[SALAH] Baim Wong Adakan Giveaway Di Grup Facebook

22

[SALAH] Baim Wong Adakan Giveaway Di Grup Facebook

Hasil Periksa Fakta Muhammad Padhliansyah (Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin)

Faktanya, Baim Wong melakukan undian giveaway hanya melalui tayangan langsung di Facebook Gaming miliknya (https://www.facebook.com/baimpaula.fanpage/) dan tidak pernah melakukan undian giveaway di grup Facebook.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya di bagian penjelasan.

====

Kategori: Konten Palsu

====

Sumber: Postingan Facebook
https://archive.vn/7Cqdw

[SALAH] Baim Wong Adakan Giveaway Di Grup Facebook

====

Narasi:

#Selamat Untuk pemenang Sesi 4Spam p 10 = 20jtSpam p 20 = 40 jtSpam p 30 = 60 jtSpam p 40 = 100jtWAJIB SHARE KE 3 GRUBSILAKAN KLIK AMBIL HADIAH DISINI https://linktr.ee/Giveawayreal55jutaNB: TANPA DI PUNGUT BIAYA SEPESERPUN~SAYA PILIH YANG PALING BANYAK SPAM (P)”

====

Penjelasan:

Beredar sebuah postingan di grup Facebook GIVE AWAY BAIM PAULA yang diposting oleh akun BaIm Mong tentang giveaway dengan total hadiah ratusan juta dengan cara berkomentar dengan huruf ‘p’ sebanyak-banyaknya serta menyertakan tautan untuk mengambil hadiahnya.Berdasarkan pemeriksaan, tautan tersebut merupakan sebuah phishing yang mengharuskan pengunjung tautan tersebut memasukkan alamat surat elektronik (surel) dan kata sandi akun Facebook agar dapat mengambil hadiah yang tertera di halaman sebelumnya dengan pilihan 10 juta, 20 juta, 30 juta, dan 40 juta.

Setelah melakukan pemeriksaan tautan, dilakukan penelusuran di situs berbagi video YouTube dengan kata kunci ‘Klarifikasi Baim Paula Penipuan Facebook’ dan ditemukan sebuah video dari kanal ‘Baby Kiano Tiger Wong’ yang mengumpulkan rekaman video klarifikasi dari isteri Baim Wong, Paula Verhoeven. Paula dalam video tersebut menyatakan bahwa giveaway dilakukan secara langsung melalui kanal Youtube, Instagram, dan Facebook Gaming untuk menghindari penipuan.

“Giveaway kita itu selalu ada jamnya. Jadi kalau giveaway Baim Paula itu hanya hanya ada di YouTube dan Instagram, itu pun live. Kita live karena menghindari settingan, penipuan. Kalau pun ada di Facebook, itu giveaway di Facebook gaming. Selain itu, kita tidak pernah mengadakan giveaway,” kata Paula dalam video yang diunggah pada 19 Juli 2020 tersebut.

Adapun untuk halaman resmi Baim Paula di Facebook sudah diikuti ratusan ribu pengguna Facebook dan sudah terverifikasi.Dengan demikian, klaim yang menyatakan bahwa Baim Paula mengadakan giveaway di grup Facebook tidak benar dan masuk dalam kategori konten palsu.

====

Referensi:

https://m.liputan6.com/…/cek-fakta-hoaks-bagi-bagi…

[SALAH] Baim Wong Adakan Giveaway Di Grup Facebook

https://youtu.be/swKaL2jUnMY

[SALAH] Baim Wong Adakan Giveaway Di Grup Facebook

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here