[SALAH] “Bulan dan bintang di logo Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020”

19

[SALAH] "Bulan dan bintang di logo Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020"

Logo tersebut bukan logo resmi yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara. Logo HUT Ke-75 RI resmi ditambah logo “Bangga Buatan Indonesia” yang meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
============================================
Kategori : Konten Tiruan
============================================

Iklan Layanan Masyarakat

Akun Fadlan Akbar (fb.com/fadlan.akbar.378) mengunggah sebuah gambar dengan narasi sebagai berikut:

“Yuk viralkan seluas luasnya lambang kemerdekaan Indonesia ke 75 ini ya?
Ini mewakili persaan ummat Islam sebagai penduduk mayoritas dan harapan para syuhada pejuang kemerdekaan NKRI yg sebahagian besarnya adalah tokoh ulama,kiyai, guru mengaji dan kaum santri.”

Gambar itu memperlihatkan bentuk bulan dan bintang di samping Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020.

[SALAH] "Bulan dan bintang di logo Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020"

Sumber : http://archive.md/Pnf0v (Arsip)

============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim adanya bentuk bulan dan bintang di samping Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020 adalah klaim yang salah.

Faktanya, logo tersebut bukan logo resmi yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara. Logo HUT Ke-75 RI resmi ditambah logo “Bangga Buatan Indonesia” yang meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan.

Artikel tirto.id menyebutkan Logo HUT Ke-75 RI berupa perisai dengan angka 75 terinsipirasi dari simbol perisai di dalam lambang Garuda Pancasila. Logo ini menggambarkan Indonesia sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan, menjaga persatuan, dan kesatuan Indonesia.

Logo Kemerdekaan RI 75 tahun ini menyimbolkan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progres nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia. Arti Logo HUT Ke-75 RI: Bangga Buatan Indonesia Tema Besar Indonesia Maju disempurnakan dengan penambahan logo “Bangga Buatan Indonesia” sebagai upaya menumbuhkan kecintaan warga negara pada produk dalam negeri.

Logo Bangga Buatan Indonesia meliputi gabungan dari logogram dan logotype dengan sentuhan modern, terlihat dalam bentuk huruf-huruf dan sederhana secara keseluruhan. Logogram, digunakan untuk menunjukkan cinta terhadap produk lokal Indonesia. Juga menggambarkan perasaan bangga terhadap produk lokal Indonesia, sekaligus menunjukkan kesatuan sebagai satu Indonesia.

Bangga Buatan Indonesia menggunakan warna merah dan putih sebagai warna utama untuk menunjukkan perasaan bangga membeli produk lokal dan untuk menunjukkan kebersamaan dalam kesatuan.

Supergraphic ini terdiri dari 10 elemen yang diambil dari dekonstruksi logo 75 tahun yang dipecah lagi menjadi 10 bagian yang merepresentasikan komitmen dan nilai luhur Pancasila. Untuk pengaplikasian supergraphic ini cukup fleksibel karena bersifat abstrak yang merupakan rakitan dari 10 pecahan tadi menjadi satu kesatuan bentuk.

Menurut Kementerian Sekretariat Negara pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara tentang Penyempurnaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik lndonesia Tahun 2020. Berdasarkan surat edaran tersebut istilah penyempurnaan merujuk pada penambahan logo Bangga Buatan lndonesia, untuk digunakan sebagai satu kesatuan dengan logo Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020.

[SALAH] "Bulan dan bintang di logo Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020"
[SALAH] "Bulan dan bintang di logo Logo HUT Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020"

Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here