[SALAH] “BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA”

38

[SALAH] “BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA”

Foto yang dibagikan oleh akun Facebook Sidiq Purnomo dengan narasi “BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA” dan keterangan “PRIBUMI” yang dimaksud kadrun ini….” adalah tidak benar. Konteks dari foto tersebut adalah ketika Gubernur Anies bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Duta Besar Norwegia, Duta Besar Denmark dan Country Director World Bank yang mengunjungi Pintu Air Manggarai terkait rencana sinergi pengelolaan sampah di berbagai kota di Indonesia, Selasa 30 Januari 2018 lalu.

=====

Iklan Layanan Masyarakat

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

=====

[SALAH] “BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA”

SUMBER: Facebook ( https://archive.fo/OTCqd )

=====

NARASI:

“BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA,” unggahan foto dengan narasi dari akun Facebook Sidiq Purnomo atau @sidik.purnomo.58, Minggu (19/7).

=====

PENJELASAN:

Akun Facebook Sidiq Purnomo atau @sidik.purnomo.58 mengunggah dua (2) foto yang di dalamnya terdapat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan beberapa pria asing dan juga beberapa pria berpakaian pegawai negeri sipil (PNS).

Pada unggahan foto tersebut ditambahkan narasi “BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA” dan keterangan “Ingat ya “PRIBUMI” yang dimaksud kadrun ini….”.

Setelah menelusuri melalui mesin pencari, diketahui unggahan foto dengan narasi serta keterangan yang dibuat akun Facebook Sidiq Purnomo adalah salah atau keliru.

Aslinya foto tersebut adalah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Duta Besar Norwegia, Duta Besar Denmark dan Country Director World Bank yang mengunjungi Pintu Air Manggarai pada Selasa, 30 Januari 2018 lalu. Foto dan narasi lengkapnya adalah berikut:

“Mengunjungi Pintu Air Manggarai bersama jajaran Pemprov DKI Jakarta dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Duta Besar Norwegia, Duta Besar Denmark dan Country Director World Bank.

Indonesia memiliki komitmen untuk mengurangi sampah hingga 30 persen dan sampai plastik laut hingga 70 persen di tahun 2022. Sebagai salah satu kota di pesisir, Jakarta berkomitmen untuk melaksanakannya dengan serius.

Tetapi yang tidak kalah penting bagi kita adalah bukan soal membersihkan saja yang ada di hilir, tantangan utamanya adalalah membereskan hulunya, mulai dari mengurangi sampah yg dihasilkan sehari-hari.

Sangat mengapresiasi inisiatif dari teman-teman Norwegia dan Denmark, bersama Kemenko Kemaritiman melalui Bank Dunia yg akan membangun sinergi dalam kerjasama pengelolaan sampah di berbagai kota di Indonesia.

#SinergiMenujuIndonesiaBersih2020,” unggah akun Facebook Anies Baswedan atau @aniesbaswedan, Selasa (30/1/2018).

Unggahan akun Facebook Gubernur Anies ini juga dapat dilihat pada media daring Republika dengan judul “In Picture: Anies Cek Kondisi Sampah Pintu Air Manggarai” dan Liputan 6 dengan judul “FOTO: Anies Ajak Dubes Denmark dan Norwegia Pantau Pintu Air Manggarai”.

Dengan begitu, unggahan akun Facebook Sidiq Purnomo menurut kategori Misinformasi dan Disinformasi dari First Draft dapat disebut sebagai Misleading Content atau Konten yang Menyesatkan.

=====

[SALAH] “BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA”
[SALAH] “BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA”
[SALAH] “BIARKAN PRIBUMI YANG BEKERJA”

REFERENSI:

1. https://archive.fo/OTCqd
2.https://www.facebook.com/sidik.purnomo.58/posts/10220556460413319?_rdc=2&_rdr
3.https://web.facebook.com/aniesbaswedan/posts/1545448515492129
4. https://republika.co.id/berita/p3cyd8283/anies-cek-kondisi-sampah-pintu-air-manggarai
5. https://www.liputan6.com/news/read/3243453/foto-anies-ajak-dubes-denmark-dan-norwegia-pantau-pintu-air-manggarai


Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here