adalah mati syahid..Ayah Farhan, yang anaknya mati karena bela Prabowo, sampai gelar tumpengan, saking bangganya..,” unggah akun Facebook Intan Pasaribu atau @sarintanpa, Minggu (26/5).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Intan Pasaribu atau @sarintanpa membuat unggahan yang menampilkan screenshot dari pemberitaan media daring Viva.co.id dengan judul “Bangga Anaknya Mati Syahid Bela Prabowo, Ayah Farhan Gelar Tumpengan.” Dalam screenshot tersebut terdapat juga keterangan waktu yang tertuliskan, Rabu 22 Mei 2019, pukul 14.08.

Selain menampilkan screenshot tersebut, akun @sarintanpa juga menambahkan narasi yang berbunyi, “Aku baru tau kalo mati karena membela Prabowo itu adalah mati syahid..Ayah Farhan, yang anaknya mati karena bela Prabowo, sampai gelar tumpengan, saking bangganya..,” unggah akun Facebook Intan Pasaribu atau @sarintanpa, Minggu (26/5).

Namun, setelah dilakukan penelusuran melalui mesin pencari, faktanya tidak ditemukan judul berita “Bangga Anaknya Mati Syahid Bela Prabowo, Ayah Farhan Gelar Tumpengan”, seperti screenshot yang dibagikan akun @sarintanpa.

Selain itu didapatkan gambar asli dari screenshot yang diunggah akun @sarintanpa adalah berasal dari media daring Viva.co.id yang berjudul “Anaknya Tewas Tertembak: Ayah Farhan: Kita Tidak Radikal”.

=====

REFERENSI

1.https://www.facebook.com/sarintanpa/posts/2548847755149494 
2.https://web.archive[dot]org/save/https://www.facebook.com/sarintanpa/posts/2548847755149494
3.https://www.viva.co.id/…/1151336-massa-lempari-polisi-di-ta… 
4.https://www.kominfo.go.id/…/hoaks-bangg…/0/laporan_isu_hoaks 
5.https://www.kominfo.go.id/…/hoaks-bangg…/0/laporan_isu_hoaks

https://www.facebook.com/groups/fafhh/permalink/900965056902697/


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here