[SALAH] BPOM Halangi Vaksin yang akan Diberikan

20

[SALAH] BPOM Halangi Vaksin yang akan Diberikan

Hasil Periksa Fakta Luthfiyah Oktari Jasmien (Institut Agama Islam Negeri Surakarta).

Faktanya, sampai saat ini belum ada vaksin Covid-19 yang mendapat izin edar dan vaksin Covid-19 masih dalam tahap pengembangan uji klinik maupun preklinik.

Iklan Layanan Masyarakat

Selengkapnya pada penjelasan!!

= = = = =

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan

= = = = =

[SALAH] BPOM Halangi Vaksin yang akan Diberikan

SUMBER: Facebook
https://archive.vn/jfmzb

= = = = =

NARASI:

“Vaksin korona sudah siap diberikan, eh skrng terhalang oleh BPOM.”

= = = = =

PENJELASAN:

Beredar pada Facebook akun bernama Wandy Afriadi dengan postingan yang mengklaim BPOM menghalangi vaksin Covid-19 yang sudah siap diberikan. Postingan ini diunggah pada tanggal 29 Oktober 2020.

Setelah ditelusuri, pada liputan6.com pembahasan mengenai vaksin Covid-19 hingga kini belum ada vaksin Covid-19 yang mendapatkan izin edar seperti disampaikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Sampai saat ini belum ada vaksin Covid-19 yang mendapat izin edar. Semua kandidat vaksin COVID-19 yang ada masih dalam tahap pengembangan uji klinik maupun preklinik,” kata Plt Deputi Bidang Pengawasan Obat, Narkotika, Psikotropika, Prekursor, dan Zat Adiktif BPOM, Togi Hutadjulu pada konferensi pers Rabu (28/10/2020).

Beberapa vaksin Covid-19 yang tengah dikembangkan oleh sejumlah negara masih memasuki tahap uji klinis kepada manusia (pasien). WHO sendiri memprediksi bahwa vaksin Covid-19 baru tersedia tahun depan. Johns Hopkins Medicine menjelaskan, pembuatan vaksin membutuhkan proses dan waktu yang panjang, yaitu berbulan-bulan. Vaksin dari luar negeri yang telah tiba di Indonesia tersebut juga masih dalam uji klinis yang melibatkan ribuan relawan.

Dengan demikian, klaim BPOM menghalangi vaksin Covid-19 yang sudah siap diberikan adalah tidak benar. Sampai saat ini belum ada vaksin Covid-19 yang mendapat izin edar dan vaksin Covid-19 masih dalam tahap pengembangan uji klinik maupun preklinik, sehingga hal ini masuk dalam kategori konten yang menyesatkan.

= = = = =

REFERENSI:

https://www.liputan6.com/health/read/4394502/bpom-tegaskan-belum-ada-vaksin-covid-19-yang-dapat-izin-edar
https://www.gooddoctor.co.id/tips-kesehatan/covid-19/benarkah-vaksin-corona-sudah-beredar-simak-8-fakta-mitos-tentang-covid-19-berikut/

[SALAH] BPOM Halangi Vaksin yang akan Diberikan
[SALAH] BPOM Halangi Vaksin yang akan Diberikan

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here