[SALAH] Bank Indonesia Bagi Hadiah Langsung Transfer ke Rekening Pribadi

9

[SALAH] Bank Indonesia Bagi Hadiah Langsung Transfer ke Rekening Pribadi

Hasil Periksa Fakta Rahmi Kania Dewi (Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta)
 

Narasi salah. Bank Indonesia tidak pernah menerima atau mengirim transfer dana langsung pada masyarakat.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya terdapat di bagian penjelasan.

====
 Kategori: Konten Palsu
 ====

Sumber: Pesan Berantai SMS dan WhatsaApp

====

Narasi:

PROPOSAL SURAT PENCAIRAN DANA
(1)    JIKA HADIAH SUDAH DI TRANSFER LENGSUNG KE NOMOR REKENING ANDA NAMUN DANA TERSEBUT BELUM BISA DICEK DAN DITARIK APABILA BELUM MELAKSANAKAN SYARAT DAN KETENTUAN BANK INDONESIA & OTOMATIS OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK)YAITU PEMBAYARAN BIAYA PENANDA TANGANAN PROPOSAL SURAT PENCAIRAN DANA DARI BANK INDONESIA SEBESAR (Rp.4.750.000)
– DAN PERLU KAMI JELASKAN BAHWA APABILA SYARAT INI TIDAK DAPAT DILAKSANAKAN MAKA PROSES PENCAIRAN DANA AKAN DITUNDA DAN DILANJUTKAN DENGAN PENARIKAN DANA DARI REKENING TABUNGAN ANDA.
(2)    KEGUNAAN DANA TERSEBUT Rp.4.750.000 UNTUK JAMINAN PENGESAHAN PROPOSAL SURAT PENCAIRAN DANA OLEH BANK INDONESIA DAN OTORITAS JASA KEUANGAN (OJK) DAN JANGAN DIKHAWATIRKAN DANA TERSEBUT AKAN DIKEMBALIKAN BERSAMA DANA HADIAH ANDA. TERIMA KASIH!!!
====
Penjelasan:
Telah beredar pesan berantai mengatasnamakan Bank Indonesia mengenai bagi-bagi hadiah langsung transfer ke rekening pribadi. Dalam pesan tersebut, nasabah harus mentransfer sejumlah uang terlebih dahulu sebagai syarat yang diberlakukan oleh Bank Indonesia dan OJK. Dan apabila uang tersebut tidak ditransfer, maka pencairan dana pun tidak dipenuhi.
Berdasarkan penelusuran, pesan berantai tersebut adalah salah. Melalui Liputan6.com Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko.
 “Tidak benar jika ada yang bilang Bank Indonesia bisa layani nasabah. Jadi jika dapat informasi atau pesan seperti itu adalah hoaks” ujar Onny.

Lebih lanjut Onny menghimbau masyarakat, untuk melapor ke pihak berwajib apabila terkena dampak penipuan tersebut .
“Untuk berita hoaks seperti itu sudah kami laporkan ke Kominfo. Namun jika ada nasabah yang terkena penipuan maka bisa langsung lapor ke pihak yang berwajib” lanjut Onny.

Bank Indonesia juga melakukan klarifikasi di akun Instagram resminya @bank_indonesia bahwa bank tidak pernah menerima atau mengirim transfer dana langsung pada masyarakat.
 Dengan demikian, pesan berantai terkait Bank Indonesia bagikan hadiah langsung transfer ke rekening pribadi termasuk kategori Konten Palsu. Hal ini dikarenakan pesan tersebut adalah hoax.
====
Referensi:
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4369336/cek-fakta-hoaks-bank-indonesia-bagi-hadiah-langsung-transfer-ke-rekening-pribadihttps://www.merdeka.com/cek-fakta/cek-fakta-hoaks-bank-indonesia-bagikan-hadiah-langsung-transfer-ke-rekening-pribadi.htmlhttps://www.instagram.com/p/CFdzVdeF0CY/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

[SALAH] Bank Indonesia Bagi Hadiah Langsung Transfer ke Rekening Pribadi
[SALAH] Bank Indonesia Bagi Hadiah Langsung Transfer ke Rekening Pribadi
[SALAH] Bank Indonesia Bagi Hadiah Langsung Transfer ke Rekening Pribadi




Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here